Cara Membatalkan Langganan di Coursera

Cara Membatalkan Langganan di Coursera

Coursera adalah layanan kursus online yang tersedia untuk semua negara. Layanan tersebut bekerja sama dengan universitas ternama dan hingga saat ini ada lebih dari 4000 kursus yang mereka sediakan.

Setiap kursus yang kamu selesaikan, pada akhirnya akan mendapatkan e-sertifikat khusus beserta nama kamu didalamnya. Dan sertifikat itu bisa kamu pakai untuk menambah poin ketika hendak melamar kerja di suatu perusahaan.

Coursera juga menyediakan akses uji coba selama 7 hari untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya layanan mereka kepada kamu dari segi pembelajaran dan fitur yang disediakan didalam. Sepastinya hal ini akan sangat cocok bagi pengguna baru yang ingin mengetahui bagaimana cara belajar yang mereka sediakan.

Tapi jika kamu tak ingin melanjutkan masa uji coba tersebut, maka kamu bisa membatalkannya kapan saja, dan ini 100% gratis tanpa ada biaya tambahan lagi sesuai ketentuan yang mereka buat.

Cara Berhenti Langganan di Coursera

Baik itu dalam masa uji coba atau sedang berlangganan tiap bulan, kamu bebas untuk membatalkan langganan tersebut kapan saja yang kamu mau. Berikut ini langkah-langkah melakukannya:

  1. Masuk ke Coursera.
  2. Klik Foto Profil dan menuju My Purchases.

    Klik Menu My Purchases

  3. Selanjutnya klik opsi Cancel subscription pada kursus atau layanan yang ingin kamu hentikan.

    Menghentikan Langganan di Coursera

  4. Akan muncul dialog konfirmasi, silakan lanjutkan klik tombol Yes, I'm sure.

    Cara Membatalkan Langganan pada Coursera

  5. Selesai, langganan berhasil dihentikan.

Membatalkan langganan akan tetap menyimpan sertifikat yang kamu peroleh. Dan jika suatu saat kamu ingin membeli kursus itu lagi, maka hasil yang kamu lakukan sebelumnya akan ditampilkan juga. Atau bisa dimaksudkan untuk tidak perlu mengulang dari awal lagi, selama kamu sudah mempelajarinya.

Pada dasarnya langganan untuk kursus jenis specialization akan langsung dihentikan otomatis ketika kamu telah menyelesaikan semua tugas didalamnya. Jadi apabila itu tidak muncul pada halaman My Purchases, itu tandanya takkan ada lagi pembayaran mendatang yang terjadi.

Menghapus Metode Pembayaran di Coursera

Menghentikan pembayaran sepenuhnya akan lebih baik dilakukan dengan menghapus metode pembayaran pula. Dan Coursera memberikan kebebasan dalam menghapus setiap metode pembayaran yang pernah kamu tambahkan pada akun.

Untuk menghapusnya, silakan klik foto profil dan menuju Settings. Setelah itu klik menu Payment. Dan akan muncul metode yang digunakan saat ini, silakan klik opsi Delete untuk menghapusnya. Kemudian dialog konfirmasi akan muncul, silakan klik lagi opsi Delete.

Penghapusan metode pembayaran ini baik dilakukan ketika kamu tidak ingin menjalani kurus dalam jangka lama, alias berhenti sejenak. Karena bagaimanapun juga, menjaga sesuatu yang sensitif itu penting, misalnya informasi kartu kredit yang dituliskan pada suatu website, tak peduli website itu memiliki keamanan tinggi atau tidak.

Tapi jika kamu hanya ingin sekedar menghentikan kursus tertentu dan ingin melanjutkan belajar ke kursus yang lain, maka sepastinya penghapusan metode pembayaran ini tidak perlu untuk dilakukan.

Baca juga: Cara Berhenti Langganan Aplikasi di Play Store

Kesimpulan

Fitur untuk membatalkan langganan di Coursera sangatlah praktis dan simpel. Dan bagian terbaik dari layanan Coursera menurut saya adalah setiap pengguna memiliki hak penuh dalam pengelolaan akun. Jadi informasi pembayaran dapat dihapus apabila tidak digunakan lagi, dan bahkan mereka juga mengizinkan pengguna untuk menghapus akun secara mandiri.

Dan sebelum mengakhiri artikel ini, saya hanya ingin mengingatkan satu hal saja, bahwa menghapus informasi pembayaran pada akun dapat menyebabkan segala masa uji coba juga ikut terhapus. Jadi jangan sampai salah langsung menghapus informasi pembayaran sebelum kamu mencoba kursusnya terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *