Paket Gratis Heroku Dihentikan, Ini Alternatifnya

Sudah bertahun-tahun Heroku menyediakan akses gratis untuk men-deploy berbagai macam aplikasi dengan mudah. Namun sayangnya mereka hendak menghapus paket gratis itu guna untuk meminimalisir terjadinya abuse pada layanannya.

Jadi pihak Heroku mengklaim bahwa kebanyakan layanannya digunakan untuk melakukan tindakan terlarang dan mungkin saja mereka tidak dapat mengatasinya karena itu terus ada dan semakin bertambah, sehingga satu-satunya opsi adalah dengan menonaktifkan layanan gratisnya dan memberikan harga yang lebih murah untuk paket hobi.

Tak ada salahnya untuk menetap di Heroku dengan membeli layanannya, tapi apabila kamu mencari platform yang nyaris sama dan menyediakan paket gratis, maka disini akan saya bagikan beberapa alternatifnya.

Alternatif Layanan Gratis Seperti Heroku

1. Render

Gambaran Website Render

Layanan ini menyediakan fitur yang hampir sama seperti di Heroku. Bahkan mereka telah menyiapkan dokumentasi untuk beralih dari Heroku ke Render. Dan pastinya terdapat paket gratis yang siap untuk dicoba.

Paket gratis yang disediakan ada banyak, namun dukungan bahasa program yang disediakn terbilang sedikit. Itu meliputi Node, Python, Go, Rust, Ruby, dan Elixir. Tapi Render juga menyediakan akses gratis untuk database seperti PostgreSQL dan Redis.

Ingin mencobanya? Silakan menuju situs web Render.

2. Replit

Gambaran Website Replit

Replit mendukung banyak sekali bahasa yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi. Bahkan untuk menciptakan bot seperti di Heroku juga sangat memungkinkan di website ini. Apalagi adanya fitur gratis yang mana spesifikasinya juga nyaris sama seperti tier hobi di Heroku.

Apa yang saya suka terhadap Replit adalah bagian editor kode yang mudah, serta mereka memiliki tampilan mode gelap. Jadi coding kapanpun tidak akan merasa silau.

Tertarik untuk mencobanya? Silakan menuju situs web Replit.

3. Glitch

Gambaran Website Glitch

Glitch memiliki tampilan website yang menarik dan kebanyakan orang menggunakannya untuk membuat halaman statis seperti biografi. Walau secara resmi Glitch hanya mendukung Javascript, akan tetapi pengguna juga bisa memakai bahasa program lainnya.

Aplikasi yang dibuat secara publik dapat di-remix atau sejenis di-fork. Jadi kamu bisa membuat aplikasi yang sama tanpa harus menyalin kode satu-per-satu. Dan aplikasi yang berjalan akan memasuki mode tidur apabila 5 menit tidak digunakan sama sekali.

Mau mencobanya? Langsung saja menuju website Glitch.

4. Oracle Cloud

Gambaran Website Oracle Cloud

Mungkin semua orang tahu bahwa Oracle Cloud merupakan layanan computing layaknya AWS, Azure, atau GCP. Akan tetapi layanan yang digunakan bukan itu, melainkan yang saya maksud adalah fitur Always Free yang mereka berikan.

Fitur itu bukan trial dan memang sepenuhnya gratis dengan batasan. Jadi semua pengguna bisa mendapatkan 1 VM yang berjalan penuh selama 1 bulan, dan selain dipakai untuk men-deploy aplikasi, bisa juga digunakan untuk hal-hal lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut tetang fitur tersebut? Silakan baca langsung di halaman Oracle Cloud.

Baca juga: Tips Menjadikan Bot Heroku Aktif 24 Jam


Untuk saat ini hanya ada empat layanan itu saja yang menyediakan akses yang sepenuhnya gratis seperti di Heroku. Ke-empat diatas bisa menjadi alternatif paling terbaik disaat paket gratis di Heroku sudah ditiadakan.

Sementara itu, ada pun situs PaaS yang menyediakan akses free-trial atau uji coba gratis. Akan tetapi itu tidak memenuhi kriteria sebagai gratis sepenuhnya, alias terbatas waktu. Sehingga situs-situs semacam itu tidak dimasukkan pada daftar diatas.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.