Cara Mencari File Ukuran Besar pada Samsung

Pernahkah kamu menyimpan file dengan ukuran besar namun lupa dimana letaknya? Tentunya untuk mendeteksinya dapat dilakukan dengan banyak cara dan rata-rata membutuhkan aplikasi tambahan. Akan tetapi di ponsel Samsung, kamu tak perlu lagi memasang aplikasi tambahan untuk menemukan file dengan ukuran besar.

Terdapat fitur pada File Manager yang terdapat di ponsel Samsung, dimana sistem dapat memberitahukan file mana yang memiliki ukuran paling besar, dan kemudian pengguna dapat membuat pilihan untuk mengambil tindakan, seperti menghapus atau memindahkannya.

Di ponsel lain pun juga memiliki fitur yang nyaris sama, namun di artikel ini saya hanya akan membagikannya khusus untuk ponsel Samsung saja. Silakan simak terus artikel ini untuk mengetahui tata cara melakukannya.

Mendeteksi File Ukuran Besar di Samsung

  1. Buka File Saya.

    Buka File Saya

  2. Setelah itu ketuk opsi titik tiga di pojok kanan atas.

    Ketuk Opsi Titik Tiga

  3. Dan pilih menu Analisis Penyimpanan.

    Menuju Analisis Penyimpanan

  4. Kemudian gulir kebawah dan temukan bagian File Besar.

    Mencari File Ukuran Besar Samsung

  5. Ketuk pada menu File Besar untuk mengelola seluruh file didalamnya.

Proses untuk mendeteksi file ukuran besar di Samsung sangat cepat, kurang lebihnya hanya hitungan detik saja dan kemudian kamu bebas mengelola semua file didalamnya. Seperti menghapus sebagian yang tidak penting, memindahkan ke flashdisk, atau hal lainnya.

Jenis File Besar yang Biasa Muncul di Setiap Ponsel

Mungkin kamu merasa kebingungan apabila menemukan suatu file dengan ukuran besar dan kondisi file tersebut tak dapat dibuka dengan aplikasi manapun. Beberapa orang menganggap itu sebagai berkas yang berbahaya, namun sebenarnya itu tidak.

Dengan mengetahui hal ini, kamu akan tahu beberapa jenis file yang biasanya muncul dan ditandai sebagai file besar, berikut ini daftar beberapa file tersebut:

1. Berkas OBB

OBB merupakan singkatan dari Opaque Binary Blob yang memiliki tujuan untuk memberikan ekspansi terhadap suatu aplikasi/game. Ini berisi data yang tidak disimpan pada paket utama (APK), alias terpisah. Contohnya seperti grafis, media, asset tambahan, dan sebagainya.

Rata-rata file OBB diperlukan pada suatu game, dan jika menghapusnya akan berdampak game tersebut tak dapat dimainkan karena kehilangan resource. Jadi jangan sampai kamu menghapus file ini apabila gamenya masih kamu mainkan.

2. Berkas Arsip

File berjenis arsip seperti ZIP dan RAR sebenarnya dapat dibuka langsung melalui File Manager. Itu merupakan jenis file yang digunakan untuk mengompres banyak file menjadi satu. Biasanya ini didapatkan ketika kamu mengunduhnya di internet.

Aman tidaknya dalam menghapusnya, silakan untuk mengetahui isi didalamnya terlebih dahulu. Jika kamu merasa filenya aman untuk dihapus, maka tak ada salahnya untuk menghapusnya. Tapi jika berisi dokumen penting yang dikirimkan rekan atau guru kamu, maka sebaiknya untuk ditanyakan terlebih dahulu.

3. Berkas Video

Yang terakhir adalah video. Jenis file ini ukurannya bisa sangat besar tergantung dari piksel yang didukung pada ponsel kamu. Semakin tinggi kualitas video, maka semakin besar pula ukuran filenya.

Bahkan video dengan resolusi ukuran 4K durasi 1 menit, ukurannya bisa mencapai 1 GB lho. Jika kamu ingin menurunkan ukurannya, silakan gunakan aplikasi kompres video. Biasanya resolusi akan diturunkan, namun kualitasnya akan tetap sama, alias nyaris tak ada bedanya meski ukuran filenya lebih kecil.

Baca juga: Cara Mencari File Berukuran Besar di Windows 10

Kesimpulan

File besar merupakan satu-satunya hal yang menyebabkan ruang penyimpanan semakin penuh pada perangkat. Dengan mengetahuinya, maka kamu dapat memilih tindakan antara menghapusnya atau memindahkannya ke penyimpanan yang lebih besar, seperti di kartu memori atau flashdisk.

Di ponsel Samsung (One UI), telah tersedia fitur untuk melakukan hal tersebut di aplikasi File Saya, dengan begitu pengguna tidak perlu lagi memasang aplikasi tambahan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.