Cara Menghapus File Sampah Tersembunyi di Samsung

Penyimpanan di ponsel Samsung cepat habis? Barangkali itu disebabkan karena adanya file sampah yang mengendap di ponsel. Entah itu dari berkas yang baru-baru ini dihapus, atau dari aplikasi yang menyimpan data cukup besar.

Tapi tahukah kamu mengenai file sampah tersembunyi yang ada di ponsel Samsung? Normalnya file tersebut akan terhapus otomatis dalam kurun waktu 30 hari, akan tetapi jika menunggu waktu lama, pastinya penyimpanan akan segera habis.

Untuk itu, disini akan saya bagikan letak file sampah tersembunyi dan cara untuk menghapusnya. Dengan begitu kamu bisa menghemat ruang penyimpanan pada ponsel dan menyimpan lebih banyak file tanpa khawatir lagi.

Hapus File Sampah Tersembunyi pada Samsung

Ada dua jenis lokasi penyimpanan khusus pada Samsung yang digunakan untuk menyimpan file yang terhapus. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengamankan berkas atau file tersebut apabila sekiranya kamu tak sengaja dalam menghapusnya, sehingga itu masih bisa dikembalikan dengan aman.

Tapi jika file sampah terus menumpuk, pasti hal ini akan menyebabkan ruang penyimpanan ponsel habis. Dibanding menunggu 30 hari waktu penghapusan otomatis, kamu bisa melakukannya secara manual.

1. Menghapus File Sampah Galeri

Setiap kali kamu menghapus gambar atau video melalui aplikasi Galeri, otomatis file tersebut akan dipindahkan ke folder sampah, alias belum sepenuhnya dihapus. Letak file sampah ini tidak ditampilkan pada halaman utama Galeri, namun melalui sebuah menu.

Berikut ini cara lengkap menuju folder sampah di Galeri dan menghapus file sampah didalamnya:

  1. Buka aplikasi Galeri.
  2. Ketuk opsi titik tiga.

    Ketuk Opsi Titik Tiga

  3. Dan pilih pada menu Sampah.

    Pilih Menu Sampah

  4. Kemudian ketuk pada opsi Kosong untuk menghapus seluruh file sampah.

    Menghapus File Sampah Tersembunyi di Galeri

  5. Dialog persetujuan akan muncul, ketuk pada opsi Kosongkan Sampah.

    Hapus Sampah Galeri Samsung

Folder sampah pada Galeri dapat menampung banyak file berjenis gambar dan video tanpa batasan ukuran. Jadi apabila ada lebih 50 gambar dan video, tentunya ukurannya akan meledak menjadi beberapa Giga Byte.

2. Menghapus File Sampah di Penyimpanan Internal

Sama seperti di Galeri, pada penyimpanan internal atau tepatnya di aplikasi File Saya juga memiliki folder sampah tersendiri. Jadi segala hal yang dihapus melalui aplikasi tersebut akan dialihkan ke file sampah sebelum itu dihapus secara otomatis pada kurun waktu 30 hari.

Untuk menuju folder sampah tersebut, berikut ini langkahnya:

  1. Buka aplikasi File Saya.
  2. Silakan ketuk pada Penyimpanan Internal.

    Menuju Penyimpanan Internal

  3. Selanjutnya ketuk opsi titik tiga.

    Ketuk Opsi Titik Tiga

  4. Dan pilih pada menu Sampah.

    Ketuk Menu Sampah

  5. Lalu ketuk opsi Kosong.

    Menghapus Sampah Tersembunyi di Penyimpanan Internal

  6. Pada dialog yang muncul, ketuk opsi Kosongkan Sampah.

Caranya nyaris sama seperti menghapus file sampah di galeri, hanya saja berbeda lokasi saja. Dan tak ada batasan berapa banyak file yang bisa tersimpan disana beserta total ukurannya. Jadi sebagai saran, cek sesekali setiap minggu folder sampah tersebut untuk menghemat ruang penyimpanan.


Baca juga: 4 Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci di Android

Bagi yang memiliki penyimpanan internal besar, misalnya sekitar 128GB, mungkin folder sampah tersebut bukan menjadi masalah. Namun untuk penyimpanan dibawah itu, tentunya akan menguras penyimpanan karena seolah masih memiliki file yang sudah dihapus.

Samsung juga telah menyediakan setelan untuk menonaktifkan fitur sampah tersebut apabila sekiranya kamu tak membutuhkannya. Dan semoga saja kedepannya terdapat pembaruan supaya folder sampah hanya bisa menyimpan file dengan total maksimal ukuran yang dapat diatur oleh pengguna.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.