≡ Menu

Cara Menggunakan Samsung Dex Tanpa Kabel USB

Samsung Dex merupakan program yang memiliki kegunaan untuk menyambungkan layar ponsel ke komputer. Memungkinkan kamu dapat menjalankan suatu aplikasi di ponsel secara remote pada layar lebar. Namun Samsung Dex saat ini hanya mendukung untuk ponsel Samsung kelas high-end saja.

Sebelumnya Blog Second telah membagikan tata cara menyambungkan ponsel Samsung dengan program Samsung Dex menggunakan kabel USB. Tapi semenjak pada update One UI versi 2.5, Samsung Dex ini bisa digunakan tanpa perlu kabel lagi lho.

Jadi ketika telah terhubung, ponsel kamu akan dijadikan sebagai touchpad untuk mengatur tindakan pada layar. Cara penggunaannya sangatlah mudah, dan di artikel ini akan saya bagikan bagaimana cara untuk menyambungkannya.

Menyambungkan Samsung Dex ke Ponsel Tanpa Kabel USB

Yang diperlukan hanyalah komputer Windows 10, dan cara ini menggunakan fitur Connect, sehingga kamu tidak perlu memasang program Samsung Dex lagi. Menyambungkan Samsung Dex kini bisa dilakukan 50% lebih cepat dari biasanya.

Berikut ini cara melakukannya:

  1. Pada komputer, buka aplikasi Connect.

    Buka Aplikasi Connect

  2. Selanjutnya pada ponsel, silakan ketuk opsi DeX pada bagian panel notifikasi.

    Ketuk opsi DeX di ponsel

  3. Lalu ketuk pada nama komputer yang terdeteksi.

    Memilih Nama Komputer

  4. Kemudian ketuk opsi Mulai Sekarang untuk menyambungkannya.

    Menghubungkan Samsung Dex Tanpa Kabel

  5. Sekarang layar ponsel sudah dapat diakses dari komputer.

    Samsung Dex Berhasil Disambungkan Tanpa Kabel

  6. Untuk menjadikan ponsel sebagai touchpad, ketuk pada opsi Gunakan ponsel sbg pad sentuh yang berada di panel notifikasi.

    Menjadikan Ponsel Sebagai Touchpad

Selain di komputer, cara ini juga bisa diterapkan pada Smart TV. Dan sepastinya memakai cara ini jauh lebih cepat dibandingkan harus memasang kabel USB terlebih dahulu. Kontrol touchpadnya juga mudah untuk digunakan, mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk pertama kalinya.

Tapi terdapat kekurangan apabila tidak memakai kabel, yaitu kamu takkan bisa men-transfer file keluar ke Windows. Pada dasarnya sebagian orang memerlukan tindakan tersebut untuk mengirim file lebih cepat dari ponsel ke komputer, sayangnya itu belum bisa dilakukan untuk saat ini.

Mengapa Tidak Ada Aplikasi Connect?

Normalnya fitur ini telah terpasang secara otomatis bersamaan dengan aplikasi fitur lainnya. Namun semenjak pada pembaruan Windows 20H2, fitur ini tidak langsung terpasang, sehingga pengguna harus memasangnya secara mandiri.

Untuk memasangnya sangatlah mudah, silakan menuju Windows Settings > Apps > Optional Features > Add Feature. Dibagian sini silakan cari dan instal Wireless Display.

Setelah proses instalasi fitur telah selesai, silakan cek pada pencarian Windows dengan mengetik “Connect“. Pastinya aplikasi tersebut akan muncul dan silakan ikuti kembali tutorial diatas untuk menggunakannya.

Kesimpulan

Menyambungkan Samsung Dex tanpa kabel bisa dilakukan sangat cepat ke komputer Windows 10. Tak perlu memasang program lagi dan pengguna bisa langsung memakai fitur Connect yang mana itu merupakan aplikasi (fitur) bawaan dari Windows 10.

Tampilan dari Samsung Dex terbilang minimalis layaknya suatu emulator Android. Dan kamu bebas mengatur segala hal melalui Samsung Dex layaknya dari ponsel. Seperti menghidupkan bluetooth, WiFi, mengunduh atau menghapus aplikasi, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap