≡ Menu

Cara Mencari File Berukuran Besar di Windows 10

Cara Mencari File Berukuran Besar di Windows 10

Terkadang kita tidak mengingat pernah mengunduh apa saja konten atau file yang ada di internet, hingga suatu saat file tersebut tidak digunakan dan menjadi sampah. Jika file itu memiliki ukuran kecil, mungkin itu bisa dimaklumi, namun jika ukurannya besar, pastinya akan berdampak ke penyimpanan.

Jadi ketika hard drive kamu terindikasi penuh oleh sistem, bisa jadi masalahnya adalah pernah menyimpan file dengan ukuran besar yang sekarang tidak digunakan dan parahnya lupa untuk dihapus. Pastilah takkan ada cara lain kecuali mencari file tersebut dan segera menghapusnya.

Namun mencari file satu-per-satu akan sangat sulit jika dilakukan secara manual. Maka dari itu artikel ini akan menjelaskan tata cara untuk mencari file dengan ukuran besar secara mudah dan tanpa bantuan software tambahan.

Mencari File Ukuran Besar pada Windows 10

Hanya dengan bantuan Windows Explorer saja kamu sudah dapat mencari segala file dengan ukuran besar. Dan tutorial dibawah ini akan dijelaskan bagaimana mencari file besar tersebut pada seluruh isi komputer.

  1. Buka Windows Explorer.
  2. Klik pada This PC.

    Klik This PC

  3. Ketik size: pada kolom pencarian.

    Mencari File Berukuran Besar di Windows 10

  4. Maka akan muncul beberapa opsi dibawahnya. Silakan pilih Gigantic untuk mencari file ukuran 4GB keatas.

    Memilih Opsi Gigantic

  5. Sekarang tunggu beberapa menit, sampai proses pencarian selesai.
  6. Jika sudah selesai, klik menu View dan pilih Details.

    Klik Menu View dan Memilih Details

  7. Kemudian klik tab Size untuk mengurutkan file dengan ukuran paling besar lebih dulu.

    Mengurutkan File Ukuran Besar

  8. Kini file dengan ukuran paling besar ada di-daftar paling atas.

Lamanya proses pencarian tergantung dari banyaknya file yang ada di HDD/SSD komputer, dari 3 menit sampai 10 menit. Karena tutorial diatas akan mencari semua isi komputer, termasuk di Drive C sekalipun. Kamu juga bisa mencari hanya di Drive tertentu saja, dan prosesnya pasti akan lebih cepat.

Setelah ketemu filenya, kamu bisa mengelolanya, baik itu menghapus atau memindahkannya. Tapi pastikan jangan sampai menghapus file sistem. Jadi apabila akan menghapus muncul notifikasi perizinan administrator, ada baiknya untuk membatalkan.

Ada beberapa pilihan ketika kamu mengetikkan “size:” pada kolom pencarian. Cukup pilih besaran ukuran file yang kamu harapkan. Jika ukuran file sekitar 1 sampai 4GB saja, silakan pilih opsi Huge.

Baca juga: Cara Mencegah Corrupt Ketika Download File Ukuran Besar

Kesimpulan

Tak perlu memakai program tambahan apabila menggunakan Windows Explorer saja sudah bisa mencari file besar dengan mudah. Dan jika pun kamu ingin menghemat kapasitas penyimpanan di komputer, Saya lebih menyarankan untuk menghapus sesampahan yang tersimpan pada sistem.

Untuk membersihkan sampah pada sistem, sangat disarankan menggunakan program Ccleaner karena terbukti akurat dalam proses penghapusan. Selain itu pengguna juga diberikan kebebasan untuk memilih suatu sampah supaya tidak dihapus, contohnya Log Windows atau cookie di browser.

Sebelum mengakhiri ini, Saya ingin memberikan satu tips tambahan untuk pengguna Laptop supaya proses pencarian file ukuran besar bisa berlangsung sedikit cepat. Yakni silakan gunakan mode High Performance yang bisa diatur melalui setelan baterai di toolbar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap