Perbedaan Samsung Pay dan Google Pay

Perbedaan Samsung Pay dan Google Pay

Samsung Pay dan Google Pay merupakan platfom pembayaran yang sangat populer di Android. Keduanya nyaris memiliki kesamaan, akan tetapi terdapat pula perbedaan menonjol sehingga pengguna bisa memilih mana yang terbaik dari itu.

Tujuan dari kedua layanan itu adalah mempermudah pengguna dalam membayar produk di ponsel dengan sekali ketuk, jadi misalnya membeli barang di aplikasi bisa cepat karena metode pembayaran seperti kartu kredit telah tersimpan pada akun.

Apa itu Google Pay?

Google Pay hadir pada sebagian besar ponsel Android, itu tandanya metode pembayaran ini juga bisa diterapkan pada ponsel Samsung sekalipun. Cara kerja dari Google Pay adalah menambah metode pembayaran terlebih dahulu seperti kartu kredit, debit, dan lain-lain

Ketika metode pembayaran telah ditambahkan, pengguna bisa membayar produk apapun dengan sekali klik saja atau melalui sensor NFC. Nantinya sistem akan memproses pembayaran dalam hitungan detik dan pembayaran telah berhasil.

Bagian terbaik dari Google Pay adalah dukungan terhadap berbagai layanan atau merchant yang tersedia. Bahkan beberapa marketplace juga ada yang menyediakan metode pembayaran melalui Google Pay. Serta setiap toko yang menyediakan akses pembayaran melalui ponsel (sensor NFC) juga bisa menggunakan Google Pay.

Apa itu Samsung Pay?

Masih sama kegunaannya seperti Google Pay, Tapi untuk saat ini, Samsung Pay hanya tersedia pada ponsel Samsung saja. Jadi pengguna diharapkan untuk menambah metode pembayaran terlebih dahulu, dan setelah itu Samsung Pay bisa dipakai untuk membayar berbagai produk.

Dukungan metode pembayaran Samsung Pay pada situs-situs web tampak jarang terlihat. Akan tetapi berkat sensor NFC yang ada di ponsel Samsung, pengguna bisa membayar produk di toko-toko yang menyediakan opsi pembayaran melalui kartu kredit/debit meliputi VISA, Mastercard, AMEX, dan lain-lain.

Samsung Pay hadir di Indonesia mulai tahun 2019, dan telah mendukung beberapa jenis kartu kredit atau debit untuk ditambahkan. Didalam aplikasinya memiliki fitur yang nyaris sama seperti di Google Pay, seperti riwayat transaksi, mengubah metode keamanan, dan lain-lain.

Terkait: Apa Itu Samsung Pass dan Bagaimana Cara Kerjanya

Mana yang Terbaik dari Kedua Itu?

Keduanya memiliki tujuan yang sama dalam hal pembayaran yang mudah, dan semenjak Samsung menghentikan teknologi MST (Magnetic Strip Technology), itu menjadikan cara kerja Samsung Pay tidak ada bedanya dengan Google Pay.

Tapi untuk saat ini, Google Pay jauh lebih baik karena mendukung untuk seluruh ponsel Android dan bisa dipakai membayar secara online. Dan tidak cuma di ponsel saja, bahkan di jam tangan Android pun juga bisa dipakai, selama itu mendukung sensor NFC.

Dukungan jenis kartu kredit pada Google Pay juga lebih banyak ketimbang Samsung Pay. Selain itu pengguna juga tidak akan dibingungkan ketika beralih ke ponsel Android yang lain, karena Google Pay akan tetap ada dan pengguna hanya perlu masuk ke akun pribadinya saja.

Tapi bagi pengguna setia ponsel Samsung, pemakaian Samsung Pay juga sangat disarankan. Karena selain aplikasi tersebut dikhususkan untuk Samsung saja, keamanan yang ditawarkan juga sangat terjamin.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.