Mengatasi Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun Ini Milik Anda

Mengatasi Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun Ini Milik Anda

Google memiliki keamanan yang ketat terhadap setiap akun, sehingga jika terjadi kecurigaan saat masuk sedikit saja, sistem akan meminta pengguna untuk memverifikasi bahwa itu memang benar-benar pemilik akun yang asli atau bukan.

Kecurigaan itu sendiri dapat dinilai dari beberapa hal. Baik itu dari perubahan jenis browser, lokasi masuk ke akun, atau hal yang lainnya. Namun rata-rata sistem kadang meminta pengguna untuk memverifikasi pengguna terhadap nomor telepon atau alamat email yang terhubung pada akun.

Tapi adapula salah satu masalah dimana sistem tidak memberikan opsi apapun dan hanya menampilkan notif “Google Tidak Dapat Memverifikasi Bahwa Akun Ini Milik Anda“, dan meskipun ada tombol Pulihkan dibawahnya, itu tidak benar-benar membantu untuk masuk ke akun.

Solusi Google Tak Dapat Memverifikasi Pemilik Akun Saat Login

Ada beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk bisa masuk kembali ke akun tersebut. Dan penyebab masalah ini muncul pastinya disebabkan karena terdapat kecurigaan yang tergolong serius, sehingga sistem tidak memperbolehkan kamu masuk meski telah menuliskan informasi username dan password dengan benar.

1. Masuk Menggunakan Perangkat yang Biasa Digunakan

Solusi pertama yang paling saya sarankan adalah mencoba masuk menggunakan perangkat yang biasa dipakai. Misalnya jika biasanya menggunakan ponsel, maka cobalah untuk masuk menggunakan ponsel tersebut.

Sistem Google akan mengenali jika itu merupakan perangkat yang biasa kamu gunakan dan memungkinkan akan muncul pertanyaan keamanan seperti menuliskan email pemulihan atau nomor telepon yang terhubung pada akun, dan setelah itu kamu pasti berhasil masuk ke akun tersebut.

Baca juga: Cara Mengembalikan Akun Google yang Dihapus

2. Jangan Menggunakan Jaringan VPN untuk Masuk Akun Google

Menggunakan VPN dapat menyebabkan alamat IP berubah ke negara atau lokasi lain, sehingga sistem Google dapat mendeteksi bahwa hal tersebut merupakan tindakan yang mencurigakan. Jadi apabila saat ini kamu menggunakan VPN, silakan untuk dinonaktifkan terlebih dahulu.

Baik itu VPN, Proxy, atau SSH Tunneling dapat menyebabkan masalah saat masuk ke suatu akun yang memiliki keamanan yang ketat. Jadi pada saat masuk, sebaiknya untuk menonaktifkan sementara VPN yang digunakan, dan setelah berhasil masuk, kamu bisa mengaktifkannya lagi.

3. Menggunakan Opsi Pemulihan Akun

Terdapat tombol pulihkan, yang mana itu hanya bisa dilakukan pada perangkat yang biasa kamu gunakan. Sebab jika memakai perangkat lain yang sekiranya belum pernah dipakai untuk masuk ke akun tersebut, dijamin takkan bisa memakai cara ini.

Jadi pada saat notif google tidak dapat memverifikasi, terdapat tombol Pulihkan berwarna biru dibawahnya, silakan klik dan kemudian ikuti prosedurnya.

Biasanya sistem akan mengirimkan kode SMS ke nomor telepon yang terhubung pada akun untuk memverifikasi kepemilikan akun, tapi biasanya sistem juga membutuhkan kata sandi sebelumnya yang biasa kamu gunakan untuk masuk.

Dan jika informasi yang kamu tuliskan pada formulir memang valid, maka sistem akan menyediakan opsi untuk membuat kata sandi yang baru, dan setelah itu kamu akan berhasil masuk ke akun tersebut tanpa ada masalah lagi.


Hanya ada tiga cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah ini. Tapi rata-rata kebanyakan orang langsung berhasil pada solusi nomor satu dan dua. Dan kesimpulannya, notif tersebut muncul karena sistem Google benar-benar menganggap bahwa tindakan masuk tersebut mencurigakan, sehingga untuk mengamankan akun itu, sistem takkan memperbolehkan kamu masuk dengan cara apapun.

Jika kamu memiliki kendala serupa dan masih bingung terhadap solusi yang saya jelaskan diatas, jangan ragu untuk berkomentar pada kolom dibawah supaya mendapatkan bantuan dan segera menyelesaikan masalah ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *