Cara Menghapus Riwayat Aktivitas pada Windows 11

Sudah tahukah kamu jika pada komputer Windows segala riwayat yang kamu lakukan saat ini dapat terekam. Ini nyaris sama seperti Google yang merekam setiap hal yang kamu lakukan pada ponsel Android. Hanya saja tak semua hal dapat terekam.

Windows 11 menyimpan riwayat aktivitas pengguna pada akun Microsoft, dan tentunya fitur ini aman. Beberapa hal yang terekam adalah aktivitas biasa seperti membuka aplikasi, menghidupkan WiFi, Bluetooth, dan hal biasa lainnya.

Walaupun aman, tapi beberapa orang lebih ingin untuk menjaga privasinya, khususnya jika data itu tidak ada di tangannya sendiri, alias pada sistem Microsoft. Karena tak ada yang tahu akan jadi apa jika data tersebut sampai ke orang lain. Tapi di sisi lain, terdapat keuntungan lain ketika mengaktifkan fitur riwayat aktivitas ini.

Tutorial Hapus Riwayat Aktivitas di Windows 11

Terdapat dua hal yang bisa kamu terapkan untuk menjaga privasi lebih baik saat menggunakan komputer. Yakni menghapus riwayat aktivitas, atau menonaktifkan penuh riwayat aktivitas tersebut. Kamu dapat memilih mana saja sesuai keinginan.

Dan berikut ini tata cara untuk menghapus riwayat aktivitas khusus untuk Windows 11:

  1. Silakan menuju Windows Settings.
  2. Klik menu Privacy & Security.

    Buka Privasi dan Keamanan Windows 11

  3. Kemudian gulir kebawah dan klik menu Activity history.

    Klik menu Activity History

  4. Pada bagian Clear activity history, silakan klik tombol Clear.

    Menghapus Riwayat Aktivitas pada Windows 11

  5. Akan muncul dialog kecil, silakan klik tombol Ok.

    Konfirimasi Penghapusan Riwayat Aktivitas

  6. Tunggu beberapa saat, dan riwayat aktivitas berhasil dihapus.

Dengan rutin dalam menghapus riwayat aktivitas, pastinya privasi kamu akan tetap terjaga. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya hal yang tak diinginkan, terlebih lagi terhadap akun email yang dikelola oleh organisasi, misalnya email dari sekolah dan bukan milik pribadi.

Baca juga: Tutorial Upgrade dari Windows 10 ke Windows 11

Menonaktifkan Riwayat Aktivitas pada Windows 11

Jika kamu tak ingin riwayat aktivitas di komputer terekam oleh sistem, maka ada baiknya untuk menonaktifkan fitur ini. Caranya sangat mudah, silakan ikuti tutorial diatas sampai langkah ke-3, dan kemudian hilangkan centang pada opsi Store my activity history on my device.

Menonaktifkan Riwayat Aktivitas Windows 11

Sekarang riwayat aktivitas kamu takkan lagi direkam oleh sistem. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan coba buka halaman riwayat aktivitas pada akun Microsoft, jika tak ada aktivitas baru yang tampil, berarti fitur ini sudah berhasil kamu nonaktifkan.

Menggunakan fitur riwayat aktivitas pada dasarnya lebih dikhususkan terhadap PC milik pribadi, dan selain digunakan untuk mengetahui aktivitas terkini, itu juga bisa dipakai sebagai keamanan terhadap segala aktivitas di PC kamu, misalnya disaat seseorang mengakses PC disaat kamu tak menyadarinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *