≡ Menu

Solusi Tidak Bisa Membuka Gmail

Solusi Tidak Bisa Membuka Gmail

Gmail kini menjadi sangat penting sekali, karena itu merupakan tempat dimana banyak akun sosial media terhubung. Walau di luar sana ada banyak sekali layanan email, namun kebanyakan orang menggunakan Gmail karena penggunaannya yang mudah.

Ketahui juga bahwa Gmail adalah produk Google. Sehingga akun Gmail yang kamu pakai merupakan akun Google. Adapun beberapa masalah yang kadang hadir pada Gmail, dan yang paling banyak adalah tak bisa masuk atau gagal membuka halaman utama Gmail, seperti mengakses perpesanan.

Kendala tersebut bisa disebabkan karena beberapa faktor, baik itu karena informasi masuk yang dituliskan salah, sistem meminta verifikasi tambahan, atau bahkan kesalahan internal dari sistem Gmail.

Mengatasi Gmail yang Tidak Bisa Dibuka

Pada dasarnya Gmail akan menampilkan semacam notif error apabila hal ini terjadi. Namun disini akan saya bantu untuk mempermudah hal tersebut supaya kamu dapat mengakses kembali akun Gmailnya.

1. Cek Kembali Informasi Login

Apabila pada layar muncul notif “alamat email atau sandi salah”, silakan periksa kembali apakah kamu telah menuliskan alamat email dan password dengan benar? Karena beberapa orang sering lupa apabila dia menggunakan teks besar atau kecil, khususnya untuk password.

Mengatasi Tidak Bisa Login Gmail

Dan sehubungan dari peraturan baru yang ditetapkan Google, bahwa akun yang tidak aktif selama 2 tahun akan dihapus permanen. Apakah kira-kira akun yang akan kamu akses merupakan akun yang aktif? Karena jika lebih dari dua tahun tidak pernah membukanya, maka kini kamu harus membuatnya lagi.

2. Menyelesaikan Verifikasi Tambahan

Google memiliki sistem yang sangat ketat dalam melindungi informasi sensitif setiap pengguna, untuk itu penerapan verifikasi tamabahn ini kadang hadir ketika pengguna hendak masuk dari perangkat yang tidak dikenali.

Contoh verifikasi tambahan adalah menuliskan alamat email lain yang terhubung pada akunnya, atau mendapatkan SMS verifikasi terhadap nomor yang tertaut pada akun. Hal itu diterapkan untuk memastikan bahwa pengguna merupakan pemilik akun yang sesungguhnya.

Verifikasi Tambahan untuk Masuk Akun Gmail

Setelah kamu menyelesaikan verifikasi tambahan tersebut, pastinya kamu akan langsung dialihkan ke halaman utama Gmail dan bisa mulai mengelola perpesanan seperti biasanya.

3. Terjadi Kesalahan Internal pada Sistem

Walau kesalahan pada Gmail pada dasarnya sangat jarang sekali terjadi, namun tidak menutup kemungkinan apabila suatu saat itu akan terjadi. Sebagai contohnya seperti tak dapat sama sekali mengakses halaman Gmail, atau muncul tulisan “Temporary Error (500)” ketika membukanya.

Itu bukanlah kesalahan pengguna dan mengacu pada sistem. Jadi tak hanya kamu saja yang mengalaminya, namun seluruh pengguna merasakan hal yang sama. Untuk masalah ini, kamu hanya perlu menunggu saja sampai Google memperbaikinya. Rata-rata kejadian seperti ini hanya berlangsung sekitar 1 jam.


Baca juga: Cara Mengubah Tema Gmail dengan Gambar Sendiri

Selain dari beberapa hal diatas, mungkin kamu juga perlu untuk mengetes jaringan internet. Karena barangkali jaringannya sedang memblokir akses ke Gmail. Dan hindari untuk menggunakan VPN, karena itu hanya akan membuat perangkat tidak dikenali oleh sistem.

Apabila kamu memiliki pertanyaan mengenai solusi diatas, atau barangkali ingin menambahkan solusi lainnya, silakan bagikan itu pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap