Cara Mengatur Pertanyaan Keamanan di Akun Google

Keamanan yang ditawarkan Google terhadap setiap akun sudah tidak menjadi pertanyaan lagi. Pada dasarnya sistem Google dapat mengenali aktivitas yang mencurigakan pada saat masuk ke akun untuk melindungi data pemilik. Tetapi keamanan tersebut masih dapat diperketat lagi lho.

Jadi meski ada orang lain yang mengetahui password akun Google kamu, namun sistem akan melarang dia bisa masuk. Karena hal tersebut termasuk pada aktivitas mencurigakan, sehingga sistem akan memberikan beberapa opsi lanjutan untuk memastikan bahwa yang masuk tersebut adalah pemilik asli.

Opsi lanjutan dapat berupa pengiriman kode lewat SMS ke nomor yang terhubung pada akun, menuliskan alamat email pemulihan, atau pertanyaan keamanan. Ketiga opsi tersebut bisa kamu aktifkan guna untuk melindungi akun lebih maksimal.

Menggunakan Pertanyaan Keamanan untuk Melindungi Akun Google

Metode pertanyaan keamanan ketika masuk ke akun adalah cara yang paling mudah untuk diketahui oleh pemilik asli. Karena dia tahu betul terhadap jawaban dari pertanyaan itu. Dan untuk menggunakannya, silakan ikuti langkahnya dibawah ini:

  1. Buka Akun Google.
  2. Klik menu Keamanan.

    Klik Menu Keamanan

  3. Gulir kebawah dan klik menu Pertanyaan Keamanan.

    Mengatur Pertanyaan Keamanan di Akun Google

  4. Kamu akan diminta untuk menuliskan sandi untuk melanjutkan.
  5. Sekarang kamu bisa memilih pertanyaan keamanan yang diinginkan.
  6. Dan tulis jawaban pertanyaan pada kolom dibawahnya.
  7. Jika sudah, klik tombol Simpan.

Mulai sekarang, setiap kali akun kamu diakses melalui perangkat atau lokasi yang tak dikenal, maka akan membutuhkan jawaban terhadap pertanyaan keamanan yang telah kamu atur.

Pastikan untuk tidak melupakan jawaban yang telah diatur. Atau lebih baik lagi untuk ditulis di buku supaya lebih aman.

Pertanyaan Keamanan Tidak Bisa Diaktifkan?

Apabila tidak ada menu Pertanyaan Keamanan, itu tandanya akun kamu belum memenuhi syarat untuk menggunakan fitur ini. Biasanya hal tersebut disebakan karena akun kamu belum ditautkan ke nomor ponsel, dan juga belum menambahkan alamat email pemulihkan.

Jika kedua hal tersebut sudah dipenuhi, kemungkinan besar opsi pertanyaan keamanan akan langsung muncul dan bisa digunakan.

Baca juga: Cara Menggunakan Mode Offline di Gmail

Kesimpulan

Pertanyaan Keamanan merupakan metode lama dalam mengamankan akun. Meskipun terbilang lama, akan tetapi opsi ini dapat membantu pengguna lebih mudah apabila sekiranya sistem menganggap pemilik akun sebagai seseorang yang tak dikenal karena berbagai alasan.

Jika kamu ingin mengamankan akun Google lebih baik lagi, saya sarankan untuk mengaktifkan pula opsi autentikasi dua faktor. Dengan begitu keamanan akun kamu 100% terjamin dan takkan bisa dimasuki orang meski mereka mengetahui password kamu.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.