Cara Menghapus Channel Youtube Secara Permanen

Cara Menghapus Channel Youtube Secara Permanen

Tahukah kamu bahwa satu akun Google dapat digunakan untuk membuat banyak channel sekaligus, dengan begitu kamu tak perlu membuat banyak akun Google hanya untuk meng-kategorikan channel tersebut terhadap konten jenis tertentu.

Channel yang terlalu banyak terkadang juga membingungkan untuk diatur, apalagi jika kebanyakan dari itu sudah tidak aktif. Tetapi Youtube juga telah menyediakan opsi untuk menghapus channel yang dirasa tidak ingin dikelola lagi.

Penghapusan channel tentunya akan berimbas pada isi atau konten video didalamnya. Seluruhnya akan menghilang dan tak dapat ditonton lagi. Pastinya ini sangat cocok dilakukan terhadap channel yang tidak aktif dan tak berkembang dalam jangka lama.

Tutorial Menghapus Channel di Youtube

Perlu kamu ketahui juga bahwa channel yang telah terhapus takkan bisa dikembalikan dengan cara apapun. Jadi video, subscriber, komentar, akan terhapus semua. Jika kamu telah memahami resiko dari menghapus channel Youtube, silakan ikuti langkah berikut ini untuk memulainya.

  1. Buka halaman Youtube Studio.
  2. Klik menu Setelan.

    Klik Menu Settings di Youtube Studios

  3. Kemudian klik pada menu Channel dan menuju Setelan lanjutan.

    Klik Menu Channel

  4. Gulir kebawah dan klik pada opsi Hapus konten Youtube.

    Menghapus Channel Youtube

  5. Kamu akan dialihkan ke halaman masuk, silakan isikan kata sandi akun Google.
  6. Setelah itu silakan klik pada opsi Saya ingin menghapus konten secara permanen.
  7. Jangan lupa beri centang pada persetujuan.
  8. Dan klik tombol Hapus konten saya.
  9. Selesai, channel tersebut berhasil dihapus.

Setelah channel berhasil dihapus, kamu akan mendapatkan pesan email terkait penghapusan tersebut. Silakan lakukan hal yang sama dengan channel lain yang sekiranya ingin dihapus juga.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Total Subscriber di Channel Youtube

Menyembunyikan Channel Tanpa Menghapusnya

Jika yang ingin kamu lakukan adalah menyembunyikan isi dari channel tersebut, maka jangan memakai fitur untuk menghapus channel. Karena Youtube juga telah menyediakan opsi khusus untuk itu supaya seluruh pengguna tak dapat mengakses keseluruhan konten layaknya itu telah terhapus.

Jadi pada langkah ke-6 diatas, silakan pilih pada opsi Saya ingin menyembunyikan konten. Dan kedepannya kamu masih bisa mengaktifkan kembali channel tersebut apabila ingin digunakan kembali.

Ketika channel disembunyikan, nama channel takkan dapat dicari melalui fitur pencarian di Youtube, namun oengguna lain masih dapat mengunjungi channel tersebut selama memiliki URL dan takkan dapat melihat isi konten. Jadi yang bisa dilihat hanyalah nama channel, foto profil, dan foto header saja.

Jadi apakah kamu ingin menghapus channel atau justru menyembunyikannya? Pilih sesuai keinginan. Dan silakan berkomentar apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.