≡ Menu

Cara Mengembalikan Akun Google yang Dihapus

Cara Mengembalikan Akun Google yang Dihapus

Google memberikan kebebasan kepada setiap pengguna untuk menghapus data diri secara penuh. Tak perlu menunggu waktu yang lama untuk menghapus akun Google beserta segala produk didalamnya. Tapi dibalik itu, Google juga memiliki ketentuan tersendiri terhadap akun yang telah dihapus.

Jadi isi dalam ketentuan tersebut adalah “Jika Anda menghapus Akun Google, Anda mungkin dapat memulihkannya. Jika akun sudah lama dihapus, Anda mungkin tidak dapat memulihkan data di akun“. Sehingga misalnya akun yang ingin kamu kembalikan baru saja dihapus dalam beberapa hari terakhir, maka kamu masih memiliki kesempatan untuk mengembalikannya.

Ketentuan ini diberlakukan untuk menghindari adanya penyalahgunaan dalam fitur penghapusan tersebut. Misalnya terdapat orang lain yang secara sengaja menghapus akun Google itu. Maka dari itu, apabila kamu merasa akunnya sudah dihapus, segera lakukan cara ini untuk mengembalikan akun tersebut.

Mengembalikan Akun Google yang Terhapus

Ketahui sekali lagi bahwa cara ini hanya berlaku untuk akun Google yang terhapus dalam jangka waktu dekat, kurang lebihnya sekitar satu minggu. Lebih dari itu memungkinkan akunnya telah terhapus secara permanen.

  1. Silakan masuk ke URL https://accounts.google.com/signin/recovery.
  2. Tuliskan alamat email.
  3. Kemudian ketik kata sandi terakhir pada akun tersebut.
  4. Jika sebelumnya pernah menambahkan nomor telepon atau alamat email pemulihan, maka kamu akan diminta untuk menuliskannya.
  5. Setelah itu kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor telepon atau alamat email pemulihan.
  6. Silakan tuliskan kode itu pada kolom yang disediakan.
  7. Tahap selanjutnya silakan ikuti intruksi verifikasi tambahan yang tersedia disana.

Sama halnya seperti lupa kata sandi, kamu juga bisa melakukan hal yang sama seperti diatas. Dan untuk tahap verifikasinya kadang berbeda-beda. Yang pasti, kamu hanya perlu mengikuti intruksi yang disediakan pada halaman tersebut sampai selesai.

Dan apabila sekiranya akun kamu tidak tertaut nomor ponsel atau alamat email pemulihan, maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan cara verifikasi yang berbeda. Sebagai contohnya seperti memberitahukan kapan tanggal pembuatan akun, informasi pribadi seperti tanggal lahir, dan sebagainya.

Dengan mengisi seluruh informasi dengan benar, sangat dipastikan akun kamu akan kembali dan bisa digunakan lagi.

Bagaimana Jika Akun Sudah Terhapus Cukup Lama?

Apabila akun telah dihapus sejak beberapa bulan yang lalu, maka tak ada cara lain kecuali mendaftar ulang. Tentunya data pada akun sebelumnya akan hilang permanen, namun selama alamat email masih tersedia untuk pendaftaran, kamu akan bisa menggunakannya kembali.

Baca juga: Cara Mengubah Foto Profil Akun Google

Kesimpulan

Terakhir kali Google memiliki kebijakan baru, dimana akun yang tidak aktif selama 2 tahun akan dihapus secara otomatis. Tapi dengan cara diatas, kamu masih bisa mengembalikan akun tersebut selama proses penghapusan tidak lebih dari satu minggu.

Sistem Google sangat bagus dalam melindungi privasi pengguna, maka dari itulah mengapa ketentuan ini berlaku. Dimana ketika akun sudah lama terhapus, data didalamnya juga akan hilang sepenuhnya. Dan data itu meliputi segala produk Google yang pernah digunakan akun tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap