Cara Mengubah Username Akun Facebook

Cara Mengubah Username Akun Facebook

Setiap akun Facebook memiliki dua jenis ID unik. Yang pertama adalah sebuah angka (numerik), dan yang kedua adalah username (teks). Keduanya memiliki tujuan yang sama, namun berbeda dalam penggunaannya. Dan kebanyakan orang lebih sering menggunakan username dalam hal kemudahan pengenalan akun.

Jika ID numerik Facebook diatur oleh sistem, sedangkan username ini bebas untuk membuat atau mengubahnya sendiri. Memungkinkan kamu dapat mengaturnya sesuai username yang biasa digunakan di internet.

Dengan memiliki username Facebook, orang lain dapat mengunjungi profil kamu hanya dengan menuliskan URL sebagai berikut (https://fb.me/username). Sama halnya seperti Twitter atau Instagram yang dapat menelusuri pengguna lebih cepat dengan memakai username.

Mengubah Username di Facebook

Apabila sebelumnya kamu belum pernah membuat username di Facebook atau barangkali ingin menggantinya, maka sangat tepat untuk memasuki tulisan ini. Sebab disini saya akan membagikan langkah mudah untuk mengubahnya.

Sebelumnya mohon ketahui terlebih dahulu bahwa cara ini hanya bisa dilakukan melalui Facebook Versi Desktop. Jadi siapkan laptop atau komputer untuk mulai mengikuti tutorial dibawah ini.

  1. Pertama-tama silakan masuk ke Facebook.
  2. Kemudian menuju Pengaturan & Privasi > Pengaturan.

    Menuju Pengaturan Facebook

  3. Pada bagian Umum, klik pada opsi Nama Pengguna.

    Klik Opsi Nama Pengguna

  4. Akan muncul kolom dibawahnya, silakan buat atau ganti username Facebook yang diinginkan.

    Mengubah Username Akun Facebook

  5. Apabila sudah, silakan klik tombol Simpan Perubahan.

Biasanya Facebook akan meminta pengguna untuk menuliskan kata sandi atau kode autentikasi ketika merubah username ini. Dan pastikan username yang kamu tulis tersedia, karena apabila statusnya tidak tersedia, maka itu tandanya kamu tidak bisa menggunakan username tersebut dan harus memakai username yang lainnya.

Saat ini Facebook masih tidak memberikan opsi untuk pengubahan username melalui ponsel. Jadi cara satu-satunya yang bisa dilakukan hanyalah dari komputer atau laptop saja. Tapi kemungkinan kedepannya opsi pengubahan tersebut bakal dihadirkan untuk versi mobile.

Baca juga: Tips Menghindari Checkpoint pada Akun Facebook Baru

Kesimpulan

Kegunaan username di Facebook ini sama persis seperti pada sosial media yang lainnya, hanya saja di Facebook lebih mengandalkan nama profil dalam hal tagging di komentar atau suatu postingan.

Tapi dengan mengatur username yang tepat, seluruh pengguna akan dapat terhubung denganmu lebih mudah, karena mereka telah mengetahui username yang biasa kamu pakai di internet.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau kesulitan mengeani tutorial perubahan username di akun Facebook, silakan komentar dibawah untuk mendapatkan solusi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.