Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Diaktifkan di Android

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Diaktifkan di Android

Fitur Bluetooth yang ada di ponsel Android memiliki kegunaan untuk beberapa hal. Dulunya fitur ini sering digunakan untuk mengirim file sejenis lagu, gambar, atau video. Tapi rata-rata sekarang ini lebih sering dipakai untuk memutar lagu melalui speaker atau headset yang mendukung teknologi Bluetooth.

Tak banyak masalah yang biasa terjadi pada fitur ini, namun satu hal yang fatal dan bisa saja terjadi sewaktu-waltu adalah Bluetooth tidak bisa dihidupkan. Jadi meski ikon Bluetooth di-ketuk berkali-kali masih tak dapat diaktifkan.

Solusi Bluetooth di Android Tidak Bisa Hidup

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan fitur Bluetooth ini tak bisa diaktifkan. Salah satu yang sering menjadi penyebab adalah terjadinya galat sementara pada sistem ponsel. Dan hal tersebut sangat mudah untuk diatasi.

Selama kendalanya bukan dari sisi hardware, maka masih ada cara untuk mengatasi supaya Bluetooth bisa diaktifkan dan normal kembali.

1. Mulai Ulang Ponsel (Restart)

Terkadang masalah yang terbilang serius dapat diatasi dengan cara yang mudah, seperti memulai ulang ponsel. Karena dari banyaknya masalah pada ponsel dapat dilakukan dengan cara yang sederhana ini.

2. Hapus Data di Aplikasi Bluetooth

Tentunya fitur Bluetooth juga berjalan dari suatu aplikasi, dan ketika aplikasi tersebut bermasalah, pastinya fiturnya takkan bisa digunakan lagi. Untuk itu silakan lakukan langkah berikut ini untuk menghapus data Bluetooth secara aman.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Aplikasi.

    Ketuk Menu Aplikasi

  3. Kemudian ketuk pada opsi titik tiga dan pilih Tampilkan aplikasi sistem.

    Menampilkan Aplikasi Sistem

  4. Lalu gulir kebawah dan ketuk pada aplikasi Bluetooth.

    Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Dihidupkan

  5. Tahap terakhir, silakan ketuk tombol Hapus Data.

    Solusi Bluetooth Tidak Bisa Diaktifkan

Setelah menghapus data, silakan akses kembali fitur Bluetooth melalui pengaturan dan kemudian hidupkan. Apakah kini sudah normal? Jika sudah, itu berarti masalah sebelumnya berada pada sisi data yang bermasalah di aplikasi. Tapi apabila belum bisa, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

3. Reset Ponsel Secara Penuh

Cara diatas sebenarnya sudah cukup ampuh dalam mengatasi masalah ini, akan tetapi apabila Bluetooth masih tak dapat dihidupkan, kemungkinan besar masalahnya ada di aplikasi sistem. Dan sehubungan ini menyangkut ke aplikasi sistem, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah mereset ulang ponselnya.

Mereset ponsel secara penuh akan menghapus berbagai hal yang ada di ponsel. Jadi sebelum melakukannya, silakan cadangkan terlebih dahulu data-data yang tergolong penting seperti nomor kontak, memindahkan file di telepon ke kartu memori, dan hal lainnya.

Dengan mereset ponsel, seluruh aplikasi akan dikembalikan ke setelan pabrik dan ponsel kamu akan kembali seperti baru pertama kali digunakan. Dan tentunya fitur Bluetooth kini akan sudah bisa digunakan dengan normal.


Baca juga: Cara Menggunakan Bluetooth Tethering di Android

Meski dalam dunia pengiriman file, Bluetooth terbilang lambat, akan tetapi fitur tersebut masih berguna untuk keperluan lain seperti menyambung VR, headset bluetooth, dan perangkat lainnya yang mengandalkan teknologi Bluetooth.

Banyak pengguna yang berhasil menggunakan cara pertama dan kedua, sedangkan cara ketiga jadikan sebagai alternatif apabila masih tak dapat menghidupkannya. Akan tetapi apabila meski ponsel sudah direset penuh dan Bluetooth tak dapat dihidupkan, maka bisa dipastikan masalahnya pada sisi hardware. Dan untuk kejadian tersebut, silakan bawa ponsel ke service center terdekat untuk dilakukan pergantian komponen.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.