≡ Menu

Tips Menghindari Checkpoint pada Akun Facebook Baru

Tips Menghindari Checkpoint pada Akun Facebook Baru

Facebook memiliki sistem yang dapat mendeteksi adanya perilaku yang tidak biasa terhadap akun. Hal itu diterapkan demi keamanan dalam penggunaan sosial media, dan juga memastikan bahwa pengguna tersebut tidak melanggar standar komunitas.

Apabila akun terdeteksi melakukan tindakan yang aneh, maka sistem akan langsung menandai akun tersebut dan mengalihkannya ke bagian checkpoint. Dan checkpoint ini merupakan bagian dimana pengguna tersebut diminta untuk melakukan verifikasi identitas.

Sederhananya, Facebook masih memberikan kesempatan terhadap pengguna yang dianggap melakukan tindakan aneh tersebut untuk melakukan verifikasi supaya dapat membuka akunnya kembali. Dan kebanyakan yang terkena checkpoint adalah akun baru.

Tips Menghindari Akun Baru Terkena Checkpoint Facebook

Jika suatu akun masuk pada checkpoint, itu sudah layaknya masuk ke Limbo, dimana sangat sulit untuk mengembalikan akun tersebut meski verifikasi identitas sudah sempurna. Untuk itu, artikel ini akan menunjukan beberapa tips supaya akun yang baru kamu buat tidak langsung masuk ke checkpoint.

1. Membuat Akun dengan Nomor Telepon

Dibanding menggunakan alamat email, justru mendaftar memakai nomor telepon jauh lebih disarankan. Tak hanya di Facebook saja, bahkan di Instagram pun juga sama. Jadi apabila kamu berencana ingin membuat akun baru, silakan siapkan nomor yang baru juga.

2. Jangan Melakukan Banyak Tindakan Secara Langsung

Misalnya hari ini kamu baru membuat akun, dan kemudian akun tersebut digunakan untuk menambah banyak teman, bergabung ke banyak grup, atau bahkan membuat banyak halaman. Tentu itu sama halnya seperti tindakan spam oleh sistem Facebook.

Melakukan tindakan pada akun baru memang tidak masalah, akan tetapi janganlah berlebihan. Cukup lakukan sewajarnya dan se-normal mungkin layaknya pertama kali menggunakan Facebook.

3. Hindari Menggunakan VPN untuk Masuk ke Akun

Ketahuilah bahwa sistem keamanan Facebook sangatlah bagus, dan semua itu tercatat pada log aktivitas akun. Jika kamu sedang menggunakan VPN untuk membuka akunnya, maka secara otomatis sistem akan mencatat bahwa terdapat orang lain di lokasi yang berbeda sedang berusaha membuka akun itu.

Dan pada akhirnya akun masuk ke checkpoint demi keamanan atau menghindari penyalahgunaan. Lokasi yang berbeda dari IP yang biasa kamu gunakan sangatlah berdampak pada keamanan akun. Jadi pastikan kamu tidak sedang menggunakan VPN ketika ingin masuk ke akun tersebut.

Baca juga: Mengatasi Like dan Komentar Diblokir pada Facebook

4. Jangan Menambahkan Metode Pembayaran

Berbeda seperti di Google yang mana pengguna baru boleh-boleh saja langsung menambah metode pembayaran untuk pembelian menggunakan GPay, sedangkan di Facebook, hal tersebut sama saja termasuk aktivitas yang tidak biasa.

Mengapa bisa begitu? Karena barangkali sistem menganggap bahwa akun tersebut dipakai untuk melakukan testing validasi terhadap informasi kartu kredit. Walau informasi kartu kredit yang dipakai benar, tetap saja itu merupakan hal yang tidak biasa untuk akun dengan umur yang terlalu dini.

5. Lebih Baik Menggunakan Aplikasi Facebook untuk Sementara

Facebook seolah menyimpan fingerprint terhadap browser yang seringkali digunakan untuk mendaftar akun bahkan meski histori, cookies, dan lain-lain telah dihapus. Yang tidak diinginkan oleh sistemnya adalah adanya aktivitas pendaftaran dari robot.

Tapi cobalah menggunakan aplikasi Facebook untuk ponsel yang tersedia di Play Store atau Apps Store. Gunakan di aplikasi untuk melakukan berbagai tindakan sampai akun memiliki umur sekitar 1 minggu.

Kesimpulan

Akun Facebook yang baru sangatlah rentan terhadap pemblokiran sementara atau checkpoint ini. Tapi dengan mengikuti beberapa tips diatas, memungkinkan akun yang baru kamu buat akan aman dan tidak sampai masuk ke checkpoint.

Rata-rata akun baru yang melakukan tindakan tidak normal akan masuk checkpoint dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari sejak pembuatan. Tapi apabila lebih dari 1 minggu masih aman, kemungkinan akan terus aman. Dan tips diatas juga termasuk dari pengalaman Saya sendiri dalam mengelola beberapa akun Facebook baru untuk suatu keperluan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap