Cara Agar Tidak Bisa Dicari di Instagram

Cara Agar Tidak Bisa Dicari di Instagram

Instagram tak hanya dipakai untuk sekedar membagikan foto untuk publik, karena sebagian orang memakainya untuk keperluan pribadi, sehingga mereka ingin profilnya tidak bisa dicari oleh orang lain.

Pada dasarnya Instagram memiliki fitur privasi yang baik, dan tidak melarang siapapun dalam menjadikan profilnya sebagai galeri pribadi untuk sekedar menyimpan kenangan selamanya. Jadi orang-orang yang tahu terkait foto tersebut hanyalah orang yang dikenal saja.

Disini akan saya bagikan cara paling mudah untuk membuat profil Instagram kamu agar tidak bisa dicari. Kamu bisa menerapkan ini untuk akun personal atau mungkin akun cadangan yang dipakai untuk menyimpan foto/video tertentu.

Bagaimana Supaya Tidak Bisa Dicari di Instagram?

Kamu bisa memilih dua cara, antara mem-privasi terhadap profilnya atau menggunakan username yang rumit, sehingga takkan ada orang lain yang menemukan akun tersebut. Atau mungkin menggabungkan kedua cara itu untuk membuat privasi 100% lebih terjaga.

Mengaktifkan Privasi pada Profil

Profil yang di-privasi pada dasarnya masih bisa dicari pada Instagram, akan tetapi mereka tidak akan mengetahui setiap postingan foto atau video yang kamu miliki. Jadi mereka harus meminta persetujuan follow terlebih dahulu ke kamu supaya bisa melihat isi postingan.

Untuk mengaktifkan privasi pada akun Instagram sangatlah mudah, berikut ini langkahnya:

  1. Buka aplikasi Instagram dan menuju Profil.
  2. Ketuk opsi Menu (strip tiga) dan pilih Pengaturan.

    Pengaturan Instagram

  3. Selanjutnya ketuk pada menu Privasi.

    Ketuk Menu Privasi

  4. Dan aktifkan pada opsi Akun Privat.

    Cara Agar Profil Tidak Bisa Dicari di Instagram

Selesai, kini orang lain yang tidak berada pada daftar pengikut takkan bisa melihat seluruh postingan kamu. Mereka hanya bisa melihat nama, bio, dan foto profil saja. Selebihnya tidak ada izin untuk mereka.

Menggunakan Username yang Rumit

Untuk memaksimalkan akun supaya tidak bisa dicari, saya juga menyarankan untuk mengubah username se-rumit mungkin. Kamu bisa menggunakan kombinasi huruf dan angka yang banyak.

Username Rumit di Instagram Agar Tidak Bisa Dicari

Tapi jangan sampai lupa terhadap username tersebut, karena suatu saat kamu perlu itu untuk masuk ke akun. Jadi setelah mengubahnya, silakan catat username yang baru di aplikasi catatan atau di buku.

Dan satu lagi, ubah juga nama yang tampil pada akun itu dengan nama lain. Karena sistem Instagram dapat mencari pengguna berdasarkan display name, alias bukan username saja.

Baca juga: Tips Reels Banyak yang Nonton di Instagram


Cukup itu saja dua cara mudah untuk membuat akun Instagram kamu agar tidak bisa dicari oleh orang lain. Walaupun fitur semacam itu masih belum tersedia di Instagram, akan tetapi dengan menerapkan dua cara diatas, bisa menjadi alternatif terbaik.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.