Cara Membuat Username Channel Youtube

Cara Membuat Username Channel Youtube

Pada sekitar bulan Oktober di tahun 2022, Youtube merilis fitur baru bernama “Youtube Handle“. Kegunaan dari fitur tersebut tidak lain merupakan username atau nickname (nama sebutan) yang unik untuk semua channel.

Selain digunakan layaknya username, Youtube Handle juga akan membuat URL halaman channel lebih mudah untuk diakses. Contohnya kebanyakan channel saat ini memiliki URL yang panjang untuk halamannya. Namun dengan adanya Youtube Handle, URL tersebut akan lebih pendek, sehingga orang lain dapat dengan mudah dalam mengaksesnya layaknya menggunakan username di sosial media.

Bahkan meskipun URL Channel telah di-personalisasi, Youtube memberikan kebebasan terhadap pengguna untuk memilih handle channel (username) sesuai yang di-inginkan. Dan pada tanggal 14 November 2022, Youtube akan secara otomatis mengatur username pada setiap channel apabila tidak ada tindakan dari pemilik channel tersebut.

Pesan Email Terkait Youtube Handle

Fitur Handle Hadir untuk Semua Channel Youtube

Pada awal kali perilisan fitur ini, Youtube mengirimkan pesan email secara bertahap untuk semua channel. Jadi semua channel pasti akan mendapatkan fiturnya. Berikut contoh pesan email yang dikirimkan oleh Youtube.

Pesan Email dari Youtube untuk Menggunakan Fitur Handle

Ketika sudah mendapatkan pesan seperti itu, tahap selanjutnya adalah klik pada tombol PILIH HANDLE, dan seketika halaman akan terbuka dan meminta kamu untuk membuatkan username yang unik terhadap channelnya.

Pembuatan Username atau Handle Channel Youtube

Username atau nama sebutan yang kamu buat harus unik dan tidak boleh sama dengan channel lainnya. Pada saat pembuatan, di sana akan tampil ikon berwarna hijau yang menandakan username itu tersedia.

Pembuatan Username atau Youtube Handle yang Valid

Dan sebaliknya, apabila muncul ikon warna merah, itu tandanya username tersebut tidak tersedia dan kamu harus menggunakan nama sebutan yang lainnya.

Pembuatan Username atau Youtube Handle yang Tidak Valid

Jika sudah mengaturnya dan ikonnya berwarna hijau, silakan klik tombol Konfirmasi Pilihan untuk menyimpannya. Dan selamat, username pada channel kamu telah berhasil dibuat.

Fungsi Lengkap dari Handle Channel Youtube

Seperti yang saya katakan di atas tadi, salah satu ciri khas handle atau username ini adalah membuat suatu channel memiliki halaman yang mudah diakses karena URL-nya lebih pendek. Sebagai contoh, sebelum fitur ini diterapkan, kebanyakan URL channel seperti ini:

https://www.youtube.com/channel/UC02h2bV4bfs5tnL4kURhe3g

Dan setelah adanya fitur handle, URL setiap channel menjadi seperti ini:

https://www.youtube.com/@dolentv

Selain dipakai untuk keperluan URL saja, Handle ini juga dapat digunakan berinteraksi (menyebut) pada komentar layaknya di sosial media. Dan juga akan ditampilkan pada tab Youtube Short.

Untuk masa mendatang, Youtube menyimpulkan bahwa fitur handle ini akan sangat berguna sekali dan akan ditampilkan pada berbagai halaman pada Youtube. Maka dari itu, peranan dalam pembuatan handle ini sangat penting sebagai identitas channel yang unik.

Baca juga: Tips Agar Video Kamu Direkomendasikan Youtube

Akhir Kata

Jadi itulah sekilas cara dan juga penjelasan terkait Youtube Handle. Fitur ini nyaris sama seperti username pada sosial media, hanya saja Youtube menyebutnya sebagai Handle supaya terlihat berbeda.

Kamu bebas membuat handle dengan kata apapun selama itu tersedia dan tidak melanggar pedoman komunitas. Bahkan meski disamakan seperti nickname yang biasa dipakai pada game juga tidak menjadi masalah, selama itu yang memang kamu inginkan.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *