Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Bisa Dihidupkan

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Bisa Dihidupkan

Meski saat ini sudah banyak pengguna yang berlangganan WiFi, namun pemakaian data seluler masih diperlukan ketika berpergian ke luar rumah. Khususnya untuk membuat ponsel terus aktif, sehingga layanan chat atau sosial media terus aktif dan dapat dihubungi setiap saat.

Beberapa masalah yang biasa terjadi adalah data seluler yang tak bisa dihidupkan. Kendala ini bisa disebabkan karena dua sebab, antara lain dari sisi sistem ponsel atau dari sisi kartu seluler yang sedang digunakan.

Apabila sekarang ini kamu sedang mengalami hal yang sama, maka sebaiknya untuk tetap tenang dan mengikuti beberapa cara yang dibagikan pada artikel ini. Selama masalah ini tidak terjadi dari sisi hardware, data seluler pada ponsel akan tetap bisa dinikmati dengan baik seperti biasanya.

Solusi Data Seluler Tak Bisa Dihidupkan pada Ponsel

1. Pastikan Signal Tersedia dan Stabil

Satu hal yang sangat diperlukan ketika mengaktifkan data seluler adalah signal. Tanpa itu, tentunya data seluler tak dapat dihidupkan. Untuk itu silakan cek kembali apakah signal terhadap kartu tersedia atau tidak.

Sebagian kasus, hal ini juga disebabkan karena signal yang kurang stabil. Sebagai contohnya adalah signal yang hilang-hilang dengan sendirinya dan kemudian muncul lagi satu bar.

Jadi solusinya adalah memastikan signal yang kamu gunakan tersedia dan stabil. Me-restar ponsel sesekali kadang juga bisa membuat jaringan lebih stabil dan kemudian kamu dapat mencoba untuk mengaktifkan data seluler kembali.

2. Ubah Jenis Signal

Pada kondisi tertentu, terkadang kartu seluler mengalami trouble sementara terhadap jenis jaringan tertentu. Misalnya jika saat ini data seluler tak bisa hidup pada jaringan 4G, kamu dapat mencoba mengubahnya ke jaringan 3G.

Apabila ponsel diatur sebagai 4G Only, silakan ubah menjadi 3G Only atau HSPA Only dan kemudian cobalah untuk menghidupkan data seluler kembali.

Memakai jaringan 3G untuk saat ini memang terbilang lambat, itu karena pengguna telah terbiasa dengan jaringan 4G. Jadi selagi menunggu jaringannya normal, silakan memakai jaringan alternatif tersebut, meski lambat namun ponsel tetap terjaga online.

3. Sedang Terjadi Pemadaman Listrik

Pemadaman listrik atau lampu mati dapat menjadi penyebab tersendiri terhadap signal atau jaringan. Dimana jika pemadaman ini berlangsung se-kota, tentunya tower terdekat akan ikut nonaktif dan signal yang didapat biasanya tidak akan kuat.

Ketahui sekali lagi bahwa ini hanya akan terjadi apabila pemadaman listrik terjadi pada banyak wilayah, misalnya satu kota. Jika hanya sebagian wilayah saja, kemungkinan signal yang didapat masih bagus dan bisa digunakan untuk mengakses internet.

Baca juga: Cara Bayar Listrik PLN Online Tanpa Biaya Admin

4. Cek Konfigurasi Akses Poin di Ponsel

Pengaturan akses poin atau APN pada ponsel sangat berpengaruh terhadap data seluler. Jika salah dalam mengaturnya, tentu data seluler tidak akan bisa diaktifkan atau mungkin hanya aktif sebentar dan kemudian tidak aktif lagi.

Kebanyakan ponsel saat ini telah mengatur otomatis APN dari setelan yang disediakan oleh kartu seluler. Namun kamu dapat mengubahnya sendiri sesuai konfigurasi APN sesuai dari kartu seluler yang kamu gunakan. Silakan tanya ke operator terkait konfigurasi tersebut.

Dan untuk mengubah setelan APN, silakan menuju Pengaturan > Kartu Seluler > Nama Poin Akses (APN). Dan selanjutnya silakan tambahkan APN Baru sesuai dari intruksi operator kartu seluler.

5. Sedang Terjadi Trouble pada Kartu Seluler yang Digunakan

Kejadian trouble terhadap kartu seluler mungkin jarang sekali ditemui, tapi tak menutup kemungkinan masalah ini akan terjadi sewaktu-waktu. Sebagai contohnya ketika ada musibah gunung meletus pada sekitar wilayah, alhasil signal akan terganggu dan data seluler tak bisa dihidupkan sementara waktu.

Atau sedang terjadi perbaikan jaringan pada wilayah tertentu dan itu mempengaruhi pada lokasi kamu saat ini. Semua informasi tersebut bisa kamu dapatkan dengan menghubungi operator kartu seluler masing-masing.

Jika memang sedang terjadi trouble, biasanya hal tersebut akan berlangsung beberapa jam saja. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena masalah ini tentunya terjadi juga pada pengguna lain yang menggunakan kartu yang sama.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.