Cara Mengatasi “Sistem Sedang Sibuk” di DANA Wallet

Cara Mengatasi Sistem Sedang Sibuk di DANA Wallet

Setiap kali masuk ke aplikasi dompet DANA, pengguna akan diminta untuk mengetikkan kode PIN untuk memastikan bahwa itu adalah pemilik ponsel sebenarnya. Hal ini juga sama terjadi ketika sedang melakukan transaksi, termasuk mengirim uang ke suatu rekening.

Di aplikasi DANA, kadang terjadi hal-hal yang tak terduga, seperti munculnya pesan “Sistem Sedang Sibuk” ketika hendak masuk atau melakukan transaksi. Kebanyakan orang mengalami hal ini setelah memasukkan kode PIN akunnya.

Tapi tak perlu khawatir, karena normalnya hal ini terjadi karena masalah yang terbilang biasa, jadi ini tidak akan berpengaruh terhadap akun atau transksi yang sedang berjalan. Saldo kamu akan tetap aman dan tidak akan terpotong sama sekali.

Solusi Sistem Sedang Sibuk di Aplikasi DANA

Penyebab biasa yang terjadi dari masalah ini adalah koneksi yang kurang stabil, tapi di lain sisi juga bisa disebabkan karena data dari aplikasi atau bahkan dari kesalahan internal sistem di DANA.

Untuk mengetahuinya pasti dan sekaligus mengatasi masalahnya, berikut ini beberapa solusinya:

1. Cek Konektivitas Internet

Pastikan koneksi internet di ponsel stabil dan lancar. Kamu juga bisa mencoba berganti koneksi internet, misalnya apabila sekarang menggunakan WiFi, silakan berganti ke data seluler. Selain itu matikan jaringan VPN apabila sedang menggunakannya.

Proses masuk dan transaksi di aplikasi DANA selalu membutuhkan koneksi internet dan tidak bisa dilakukan secara offline, jadi dengan menyiapkan koneksi internet yang stabil, pastinya kendala ini akan teratasi dan pengguna dapat masuk atau transaksi aplikasi dengan lancar.

2. Gunakan DNS pada Ponsel

Karena kebanyakan masalah ini disebbakan karena koneksi internet, maka bisa jadi kemungkinan masalahnya ada pada DNS yang sedang digunakan pada ponsel. Karena DNS sendiri bekerja sebagai penghubung atau resolver di internet, jadi ketika menggunakan DNS yang salah, alhasil koneksi internet tak bisa digunakan pada suatu aplikasi.

Di ponsel Android terdapat fitur DNS Pribadi, kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menggunakan DNS yang aktif. Silakan simak cara menggunakannya pada artikel berjudul Cara Menggunakan DNS Pribadi pada Android Pie.

Sementara itu kamu juga bisa memasang aplikasi bernama 1.1.1.1 di Play Store. Itu merupakan aplikasi DNS Pribadi yang disediakan oleh Cloudflare, dan tentunya aman untuk digunakan.

Dan setelah mengaktifkan DNS Pribadi, silakan coba buka kembali aplikasi DANA dan lihat hasilnya.

3. Pasang Ulang Aplikasi DANA

Terjadinya error pada data aplikasi dapat berakibat fatal, walau rata-rata dapat diatasi dengan menghapus data aplikasi, akan tetapi cara paling disarankan adalah memasang ulang aplikasi tersebut.

Jadi silakan hapus atau uninstall terlebih dahulu aplikasi DANA Wallet dan kemudian pasang kembali melalui Play Store.

Menghapus aplikasi tidak akan menghapus akun, jadi tak perlu khawatir dalam melakukannya. Kemungkinan besar masalah sebelumnya disebabkan karena penumpukkan data dari aplikasi DANA versi sebelumnya, atau masalah lain yang menyebabkan data aplikasi bermasalah.

Dan setelah memasang ulang, silakan masuk kembali ke DANA menggunakan nomor yang biasa digunakan.

Baca juga: Cara Mengganti PIN DANA Wallet yang Lupa

4. Terjadi Kesalahan Sementara di Sistem DANA

Siapa sangka jika masalahnya hadir dari sistem DANA itu sendiri. Dan apabila itu terjadi, tentunya pengguna lain juga mengalami hal yang serupa. Kamu dapat bertanya ke teman sekitar yang menggunakan DANA untuk mengetahui apakah mereka juga mendapati pesan “Sistem Sedang Sibuk” tersebut.

Terkait hal ini, pengguna hanya perlu menunggu saja selama beberapa saat sampai masalahnya diperbaiki oleh tim DANA. Normalnya ini hanya berlangsung sebentar, tapi kamu juga bisa bertanya ke layanan support DANA untuk mengetahui lebih lanjut.


Itulah beberapa solusi yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah “Sistem Sedang Sibuk” di aplikasi DANA Wallet. Kebanyakan kasusnya disebabkan karena koneksi internet yang kurang stabil, namun kadang juga bisa terjadi karena data aplikasi yang bermasalah.

Dengan mengikuti beberapa solusi diatas, pasti kamu dapat lagi masuk atau ber-transaksi di DANA tanpa lagi mendapati kendala tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.