Cara Berhenti Berlangganan Pesan Email

Cara Berhenti Berlangganan Pesan Email

Akun email memiliki kegunaan layaknya sebuah nomor ponsel, dimana pengguna bisa mendapatkan pesan terkait hal apapun dari suatu layanan yang sedang digunakan. Misalnya pesan dari sosial media, toko online, dan lain-lain.

Tapi terkadang suatu layanan mengirimkan pesan email terus-menerus dan itu sangat mengganggu terhadap aktivitas. Namun kamu tak perlu khawatir, karena pada kebanyakan provider email memberikan akses bagi pengguna untuk berhenti berlangganan terhadap pesan email sejenis itu, sehingga kamu takkan mendapati lagi pesan yang mengganggu tersebut.

Berhenti Berlangganan pada Pesan Email

Setiap provider email memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukan hal ini. Dan disini akan saya bagikan caranya untuk beberapa provider email yang paling populer, antara lain adalah Gmail, Yahoo, Outlook, dan Protonmail.

Memberhentikan langganan pada suatu pesan email tidak lain adalah mem-filter supaya email tersebut tak lagi muncul pada pesan inbox, sehingga nantinya kamu takkan menadapatkan pemberitahuan ketika ada pesan tersebut karena telah dipindahkan ke folder sampah secara otomatis.

Silakan ikuti langkah-langkahnya sesuai provider email yang kamu gunakan.

Gmail

Gmail memudahkan pengguna untuk langsung memberhentikan langganan terhadap suatu pesan email. Dimana kamu hanya perlu menekan opsi Berhenti Berlangganan terhadap pesan email. Berikut ini cara lengkapnya:

  1. Buka Gmail.
  2. Silakan klik suatu pesan.
  3. Dan kemudian klik pada opsi Berhenti berlangganan.
  4. Dialog akan muncul, silakan lanjutkan klik tombol Berhenti berlangganan.
  5. Kemudian kamu akan dialihkan menuju layanan dari pesan email tersebut untuk mengkonfirmasi terhadap pemberhentian berlangganan.

Apabila sekiranya tidak ada opsi berhenti berlangganan, silakan gunakan opsi Blokir yang terdapat pada menu titik tiga saat membuka pesan. Jadi ketika pesan tersebut diblokir, otomatis kamu takkan mendapatkan pesan lagi dari alamat pengirim tersebut.

Outlook

Layanan email dari Microsoft ini juga menyediakan dua opsi pintar untuk menghilangkan pesan email yang tak diinginkan. Antara lain adalah fitur blokir dan fitur filter (rule). Namun disini saya hanya memberikan cara untuk fitur rule saja karena lebih efektif.

  1. Buka Outlook dan klik pada suatu pesan.
  2. Selanjutnya klik pada opsi titik tiga.
  3. Pilih menu Advanced actions > Create rule.
  4. Dialog akan tampil, pada opsi Create a rule silakan atur sebagai Deleted Items.
  5. Klik tombol OK, dan selesai.

Kini pesan email yang diterima dari alamat pengirim tersebut takkan lagi masuk ke folder Inbox, karena akan langsung dipindahkan ke folder Sampah secara otomatis. Dan tentunya kamu takkan mendapati pemberitahuan lagi terhadap pesan tersebut di perangkat.

Yahoo

Pada Yahoo memiliki cara yang nyaris sama seperti di Gmail, selain itu terdapat pula fitur untuk memblokir apabila sekiranya opsi untuk berhenti berlangganan tidak tersedia pada jenis pesan tersebut.

  1. Akses Yahoo dan buka suatu pesan.
  2. Klik pada opsi Unsubscribe.
  3. Dialog akan muncul, silakan klik tombol Unsubscribe.

Biasanya ketika melakukan cara diatas, perlu setidaknya beberapa saat sampai pesan sejenis itu benar-benar tidak diterima lagi. Tapi rata-rata hanya perlu menunggu 24 jam dan pengaturan berhenti berlangganan pada email tersebut akan aktif.

Protonmail

Jika kamu menggunakan Protonmail, disana tersedia opsi untuk mem-filter pesan yang mana fiturnya lebih advanced. Sehingga kamu bisa membatasi pesan yang diterima berdasarkan alamat pengirim, subjek, atau file (attachment).

  1. Buka Protonmail dan klik pada salah satu pesan.
  2. Kemudian klik opsi Filter, atau bisa juga tekan tombol F pada keyboard.
  3. Lalu dialog akan tampil, silakan pilih Sender dan kemudian Next.
  4. Kamu akan diminta untuk membuat nama untuk filter tersebut, silakan isi terserah, misalnya filterku.
  5. Selanjutnya tambahkan alamat email yang ingin di-filter, dan klik tombol Insert kemudian Next.
  6. Pada opsi Move to, silakan pilih sebagai Trash.
  7. Tahap terakhir, klik tombol Save untuk menerapkan filter tersebut.

Cara ini hanya untuk membatasi berdasarkan alamat email saja, tapi kamu juga bisa kok menambahkan berdasarkan subjek atau isi pesan supaya lebih akurat dalam memfilter pesan tersebut.


Baca juga: Cara Mengatasi Pesan Email Telat Masuk

Hanya itu saja beberapa cara untuk berhenti berlangganan pesan email. Pastikan kamu mengikuti caranya sesuai dari provider email yang sedang digunakan sekarang. Dan apabila sekiranya kamu mengalami kesulitan, langsung saja berkomentar pada kolom dibawah untuk mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.