Penyebab Pesan Email Gagal Terkirim

Penyebab Pesan Email Gagal Terkirim

Proses pengiriman pesan email pada dasarnya berlangsung sangat cepat layaknya mengirim pesan SMS. Hanya perlu beberapa detik pesan tersebut sampai ke alamat tujuan. Akan tetapi terdapat hal-hal yang menyebabkan pesan email gagal terkirim, sehingga penerima tak pernah mendapati pesan tersebut.

Ketika gagal mengirimkan pesan, rata-rata pengguna akan mendapatkan balasan dari provider email yang digunakan, bahwa pesan email yang dikirimkan tidak berhasil. Tentunya terdapat penyebab tersendiri mengapa pesan email tak bisa berhasil terkirim, dan disini akan saya bagikan beberapa dari itu.

Beberapa Penyebab Pesan Email Gagal Terkirim

Ada sekitar 4 hal yang menjadi penyebab kenapa pesan email gagal terkirim. Jika kamu mengalami masalah yang serupa, dengan mengetahui penyebabnya akan dapat dengan mudah untuk menyelesaikan masalahnya.

1. Akun Email Penerima Tidak Terdaftar

Alamat email yang kamu coba kirimi pesan mungkin sudah tidak berfungsi atau memang tidak sedang terdaftar. Tapi kamu bisa mencoba beberapa saran, yaitu mengecek alamat tersebut sudah benar atau belum.

Kesalahan sedikit dalam menuliskan alamat email dapat berdampak besar terhadap pengiriman. Contohnya terdapat tanda titik pada alamat, tanda spasi, tanda kutip, dan lain-lain. Jadi silakan cek secara teliti dan mencoba untuk mengirim pesan kembali.

2. Kesalahan Pengaturan SMTP pada Email Penerima

Mengatur SMTP dengan benar sangat diperlukan untuk bisa mengirim dan menerima pesan email tanpa ada masalah. Dalam kasus ini, saya asumsikan pengaturan SMTP pada layanan email yang kamu gunakan tidak memiliki kesalahan, sehingga masalah ini terjadi pada email penerima.

Untuk mengetahui dengan pasti, cobalah untuk mengirim pesan ke alamat email lain untuk mengetahui masalahnya dari sisi kamu atau tidak. Jika mengirim ke email lain berhasil, berarti memang terjadi kesalahan pengaturan SMTP di email penerima atau justru merujuk ke penyebab nomor 1 diatas.

3. Penyimpanan Pesan Email Penuh

Ketika kamu menggunakan provider email semacam Gmail atau Outlook, terdapat batasan penyimpanan terhadap setiap akun. Jika kamu melebihi batasan tersebut, memungkinkan kamu takkan bisa mengirim atau menerima pesan lagi.

Solusi untuk hal ini adalah membersihkan pesan email yang tidak lagi dibutuhkan. Khususnya pesan yang berisi file dengan ukuran besar didalamnya, karena itu dapat dengan cepat menghabiskan ruang penyimpanan pada akun.

Baca juga: Cara Mengatasi Pesan Email Telat Masuk

4. Pesan yang Dikirimkan Terindikasi Sebagai Spam

Provider email yang kamu gunakan memiliki sistem yang dapat mendeteksi apakah pesan yang akan kamu kirimkan merupakan spam atau tak bermutu sehingga itu tidak diteruskan ke penerima. Biasanya hal ini disebabkan karena terdapat isi pada pesan yang merujuk pada tingkat/jenis spam.

Contohnya terdapat teks dengan kata yang mengulang terus-menerus dan mencurigakan, lalu bisa saja dari tautan atau link yang kamu masukkan pada isi pesan. Bahkan selain ini pun juga bisa disebabkan karena kamu menuliskan banyak penerima pesan pada kolom Cc atau Bcc.

Itu saja beberapa penyebab yang menjadi faktor utama mengapa pesan email gagal terkirim. Selain diatas juga terdapat beberapa hal sepele yang dapat mengakibatkan masalah ini, salah satunya adalah karena konektivitas internet terganggu, sehingga pesan yang akan kamu kirimkan masih berada di draft.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.