≡ Menu

Cara Mengatasi Pesan Email Telat Masuk

Cara Mengatasi Pesan Email Telat Masuk

Semua orang yang memiliki smartphone pastilah memiliki akun email. Kebanyakan dari mereka menggunakan layanan email dari Google, yaitu GMail. Tapi adapula yang menggunakan layanan lain seperti Yahoo Mail, atau Microsoft Outlook.

Sebuah akun email sangatlah penting, karena itu merupakan jantung untuk segala akun sosial media yang kamu gunakan saat ini. Bisa digunakan pula untuk memulihkan suatu akun yang lupa kata sandi, atau mendaftar ke sebuah situs. Istilahnya itu merupakan identitas penting yang harus dijaga.

Satu hal yang kadang terjadi pada akun email adalah terjadinya keterlambatan pesan yang masuk. Hal ini biasanya mengacu pada konektivitas jaringan, akan tetapi selain itu juga ada hal lain yang menyebabkannya. Dan artikel ini akan menjelaskan tuntas bagaimana supaya segala pesan email cepat masuk.

1. Aktifkan Sinkronisasi Otomatis Terhadap Email

Dari banyaknya kasus, hal pertama ini yang paling sering ditemui. Yakni mereka lupa tidak mengaktifkan sinkronisasi otomatis sehingga pesan email telat masuk. Berbeda jika sinkronisasi otomatis ini diaktifkan, maka pesan email yang datang akan langsung diterima saat itu juga.

Untuk mengaktifkan sinkronisasi otomatis, silakan baca pada artikel Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Email di Android. Sementara untuk pengguna komputer, silakan baca pada solusi berikutnya dibawah ini.

2. Aktifkan Notifikasi pada Website Email

Saat kamu membuka akun email melalui website, biasanya website tersebut meminta browser untuk mengizinkan notifikasi. Dengan mengaktifkannya, kamu akan selalu mendapatkan pemberitahuan yang masuk ketika ada pesan email yang baru.

Jadi, pastikan sekali lagi bahwa kamu sudah mengizinkan notifikasi website email tersebut. Ini sama halnya layaknya mengaktifkan sinkronisasi otomatis, hanya saja berlaku untuk browser dan cocok untuk pengguna komputer. Berikut ini contoh perizinan notifikasi yang diminta oleh website email:

Mengaktifkan Notifikasi Layanan Email

3. Memberi Filter Terhadap Alamat Email

Segala layanan email hanya akan memberikan notifikasi terhadap pesan yang masuk pada folder Inbox, sedangkan pesan yang kamu harapkan barangkali masuk ke folder SPAM, sehingga tidak ada notifikasi terkait pesan email tersebut dan seolah tidak pernah terkirim.

Solusinya adalah memberikan filter whitelist terhadap alamat email pengirim. Supaya pesan dari alamat email yang difilter takkan lagi masuk ke folder SPAM.

Jika kamu memakai GMail, itu bisa diatur pada Settings > Filters and Blocked Addresses dan kemudian buatlah filter baru. Sementara untuk layanan email lainnya silakan cari tutorial untuk melakukan whitelist email di Google.

Memberi Filter Whitelist di GMail
Memberi Filter Whitelist di GMail

4. Ganti Layanan Email

Tidak semua layanan email itu sempurna. Sebagian dari mereka kadang memang telat untuk menerima pesan. Entah apakah itu dari servernya atau hal yang lain. Tapi disini Saya lebih menyarankan untuk menggunakan antara GMail dan Outlook.

GMail dan Outlook merupakan layanan email yang telah beroperasi sangat lama dan tentunya kualitasnya sangat terjamin. Bukan berarti menjelekkan layanan email yang lain, namun Saya hanya menyarankan layanan email yang paling terbaik sampai saat ini.


Dan satu hal lagi, pesan email akan diterima tepat waktu selama kondisi jaringan kamu stabil. Normalnya layanan email melakukan sinkronisasi beberapa detik ke server mereka untuk mengecek adanya pesan baru. Dan tenang saja, kuota akan tetap aman. Karena itu hanya ibarat melakukan ping dengan mengirim paket yang sangat kecil tidak sampai 1KB.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment