≡ Menu

Cara Cepat Menghapus Seluruh Pesan di Gmail

Cara Cepat Menghapus Seluruh Pesan di Gmail

Pesan email pada dasarnya cepat bertambah meski jarang sekali digunakan. Rata-rata pesan tersebut hadir akibat pengguna mengaktifkan langganan pada situs tertentu, contohnya Facebook, Instagram, Youtube, dan lain-lain.

Saat ini Gmail telah menyediakan akses gratis 15GB untuk penyimpanan email dan lain-lain. Walau pesan email pada dasarnya tidak memiliki ukuran yang begitu besar, tapi seiring banyaknya pesan yang semakin menumpuk, pasti total ukurannya akan menjadi sangat besar.

Jika kamu menginginkan untuk menghapus seluruh pesan email di Gmail, hal tersebut tidaklah mustahil. Disana tersedia opsi untuk menghapus seluruh email, hanya saja opsi tersebut memang sedikit tersembunyi.

Tutorial Menghapus Semua Pesan di Gmail

Cara yang dibagikan disini menggunakan opsi Seleksi Semua untuk menghapus seluruh pesan. Opsi tersebut pada dasarnya hanya memilih 50 pesan saja yang diseleksi, tapi sebenarnya kamu bisa kok langsung menyeleksi semua pesan dan kemudian dihapus.

  1. Buka Gmail.
  2. Klik pada folder Semua Email.

    Klik Folder Semua Email

  3. Kemudian klik opsi Tandai Semua.

    Klik Opsi Tandai Semua Pesan

  4. Lalu klik pada opsi Pilih 6.358 percakapan di Semua Email seluruhnya.

    Menghapus Seluruh Email di Gmail

  5. Setelah itu klik pada ikon Hapus.

    Hapus Semua Pesan Email di Gmail

  6. Jika sudah terhapus, silakan menuju menu Sampah dan lakukan kembali persis seperti langkah ke-3 diatas.

Sebagai contoh diatas, saya memiliki total 6.358 pesan, mungkin milik kamu bisa saja lebih banyak dari itu. Dan proses penghapusan biasanya sangat cepat, tidak sampai 10 detik. Setelah itu seluruh pesan itu akan dipindahkan ke sampah.

Saya juga menyarankan untuk menghapus seluruh pesan tersebut yang masuk pada folder Sampah supaya semua pesan itu benar-benar terhapus secara permanen dan dapat membebaskan ruang penyimpanan lebih banyak.

Menghapus Seluruh Pesan pada Folder Tertentu

Jika kamu hanya ingin menghapus pada folder tertentu, itu juga bisa kok. Di Gmail sendiri telah disediakan beberapa folder/label sistem, antara lain Sosial, Promosi, Update, dan Forum. Proses untuk menghapusnya sama seperti diatas.

Saya sangat menyarankan untuk menghapus pesan di folder Promosi, karena kadang banyak sekali pesan-pesan iklan yang masuk kesana yang saya rasa tidak terlalu penting untuk disimpan.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Kesimpulan

Gmail pada dasarnya telah menyediakan opsi pintar untuk menghapus seluruh pesan dengan cepat. Tapi pastikan terlebih dahulu bahwa kamu benar-benar ingin untuk menghapus itu. Dan tutorial diatas bermaksud untuk menghapus keseluruhan pesan, jadi silakan pikir-pikirkan terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap