Penyebab Akun Protonmail Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Akun Protonmail Tidak Bisa Dibuka

Jika dihitung, saat ini terdapat puluhan layanan email yang bisa digunakan oleh pengguna di internet. Ada yang gratis, adapula yang berbayar, dan tentunya setiap layanan email tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Seperti Protonmail, layanan tersebut telah ada sejak lama dan peminatnya pun juga banyak. Akan tetapi ada satu hal yang rata-rata jarang terjadi di layanan email lainnya, yakni akun yang tak dapat dibuka secara tiba-tiba.

Perlu diketahui bahwa Protonmail memiliki sistem anti-fraud yang tinggi, jadi apabila terdapat suatu pengguna yang melanggar ketentuan tersebut, khususnya mendaftar banyak akun sekaligus, maka seluruh akunnya berpotensi ditutup.

Apa Saja Penyebab Akun Protonmail Tak Bisa Dibuka?

Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini terjadi, dan pastinya ini meliputi masalah kebijakan layanan yang dilanggar oleh pengguna. Jadi apabila kamu mengalaminya juga, maka silakan lihat beberapa hal ini, supaya nantinya kamu dapat menghindarinya dan akun email tetap aman dan aktif.

1. Membuat Akun Email Terus Menerus

Satu hal yang paling banyak dilakukan oleh beberapa orang adalah membuat akun email ganda. Jika itu 2 atau 3 saja mungkin tak ada masalah, tapi jika dilakukan secara terus-menerus, pastinya hal ini akan membuat seluruh akun kamu berimbas dibatasi dan tak bisa masuk lagi.

Jadi apabila kamu ingin memiliki banyak akun email, saya sarankan untuk mendaftar di berbeda layanan email. Alias tidak hanya menetap di satu layanan Protonmail saja. Bahkan di layanan email lainnya pun juga sama, yaitu melarang keras aktivitas pembuatan akun email secara terus-menerus.

2. Akibat Mendaftar Akun Protonmail Menggunakan VPN

VPN memang bertujuan untuk melindungi privasi setiap pengguna di internet, akan tetapi rata-rata setiap layanan VPN memberikan IP Shared, yakni alamat IP yang dipakai bersama-sama dengan orang lain. Berbeda jika dedicated yang hanya ditujukan untuk satu pengguna saja.

Kita tidak tahu jika mereka yang menggunakan VPN sama atau dengan IP yang sama telah mendaftar akun di Protonmail. Dan seperti yang saya katakan diatas tadi, jika Protonmail memiliki sistem anti-fraud tinggi, sehingga apabila satu alamat IP digunakan untuk mendaftar berkali-kali, maka memungkinkan akun kamu tak dapat dibuka sewaktu-waktu.

Jadi cara paling aman adalah mendaftar menggunakan jaringan lokal, tanpa memakai VPN. Lagipula Protonmail tidak akan melakukan kejahatan terkait jaringan kamu, dan mereka hanya merekam alamat IP hanya untuk keperluan sistem anti-fraud saja.

Baca juga: Cara Berhenti Berlangganan Pesan Email

3. Mengirim Pesan SPAM Berulang Kali

Aktivitas SPAM atau mengirim pesan email berulang kali ke banyak penerima merupakan pelanggaran dan memang sepantasnya untuk diblokir akunnya. Karena hal tersebut memang meresahkan dan pada umumnya seluruh layanan email memang melarang aktivitas tersebut.

Jika sebelumnya akun kamu diblokir dan tak bisa dibuka akibat masalah ini, maka sebaiknya untuk tidak melakukannya lagi.

Mengatasi Akun Protonmail Tak Bisa Dibuka

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah menghubungi pihak Protonmail pada alamat email berikut ini.

[email protected]

Tentunya mereka akan meminta kamu untuk melakukan verifikasi identitas untuk meng-konfirmasi bahwa itu merupakan akun kamu. Hal ini memang wajib dilakukan apabila kamu benar-benar ingin akun tersebut kembali dibuka lagi.

Tapi jika kamu merasa akun tersebut tidak penting, maka biarkan saja dan buatlah akun email yang baru di layanan lainnya. Dan yang terpenting, hindari beberapa hal diatas yang menjadi penyebab akun ditangguhkan, meski diluar akun Protonmail sekalipun untuk menghindari kejadian yang sama.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.