Aplikasi Youtube Music Desktop untuk Windows dan Linux

Aplikasi Youtube Music Desktop untuk Windows dan Linux

Tahukah kamu jika Youtube juga menyediakan fitur khusus untuk mendengarkan musik dengan mudah dan nyaman. Fitur tersebut dinamai sebagai Youtube Music dan telah memiliki halaman tersendiri, alias terpisah dari halaman utama Youtube.

Dan untuk saat ini aplikasi Youtube Music hanya tersedia pada perangkat ponsel saja. Sehingga bagi pengguna desktop hanya dapat menikmatinya melalui browser saja. Akan tetapi sebenarnya ada lho aplikasi unofficial yang bisa digunakan untuk memutar Youtube Music tanpa perlu membuka browser.

Walaupun bukan resmi, namun aplikasi tersebut sangat bagus dan bekerja layaknya pemutar musik pada umumnya. Terlebih lagi aplikasi ini open source dan bisa kamu build secara manual. Dan nama dari aplikasinya adalah YTMDesktop.

Download Youtube Music Desktop

Aplikasi YTMDesktop atau singkatan dari Youtube Music Desktop ini gratis dan bekerja layaknya sebuah browser portable yang ringan. Jadi memakai aplikasi ini sama halnya seperti membuka music player seperti biasanya. Tampilannya sama seperti di halaman Youtube Music, akan tetapi terdapat beberapa tambahan fitur.

Untuk mengunduhnya, silakan menuju website YTMDesktop, atau bisa juga melalui Github.

Proses instalasi aplikasinya sangatlah cepat, hanya sekali klik dan aplikasi terbuka dan kemudian masukkan akun Google untuk melanjutkan. Setelah itu kamu bisa membuka playlist yang pernah disimpan di Youtube sebelumnya dan memulai untuk memutar musiknya.

Kelebihan dari Aplikasi YTMDesktop

Ada banyak kelebihan yang dihadirkan pada aplikasi ini yang akan membuat kamu semakin nyaman dalam menggunakannya. Kelebihan tersebut adalah fitur tambahan yang belum ada di halaman Youtube Music sebelumnya. Jadi memakai aplikasi ini serasa kamu menjadi pengguna premium karena memiliki fitur yang lebih banyak dari normalnya.

Berikut ini beberapa fitur yang ada di YTMDesktop:

  • Lirik lagu
  • Notifikasi
  • Kontrol media melalui taskbar
  • Putar musik di latar belakang
  • Miniplayer
  • Ubah warna
  • Kustomisasi Shortcut
  • Remote Kontrol
  • Pembaruan otomatis

Mungkin kedepannya akan tersedia lebih banyak fitur lagi, bahkan menurut saya fitur diatas sudah cukup untuk keperluan memutar musik dengan nyaman. Dan satu kekurangan menurut saya hanyalah ukuran aplikasi yang mencapai sekitar 300 MB setelah instalasi selesai. Jika itu sedikit dikecilkan, maka itu akan lebih bagus lagi.

Baca juga: Cara Dapatkan Spotify Premium Gratis

Kesimpulan

YTMDesktop merupakan aplikasi gratis yang dibuat untuk pengguna untuk memutar musik lebih cepat dan mudah tanpa harus membuka browser terlebih dahulu. Aplikasi ini ringan untuk dijalankan, hanya saja memiliki ukuran yang cukup besar untuk sebuah pemutar musik.

Aplikasi YTMDesktop tidak memiliki kaitan apapun terhadap Youtube dan Google, atau dengan maksud aplikasi ini tidak resmi. Walaupun begitu YTMDesktop aman untuk digunakan dan bahkan pengguna bisa mengecek keamanan dari aplikasi ini dari kode source yang dibagikan pada Github.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.