Mengatasi Youtube Ada Masalah dengan Server 503

Mengatasi Youtube Ada Masalah dengan Server 503

Masalah yang terjadi di Youtube memang sangat jarang terjadi, namun bukan berarti itu tidak bisa terjadi. Adapun suatu kendala yang kadang muncul, hanya saja itu bersifat sementara, sebagai contohnya video Youtube tidak bisa diputar dan muncul notif di layar.

Sementara itu adapun masalah lain yang cukup fatal, dimana halaman Youtube tak dapat diakses sama sekali. Sehingga di halaman tersebut muncul peringatan “Ada Masalah dengan Server (503)“. Pada umumnya masalah tersebut terjadi dari server Youtube itu sendiri.

Untuk memastikannya lagi, kamu bisa mencoba mengakses halaman Youtube melalui perangkat lain dengan jaringan yang berbeda juga. Jika itu bisa diakses, memungkinkan kendalanya hanya pada perangkat kamu saja. Dan untuk mengatasi hal ini, ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

Solusi Muncul Notif “Ada Masalah Server 503” di Youtube

Walau secara normal kendala ini terjadi dari server Youtube itu sendiri, namun adapun hal lain yang menyebabkan ponsel masih tak bisa membuka halaman Youtube. Salah satunya seperti berkas cache yang masih melekat di browser, jaringan yang memblokir server, dan sebagainya.

Tapi kamu tak perlu khawatir, sebab di artikel ini akan dijelaskan beberapa cara ampuh untuk mengatasinya. Silakan ikuti langkah-langkahnya mulai dari yang pertama dibawah ini.

1. Hapus Cache di Browser atau Aplikasi

Berkas cache berguna untuk mempercepat kinerja dalam mengakses halaman. Berkas tersebut akan terus ada sampai batas waktu yang telah ditetapkan oleh server. Saat ini berkas cache bisa tersimpan baik itu di browser maupun aplikasi Youtube yang kamu gunakan.

Jika berkas cache tidak terhapus, memungkinkan halaman yang kamu akses akan tetap sama dan tidak diperbarui. Jadi solusinya adalah menghapus cache tersebut baik itu di browser atau aplikasi Youtube.

2. Ganti DNS pada Perangkat

DNS memiliki kegunaan sebagai resolver sebelum mengakses penuh ke suatu situs. Dan menggunakan DNS yang terpercaya memungkinkan kamu takkan mengalami masalah ketika mengakses internet.

Cobalah untuk menggunakan DNS lain, sebagai contohnya 1.1.1.1 yang disediakan oleh Cloudflare, atau 8.8.8.8 yang disediakan oleh Google. Atau bisa juga dengan menerapkan DNS Over HTTPS pada setelan browser.

3. Ganti Jaringan Internet yang Digunakan

Siapa sangka jaringan internet yang kamu pakai saat ini sedang memblokir halaman Youtube, tentunya itu akan menghambat perangkat untuk bisa mengakses Youtube dengan benar, sehingga notif masalah server akan tampil pada layar.

Jadi cobalah untuk berganti jaringan internetnya. Contohnya apabila saat ini menggunakan WiFi, cobalah memakai data seluler, dan sebaliknya.

Kebanyakan hal ini terjadi pada jaringan WiFi, dimana pemilik router memblokir akses ke website Youtube untuk alasan pribadi.

4. Masuk Ulang ke Akun Google

Masalah ini lebih sering ditemui pada aplikasi Youtube dan bukan halaman website. Jadi cobalah untuk re-login atau masuk ulang ke akun Google. Itu tidaklah sulit untuk dilakukan.

Jadi pertama-tama silakan logout dari seluruh akun Google yang ada di perangkat, kemudian masuk kembali dengan satu akun Google yang biasa dipakai. Nantinya pasti aplikasi Youtube akan ter-refresh dengan konten yang sesuai dengan akunnya.

Selain itu, pastikan juga aplikasi Youtube yang digunakan berada di versi terbaru. Karena di versi lama memungkinkan kurangnya kompatibilitas terhadap perangkat.

Baca juga: Aplikasi Youtube Music Desktop untuk Windows dan Linux

5. Kesalahan dari Server Youtube

Apabila seluruh cara diatas sudah kamu lakukan namun masih tetap menerima notif yang sama pada layar, maka Saya pastikan kendalanya terjadi dari server Youtube itu sendiri. Biasanya hal ini hanya berlangsung sementara saja.

Untuk memastikannya lagi, cobalah untuk bertanya pada teman-teman, apakah mereka juga tidak dapat mengakses Youtube? Jika benar begitu, maka kendalanya memang dari server Youtube dan kamu cukup menunggu saja sampai itu normal kembali.


Terakhir kali masalah ini terjadi, hampir seluruh produk Google tak bisa diakses. Tapi masalah seperti itu juga kadang tampil pada Youtube Studio, ketika proses upload video. Tapi sekali lagi saya katakan bahwa itu sangat jarang terjadi.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.