Review Fitur dan Kelebihan dari Amazon Music

Review Fitur dan Kelebihan dari Amazon Music

Sudah pernah tahu belum tentang Amazon Music? Itu merupakan layanan streaming musik seperti Spotify yang menyediakan segelintir lagu dari penyanyi di seluruh dunia. Bagi seseorang yang ingin membeli layanannya, mungkin akan mencari tahu lebih lanjut terkait fitur-fiturnya, dan di sini akan saya bahas mengenai itu berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Jadi sudah sekitar setengah tahun saya menggunakan Amazon Music untuk keperluan mendengarkan lagu. Walau pada dasarnya bagian terbaik dari menggunakan layanan ini adalah terbantu dari Alexa (robot asisten Amazon), akan tetapi saya tidak pernah memakainya karena Alexa belum tersedia Bahasa Indonesia.

Tapi itu tidak menjadi masalah selama Amazon Music memiliki keseluruhan fitur yang saya butuhkan. Dan di sini saya ingin menjelaskan beberapa fitur dan kelebihan yang ada di aplikasi tersebut, baik itu di ponsel ataupun di komputer.

Fitur dan Kelebihan pada Amazon Music

1. Musik Lengkap di Seluruh Dunia

Amazon Music menyediakan banyak lagu di seluruh dunia, baik itu penyayi populer ataupun tidak. Dan tak cuma itu saja, beberapa lagu semacam soundtrack dari film-film populer juga dapat ditemui.

Jika dibandingkan dengan Spotify, ketersediaan lagu terbilang nyaris sama banyaknya, karena pada saat proses pemindahan lagu dari Spotify ke Amazon Music yang melibatkan ratusan lagu dan menggunakan layanan TuneMyMusic, hanya 5 lagu saja yang tidak dipindahkan karena tidak tersedia.

2. Dukungan Lirik pada Sebagian Lagu

Memahami lagu lebih dalam dapat terbantu dengan mudah dengan adanya lirik. Dan di Amazon Music, beberapa lagu telah mendapat dukungan lirik secara akurat. Jika ingin melihat lirik di aplikasi desktop, silakan untuk membuka aplikasi dalam tampilan penuh, sebab lirik akan tampil di sebelah kanan.

Dan untuk mengetahui apakah suatu lagu memiliki dukungan lirik, itu tersedia di bawah judul lagu dengan badge LYRICS seperti berikut ini:

Lirik pada Lagu di Amazon Music

3. Download Playlist untuk Penggunaan Offline

Playlist yang kamu simpan dapat di-download secara keseluruhan untuk didengarkan secara offline. Karena dalam kondisi tertentu mungkin akses internet tidak tersedia, tapi kamu masih dapat memutar lagu pada saat itu juga.

Download Playlist untuk Pemutaran Offline

Atau kamu juga bisa hanya men-download beberapa lagu saja, alias tidak seluruh playlist. Caranya pun sangat mudah, cukup klik tombol opsi titik tiga dan setelah itu klik menu Download dan tunggu prosesnya berjalan.

4. Podcast

Hampir seluruh layanan streaming musik kini juga menyediakan fitur podcast. Jadi podcast itu sendiri merupakan sebuah program semacam radio yang memiliki banyak topik untuk dibahas, baik itu cerita rakyat, hiburan, horror, dan lain sebagainya.

Fitur Podcast pada Amazon Music

Podcast biasanya terdiri dari beberapa episode yang dapat kamu putar satu-per-satu. Jadi sudah paham kan tentang Podcast? Di Amazon Music tersedia Podcast yang terus diperbarui, namun kebanyakan itu menggunakan Bahasa Inggris.

5. Mendukung Banyak Perangkat

Semua perangkat yang kamu miliki dapat terpasang Amazon Music, mulai dari ponsel, komputer, dan laptop. Jadi tidak ada batasan untuk menggunakan Amazon Music, alias segala perangkat dapat berfungsi sama dan memiliki fitur yang sama di dalamnya.

6. Kualitas Lagu yang Bisa Dipilih

Jika tadi saya membahas tentang Spotify untuk keperluan perbandingan, sekarang saya beralih ke Tidal. Tepatnya di fitur kualitas lagu yang disediakan. Pada Amazon Music, tersedia beberapa jenis kualitas lagu yang dapat langsung dipilih pada saat lagu itu diputar.

Mulai dari kualitas Data Saver (Hemat Data), Standar, HD, sampai Ultra HD dan 360 Reality Audio. Sebagian kualitas hanya tersedia pada paket tertentu, contohnya 360 Reality Audio hanya tersedia di paket Unlimited.

Kualitas Lagu yang Tersedia pada Amazon Music

Lalu apa hubungannya dengan Tidal? Karena di layanan tersebut memiliki fitur untuk memilih lagu dengan kualitas Hi-Fi (Ultra HD) selama tersedia, dan di Amazon Music pun juga sama. Tentunya ini menjadi poin tambahan bagi Amazon Music untuk menjadi pilihan.

7. Tersedia Akses Uji Coba Gratis

Yang terakhir adalah adanya fitur uji coba gratis selama 30 hari. Hampir seluruh layanan streaming musik selalu menyediakan akses ini untuk memastikan pengguna nyaman atau tidak dalam menggunakan layanannya, sehingga pada akhirnya ia bisa menentukan ingin membatalkan atau meneruskan langganan.


Cukup itu saja beberapa fitur dan kelebihan yang bisa saya bagikan tentang Amazon Music. Artikel ini dibuat semata-mata berdasarkan pengalaman dan tidak ada unsur periklanan atau afilasi, jadi review ini 100% dari pengalaman saya sendiri.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *