Cara Mengatur Kecerahan pada Always On Display di Samsung

Cara Mengatur Kecerahan pada Always On Display di Samsung

Always On Display (AOD) merupakan fitur yang tersedia di sebagian ponsel Samsung untuk membuat layar tetap hidup dengan tampilan khusus, seperti jam dan notifikasi. Walaupun layar tak pernah mati, hal ini tidak akan berpengaruh terhadap baterai.

Pada dasarnya fitur AOD ini dinonaktifkan, tetapi pengguna dapat mengaktifkannya melalui pengaturan. Dan sebenarnya ada beberapa pengaturan yang bisa disetel, seperti mengubah tampilan, gambar, atau bahkan kecerahan layar pada mode AOD.

Kecerahan layar pada mode AOD pada umumnya diatur sebagai sedang, tapi kamu bisa menyetelnya sesuka hati melalui pengaturan. Dan pada artikel ini akan saya bagikan langkah mudah untuk melakukannya.

Mengatur Kecerahan Always On Display pada Samsung

Kecerahan AOD berbeda dengan kecerahan layar yang biasa digunakan, alias ini hanya akan mempengaruhi di tampilan AOD saja. Berikut ini tata cara untuk mengatur kecerahan tersebut:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk menu Kunci Layar.

    Ketuk Menu Kunci Layar

  3. Selanjutnya ketuk pada menu Always On Display.

    Ketuk Menu Always On Display

  4. Lalu gulir kebawah dan temukan bagian Kecerahan.

    Mengatur Kecerahan Always On Display di Samsung

  5. Geser ke kiri atau ke kanan untuk mengatur kecerahan.

Apabila tidak bisa menggeser setelan kecerahannya, pastikan bahwa saat ini kamu tidak sedang mengaktifkan kecerahan otomatis. Jadi silakan matikan terlebih dahulu fitur kecerahan otomatis tersebut dan setelah itu aturlah secara manual.

Tentunya setelan akan langsung berpengaruh tanpa perlu me-restart ponsel. Jadi setelah mengubahnya, kamu bisa langsung mengetahui hasilnya dengan cara mengunci layar ponsel dan menunggu sekejap hingga AOD tampil.

Baca juga: Begini Cara Mengganti Tema di HP Samsung Galaxy

Tips Mengatur Kecerahan AOD

Sebagai tambahan, disini saya hanya memberikan sedikit tips supaya ponsel kamu dalam keadaan baik, khususnya pada bagian layar.

Pada dasarnya tak ada masalah meski kamu mengatur kecerahan terlalu terang selama AOD tersebut tidak selalu tampil, alias hilang dalam beberapa menit. Tetapi jika mengatur kecerahan terlalu terang pada AOD yang selalu aktif, pastinya ini akan berpengaruh buruk terhadap layar.

Meski tampilan AOD gelap, namun ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan layar ketika kamu memaksimalkan kecerahannya. Jadi sebagai saran, atur sewajarnya atau gunakan fitur kecerahan otomatis supaya AOD tetap dapat terlihat pada segala kondisi cahaya.

Selain itu konsumsi baterai juga akan terasa ketika kecerahan diatur lebih terang, namun apabila diatur sebagai sedang atau lebih redup, pastinya konsumsi daya baterai takkan berpengaruh banyak.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.