Tutorial Mining Bitcoin di Nicehash untuk Pemula

Tutorial Mining Bitcoin di Nicehash untuk Pemula

Nicehash adalah layanan yang menyediakan platform untuk menambang bitcoin dan juga membeli hashrate untuk keperluan penambangan atau mining koin. Saat ini ada banyak sekali pengguna yang memakai Nicehash untuk menambang bitcoin, dan masih terus bertambah.

Apa yang membuat Nicehash ini terbaik adalah mereka memiliki server yang stabil, sehingga aktivitas mining dapat terus berjalan tanpa ada masalah sedikitpun. Terlebih lagi setiap pengguna dipermudah dengan memilih algoritma sesuai yang diinginkan atau memilih otomatis algoritma koin yang memungkinkan memiliki profitabilitas tinggi.

Melakukan mining di Nicehash dapat di-monitor melalui dashboard. Bahkan pengguna juga bisa mengontrol aktivitas para miner, sebagai contohnya adalah mematikan semua miner atau menghidupkannya. Jadi kamu dapat melakukan hal tersebut secara jarak jauh melalui dashboard Nicehash.

Bagaimana Cara Mining di Nicehash?

Pada dasarnya melakukan mining di Nicehash sangatlah mudah, dan ada dua cara dalam melakukannya. Pastinya yang perlu kamu siapkan adalah perangkat untuk menambang, bisa itu berupa CPU atau GPU. Dan berikut ini kedua cara tersebut.

1. Menggunakan Program Nicehash QuickMiner

Nicehash memberikan program khusus untuk mempermudah setiap pengguna dalam menambang di komputer. Program ini dapat diunduh secara gratis pada Halaman Download QuickMiner. Dan kemudian silakan pasang program tersebut dan buka.

Pada saat membuka programnya, kamu akan diminta untuk memasukkan kredensial login persis seperti yang kamu gunakan untuk masuk di website Nicehash. Dan setelah itu kamu dapat memulai untuk proses mining dengan meng-klik tombol Start berwarna hijau.

Memakai Program Nicehash QuickMiner

QuickMiner akan mendeteksi secara otomatis algoritma apa yang memiliki keuntungan paling besar terhadap perangkat GPU/CPU yang kamu pakai saat ini. Namun kamu juga bisa mengubah algoritma tersebut secara manual didalam setelan program.

2. Memakai Program Miner Lainnya

Nicehash juga memberikan kebebasan untuk menambang memakai program miner lain, seperti Claymore, Xmrig, dan sebagainya. Itu karena Nicehash menyediakan server stratum khusus yang bisa kamu temukan di halaman stratum Nicehash.

Halaman Stratum Nicehash

Cukup pilih algoritma dan juga server lokasinya, dan setelah itu alamat stratum akan disiapkan dan dapat kamu gunakan untuk menambang menggunakan program miner lain.

Oh iya, di beberapa program miner, terkadang memiliki protokol tersendiri untuk Nicehash. Jadi ini tidak sama dengan pool lainnya yang rata-rata menggunakan stratum proxy. Sedangkan Nicehash ini sedikit berbeda. Dan apabila salah dalam mengaturnya, alhasil miner tidak akan berjalan.

Untuk itu pastikan kamu mengatur konfigurasi pada program minernya dengan tepat. Selama miner dapat mengirimkan share, pastinya konfigurasi yang kamu atur sudah benar dan pastinya miner berjalan 100%.

Baca juga: Tips dan Cara Membeli Hashrate di Nicehash

Memilih Algoritma yang Tepat untuk Nicehash

Mungkin kamu bertanya-tanya algoritma apa yang paling terbaik untuk ditambang? Hal ini berbeda-beda tergantung dari perangkat (GPU/CPU) yang kamu gunakan. Cobalah untuk menggunakan fitur Profitability Calculator yang disediakan oleh Nicehash dan kemudian memilih perangkat yang kamu gunakan.

Nantinya akan tampil algoritma apa yang paling bagus untuk ditambang saat ini beserta profit setiap harinya. Dan informasi hashrate di website lain pun juga ada, salah satunya yang menurut saya paling akurat adalah di situs Betterhash.

Pergerakan harga koin dan juga difficulty koin sangat mempengaruhi terhadap profitabilitas. Jadi apabila sewaktu-waktu estimasi keuntungan perhari menurun drastis, maka saya sarankan untuk berpindah ke algoritma koin lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.