≡ Menu

5 Tips Mencegah Layar Hijau pada Ponsel Samsung

5 Tips Mencegah Layar Hijau pada Ponsel Samsung

Masalah layar hijau sering kali ditemui pada ponsel Samsung. Rata-rata hal tersebut terjadi akibat adanya pembaruan software bulanan yang memiliki potensi perubahan yang cukup besar pada ponsel. Sebagai contohnya adalah pembaruan versi One UI.

Hal itulah yang membuat pengguna Samsung sedikit was-was ketika ingin memperbarui ponselnya. Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan beberapa tips untuk menghindari masalah layar hijau ketika kamu hendak memperbarui ponselnya.

Perlu diketahui juga bahwa penyebab masalah layar hijau ini masih menjadi misteri, dan jika sudah terlanjur terkena masalahnya, pastinya itu sulit untuk diperbaiki kecuali membawanya ke SSC terdekat. Maka dari itu, sebaiknya hindari masalah ini dengan beberapa tips berikut.

Tips Mencegah Masalah Layar Hijau di Samsung

1. Gunakan Wallpaper dengan Maksimal Ukuran HD

Beberapa anggota expert di komunitas Samsung menyarankan untuk menggunakan wallpaper dengan ukuran maksimal HD sebelum memperbarui ponselnya. Jadi tidak disarankan untuk menggunakan wallpaper dengan ukuran yang terlalu besar, contohnya 4K atau bahkan 8K karena berpotensi kendala ini terjadi.

2. Charge Ponsel 100% Sebelum Memperbarui

Proses pembaruan software kadang membutuhkan waktu yang lama, sehingga jika baterai habis pada pertengahan jalan, pastinya akan mengakibatkan galat pada sistem. Proses pembaruan ini juga kadang menguras baterai, itu karena seluruh CPU akan digunakan semaksimal mungkin sampai prosesnya selesai.

Dengan menyiapkan baterai 100%, kamu tak perlu khawatir terkait adanya kesalahan pada sistem. Kemungkinan nantinya ketika prosesnya sudah selesai, sisa baterai kamu akan menjadi 80%, tergantung dari jenis pembaruannya. Biasanya jika pembaruan jenis patch hanya berlangsung sebentar.

3. Siapkan Koneksi yang Stabil Untuk Mengunduh Pembaruan

Paket pembaruan biasanya memiliki ukuran yang sangat besar, kadang mencapai 1 GB atau bahkan lebih dari itu. Dan untuk mencegah corrupt terhadap unduhan file, sebaiknya untuk menyiapkan koneksi internet yang stabil.

Karena file yang rusak atau corrupt hanya akan membuat proses pembaruan menjadi bermasalah. Itu ibaratnya file arsip yang gagal untuk di-ekstrak semua file didalamnya, pastinya sistem akan kebingungan karena terdapat terdapat file yang masih kurang.

4. Menunggu Review Sebelum Mulai Memperbarui

Sebaiknya tidak langsung terburu-buru untuk memperbarui software di ponselnya. Silakan tunggu review dari pengguna lain di forum atau grup yang membahas ponsel samsung sesuai tipenya. Jika banyak dari mereka yang tidak memiliki kendala terhadap pembaruan tersebut, maka kamu dapat melanjutkan untuk memperbaruinya juga.

Mengapa begitu? Karena kejadian ini pernah dialami oleh banyak sekali pengguna Samsung S20 beberapa waktu yang lalu, dimana seluruh pengguna yang melakukan pembaruan software mengalami masalah layar hijau, namun untungnya itu sudah berhasil diatasi oleh Samsung setelah adanya pembaruan patch berikutnya.

5. Jangan Sering Menggunakan Kecerahan Maksimum

Dampak paling besar dari mengatur kecerahan maksimum secara terus-menerus adalah burn-in atau shadow pada layar. Kendala lainnya adalah yellow-tint, sedikit mirip dengan layar hijau, hanya saja yang ini kuning.

Kadang fitur kecerahan adaptive/otomatis telah diaktifkan secara default, yang mana membuat kecerahan tiba-tiba maksimal ketika digunakan diluar ruangan. Kamu bisa menonaktifkan fitur tersebut supaya bisa mengatur kecerahan ponsel secara manual.


Baca juga: Cara Tes Layar dan Sensor di HP Samsung

Kejadian layar hijau (hulk screen) yang ada di Samsung kebanyakan disebabkan ketika proses pembaruan software, dan parahnya itu berimbas pada hardware (LCD). Namun masalah tersebut masih dapat diperbaiki apabila ponsel kamu telah terlanjur terkena.

Bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengatasinya. Beberapa tips diatas bisa kamu terapkan untuk meminimalisir terjadinya masalah layar hijau di ponsel Samsung. Apabila kamu memiliki pertanyaan atau tambahan mengenai tips diatas, sangat dipersilakan untuk membagikannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap