≡ Menu

Begini Cara Mengganti Tema di HP Samsung Galaxy

Begini Cara Mengganti Tema di HP Samsung Galaxy

Seri Galaxy dari seluruh ponsel Samsung memiliki kelebihan tersendiri. Yakni pengguna bisa mengganti tema ponsel dengan mudah tanpa perlu mengunduh launcher tambahan. Jadi dengan launcher original seperti One UI bisa menerapkan seluruh tema yang ada dengan sekali ketuk.

Pengguna dapat mengubah tema ponsel hanya dari aplikasi bernama Galaxy Themes yang mana itu sudah menjadi aplikasi bawaan dan gabungan dari Galaxy Store. Tersedia banyak tema gratis yang dapat diterapkan, dan tentunya seluruh tema tidak memiliki iklan tambahan.

Ada beberapa hal yang bisa diunduh pada Galaxy Themes, semua itu tentunya meliputi berbagai gaya yang akan mempengaruhi tampilan ponsel. Antara lain adalah:

  • Wallpaper
  • Tema untuk Launcher
  • Ikon
  • Tema untuk AOD

Tutorial Mengganti Tema Melalui Galaxy Themes

Intinya adalah Galaxy Themes lebih mengarah ke perubahan gaya tampilan ponsel. Sangat cocok digunakan ketika kamu sudah bosan terhadap tampilan saat ini dan ingin mencoba yang lainnya. Dengan begitu menggunakan ponsel akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Berikut ini langkah untuk mengganti tema ponsel Samsung Galaxy melalui aplikasi Galaxy Themes:

  1. Buka aplikasi Galaxy Themes

    Buka Aplikasi Galaxy Themes

  2. Silakan ketuk pada tab Teratas

    Pilih Tab Teratas

  3. Sekarang cari dan pilih tema mana yang ingin dipakai

    Mencari Tema yang Diinginkan

  4. Selanjutnya ketuk tombol Download pada tema yang dipilih

    Mengetuk Tombol Download

  5. Jika proses unduhan sudah selesai, ketuk tombol Terapkan

    Mengetuk Tombol Terapkan

  6. Tunggu proses penerapan tema selesai

    Proses Mengganti Tema

  7. Dan selesai, tema berhasil diterapkan.

Cara ini pun juga sama apabila kamu ingin mengganti ikon maupun wallpaper pada ponselnya. Karena secara keseluruhan kamu hanya diminta untuk mengunduh terlebih dahulu dan setelah itu menerapkannya.

Kekurangan Dalam Memakai Tema

Dibeberapa ponsel Samsung, terkadang tema tidak sepenuhnya terlihat bagus untuk beberapa hal, misalnya warna yang tidak serasi, terlalu gelap atau terang sehingga teks sedikit sulit untuk dibaca.

Dan kekurangan lainnya adalah tidak bisa memakai Mode Malam dan menetap dari bawaan tema. Itu saja kekurangan yang dapat Saya simpulkan. Dan jika membahas kelebihan, tentunya lebih banyak kelebihan dibandingkan kekurangan.

Baca juga: Cara Mengganti Tema GO Keyboard di Android

Akhir Kata

Mulai kini kamu sudah bisa menggonta-ganti tema ponselnya dengan mudah tanpa perlu lagi memasang aplikasi launcher lagi. Dan tentunya mengganti tema melalui Galaxy Themes hasilnya lebih baik ketimbang memakai aplikasi launcher tambahan.

Itu dikarenakan tema yang didownload pada Galaxy Themes akan mengganti seluruh tampilan termasuk aplikasi bawaan dan juga panel notifikasi. Jadi aplikasi sejenis telepon, SMS, kalender, dan lain-lain tampilannya akan mengikuti pada tema yang dipakai sekarang.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 11 comments… add one }
  • Jean Januari 3, 2021, 7:30 pm

    Bang di aku tiap udah download baik tema/wallpaper/ikon pasti gagal teruss padahal udah 100% pengunduhannya tp ‘gagal konten’ gmn ya bang

    • rrobyf Januari 5, 2021, 11:47 am

      Coba cek versi Galaxy Themes di ponselnya gan, barangkali masih memakai versi yang lama. Caranya buka Galaxy Themes, kemudian ketuk Menu, dan pilih menu Tentang Aplikasi. Jika disana terdapat pembaruan, silakan segera diperbarui, dan kemudian coba download wallpaper/tema kembali.

  • Minna November 11, 2020, 2:13 am

    Saya sudah mengganti tema saya tapi cuma icon bawaan hp saja yg berubah bagaimana cara menggantinya agar semua mengikuti icon dari galaxy themes

    • rrobyf November 11, 2020, 3:45 am

      Untuk ikonnya memang hanya bisa diterapkan pada aplikasi bawaan saja gan. Tapi jika ingin mengubah ikonnya untuk semua aplikasi, saya sarankan untuk memasang aplikasi icon pack yang bisa dicari pada Play Store.

  • Amira Agustus 8, 2020, 12:50 pm

    Ka hp ku Samsung c9 pro, tapi ga ada tulisan nya peningkatan visibilitas, gimana ya ka

    • rrobyf Agustus 10, 2020, 1:59 am

      Sepertinya C9 Pro tidak menggunakan One UI sehingga menu-nya berbeda. Namun jika agan ingin menonaktifkan tampilan bentuk tombol, silakan cari opsi tersebut pada pengaturan aksesibilitas.

  • Amira yona Juli 11, 2020, 10:04 am

    Wahhhh!!!! Makasih ka atas infonya🙏😍 sangat membantu🤗

  • Aynella Mei 20, 2020, 9:37 am

    Kak kan hp aku samsung a70, waktu aku ganti tema kan keganti semua tuh ikon nya, terus aku ngerasa kok nambah jelek aja tampilannya dan aku mau kembali ke tema bawaan yg asli, yg lama, eh tapi gk ada option untuk ngelepas tema nya, adanya terapkan ulang, kalau mau ganti harus nerapkan tema lain sedangkan tema awal itu gk ada di samsung store

    • rrobyf Mei 22, 2020, 3:55 am

      Untuk kembali ke tema bawaan, silakan masuk ke Galaxy Themes, kemudian ketuk opsi strip tiga dan menuju Item Saya. Nanti disana ada tema bernama Default, silakan terapkan tema tersebut.

  • Aldien Maret 10, 2020, 5:19 am

    Tp jika saya menekan “terapkan” maka muncul kata2 “nonaktifkan tampilan bentuk tombol untuk menerapkan tema ini” jadi bagaimana caranya ..tolong sekian terima kasih

    • rrobyf Maret 11, 2020, 4:39 am

      Silakan menuju Pengaturan > Aksesibilitas > Peningkatan Visibilitas. Dan pada opsi Tampilkan Bentuk Tombol silakan dinonaktifkan. Kemudian cobalah untuk menerapkan tema kembali.

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap