≡ Menu

Cara Matikan Autocorrect pada Google Keyboard Android

Cara Matikan Autocorrect pada Google Keyboard Android

Fitur autocorrect memiliki kegunaan untuk membetulkan kata yang salah saat mengetik. Sebagai contohnya kamu mengetik “barsng” dan akan dibetulkan sebagai “barang“. Walau fitur itu berniat untuk membantu, namun banyak juga seseorang yang membenci fitur tersebut.

Karena kadang fitur autocorrect tidak melakukannya dengan benar, sehingga ketika ingin mengetik dengan kata singkat, akan dibetulkan dengan kata lain yang tak masuk akal. Untuk itulah mengapa beberapa orang lebih memilih untuk mematikannya.

Hampir seluruh keyboard di Android mendukung fitur autocorrect, namun sesuai dengan judul diatas bahwa artikel ini hanya akan menjelaskan tata cara mematikannya khusus untuk aplikasi Google Keyboard (Gboard) saja.

Cara Mematikan Fitur Autocorrect di Gboard Android

  1. Buka Pengaturan.
  2. Ketuk Bahasa dan Input.

    Ketuk Bahasa dan Input di Pengaturan

  3. Kemudian ketuk menu Keyboard pada Layar.

    Ketuk Menu Keyboard pada Layar

  4. Pilih Gboard.

    Pilih pada Gboard

  5. Silakan ketuk pada menu Koreksi Teks.

    Ketuk Menu Koreksi Teks untuk Mulai Menonaktifkan Fitur Autocorrect

  6. Dan sekarang nonaktifkan pada opsi Koreksi Otomatis.

    Proses Mematikan Fitur Autocorrect pada Google Keyboard Android

Jika sudah mematikan fiturnya, cobalah untuk mengetik sembarang kata, pasti tidak akan dikoresi otomatis lagi dan kamu bebas untuk menggunakan kata apapun untuk diketik tanpa ada batasan lagi.

Apabila kamu menggunakan aplikasi keyboard yang lain, misalnya Swiftkey, GO Keyboard atau Touchpal, itu mungkin juga tersedia di setelan keyboard. Cukup ikuti tutorial diatas sampai langkah ke-3 dan setelah itu cari setelan koreksi otomatis, dan cukup matikan.

Baca juga: Cara Menambah Kamus Pribadi pada Google Keyboard

Kesimpulan

Tersedia banyak sekali aplikasi keyboard pada Play Store, dan pengguna Android memilih sesuai selera masing-masing. Sementara itu bagi pengguna yang suka dengan tampilan minimalis, tentunya akan memilih Google Keyboard.

Meski minimalis, namun kaya fitur dan juga ringan untuk digunakan. Terkadang meski sudah mematikan autocorrect, namun sugesti kata akan tetap muncul dibagian atas. Itu tidak masalah, karena itu tidak akan pernah mempengaruhi apa yang kamu ketik saat ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment