Cara Mudah Encrypt File di Linux

Cara Mudah Encrypt File di Linux

Memberi perlindungan terhadap file memang bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satu yang paling termudah adalah meng-enkripsinya supaya itu tak bisa terbaca oleh aplikasi sistem. Dan melakukannya pun bisa menggunakan berbagai metode.

Cara paling sederhana dalam meng-enkripsi suatu file adalah mengompresnya menjadi file arsip dan kemudian memberinya sandi supaya itu tak bisa dibuka oleh orang lain. Tapi selain itu juga ada cara yang lebih simpel, dan itu bisa dilakukan pada terminal linux.

Cara yang akan saya bagikan adalah meng-enkripsi suatu file menggunakan GPG, yang mana alat tersebut biasanya telah terpasang dari bawaan pada kebanyakan OS linux. Jadi tidak perlu memasang program lain lagi.

Meng-encrypt Suatu File di Linux dengan Mudah

GnuPrivacy Guard (GPG) dapat digunakan untuk mengenkripsi segala file dengan cepat dan aman. Layaknya seperti membuat sebuah arsip, kamu bisa menambahkan password untuk mengamankan enkripsi tersebut.

Pertama-tama silakan siapkan terlebih dahulu file yang akan di-enkripsi. Dan apabila sudah, silakan ketik perintah seperti dibawah ini untuk mulai meng-enkripsi file tersebut.

sudo gpg-c namafile

Silakan ubah namafile dengan nama file yang akan dienkripsi. Kemudian setelah perintah dijalankan, akan muncul dialog yang meminta pengguna untuk memasukkan password. Silakan isi dengan password yang diinginkan.

Apabila sudah, file baru akan muncul pada direktori yang sama, dan dengan nama yang sama, hanya saja terdapat format gpg dibelakangnya. Itu adalah file yang telah ter-enkripsi.

Cara Decrypt File yang Telah Ter-Encrypt GPG

Hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk meng-enkripsi file, dan begitupula dengan men-dekripsinya. Berikut ini perintahnya:

sudo gpg -o outputfile -d namafile.gpg 

Pastikan kamu melakukan itu terhadap file yang telah memiliki format gpg seperti yang dibuat tadi. Dan pada parameter -o silakan ubah dengan hasil output file setelah berhasil di-dekripsi.

Nantinya akan muncul dialog yang meminta kamu untuk menuliskan sandi, dan jika berhasil pastinya file hasil/output akan muncul pada direktori yang sama.

Apabila kamu ingin membuat proses dekripsi otomatis juga bisa dilakukan melalui satu perintah saja, berikut ini contohnya:

sudo gpg --batch --passphrase katasandi -o outputfile -d namafile.gpg 

Silakan ubah katasandi pada parameter –passphrase dengan sandi/password yang akan dipakai untuk men-dekripsi file tersebut.

Baca juga: Cara Membuat SSTP Server di Ubuntu

Kesimpulan

Dengan bantuan GPG, kamu bisa meng-enkripsi segala file dengan mudah, cepat, dan juga aman. Sangat cocok diterapkan untuk melindungi suatu file yang sensitif, sehingga hanya kamu saja atau orang yang memiliki sandi saja yang dapat membukanya.

Dan apabila kamu menginginkan keamanan enkripsi yang super-ketat, maka saya sarankan untuk menggunakan metode private keys pada GPG. Ini layaknya seperti pada SSH, jadi hanya orang yang memiliki public key saja yang bisa membukanya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.