3 Cara Mengenkripsi Kode Python Paling Mudah

3 Cara Mengenkripsi Kode Python Paling Mudah

Melakukan enkripsi terhadap suatu kode bukanlah hal yang mudah, itu membutuhkan keterampilan tersendiri untuk membuat kode tersebut tampak sukar untuk dibaca. Hampir setiap jenis kode dapat di-enkripsi, bahkan pada Python sekalipun.

Alasan mengapa seseorang ingin meng-enkripsi kodenya, pasti tidak lain adalah untuk melindungi isi didalamnya supaya tidak diambil dengan mudah oleh orang lain. Atau barangkali untuk melakukan testing terhadap program antivirus.

Berbagai Cara Enkripsi atau Obfuscate Kode Python

Terdapat beberapa cara untuk melakukan enkripsi atau obfuscate terhadap kode Python. Dan disini akan saya bagikan satu-per-satu langkah untuk melakukannya, dimulai dari yang paling termudah. Langsung saja simak caranya berikut ini.

1. Enkripsi Kode Python Secara Online

Cara yang paling mudah adalah melakukannya secara online menggunakan layanan gratis pada suatu website. Jadi cara kerjanya kamu hanya perlu menyiapkan file python (format .py) dan kemudian mengunggah pada website tersebut, berikut ini cara lengkapnya:

  1. Buka website Python Obfuscator.
  2. Selanjutnya pada opsi Select a .py file to obfuscate, pilih file python yang telah disiapkan.
  3. Lalu klik tombol Obfuscate.
  4. Tunggu sekejap, nanti hasilnya akan muncul, dan silakan klik tombol Download.

Enkripsi yang dihasilkan pada layanan di website tersebut cukup baik, dan pastinya hasil kode tersebut dapat berjalan dengan normal. Namun cara ini tidak saya sarankan terhadap kode python yang terbilang sensitif, misalnya berisi password atau hal lainnya, mengingat ini dilakukan secara online dan memungkinkan kode kamu disimpan oleh website tersebut.

Jadi apabila ingin cara yang aman untuk meng-enkripsi kode python, silakan lanjut ke langkah berikutnya.

2. Obfuscate Kode Python dengan Pyarmor

Pyarmor adalah alat yang sangat populer untuk melakukan enkripsi terhadap kode python. Kali ini kamu bisa melakukannya dengan aman secara offline, dan pastinya ini sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Silakan pasang terlebih dahulu Pyarmor menggunakan perintah berikut ini di terminal atau comand prompt.

pip3 install pyarmor

Setelah terpasang, kamu bisa langsung menggunakannya untuk mengenkripsi atau meng-obfuscate kode python dengan perintah berikut:

pyarmor kode.py

Silakan ubah kode.py dengan file python yang telah kamu siapkan. Dan hasilnya akan muncul pada folder dist. Silakan lihat hasilnya, pastinya kode kamu sebelumnya takkan terbaca lagi.

3. Mengenkripsi Kode Python dengan Pycryptor

Pycryptor memiliki cara lain dalam melakukan enkripsi atau obfuscate kode python. Pasalnya terdapat kunci khusus yang terpasang pada alat enkripsi, dimana takkan ada yang bisa men-dekripsi kode yang telah ter-enkripsi ketika tak memiliki kuncinya.

Langsung saja ke intinya. Disini saya menyarankan untuk menggunakan OS Linux untuk melakukan ini, karena programnya butuh untuk di-compile terlebih dahulu. Berikut ini perintahnya:

git clone https://github.com/pycrypt123/pycryptor.git
cd pycryptor
make

Setelah ter-compile, nantinya akan ada dua file executable binary bernama pycryptor dan pydecrypt. Kedua program tersebut telah terpasang kunci khusus didalamnya.

Dan berikut ini perintah untuk mengenkripsi kode python menggunakan pycryptor.

./pycryptor kode.py kode_enkripsi.py

Sebagai contoh, perintah diatas akan mengenkripsi kode.py yang hasil enkripsinya berada pada file bernama kode_enkripsi.py pada direktori yang sama.

Sementara itu kegunaan dari pydecrypt adalah mendekripsi file python yang telah dienkripsi menggunakan pycryptor. Tapi itu hanya bisa dilakukan selama kuncinya sama. Dengan begitu, kode python lain yang telah terenkripsi menggunakan pycryptor takkan bisa kamu dekripsi jika tak memiliki kuncinya.

Baca juga: Cara Menampilkan Kode Asli Javascript yang Ter-enkripsi

Kesimpulan

Ketiga cara diatas memiliki perbedaan dalam mengenkripsi kode python, dan juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam penggunaannya. Kamu dapat memilih cara mana saja yang sekiranya diperlukan, atau barangkali ingin mencoba semuanya.

Selain di-enkripsi, kamu juga bisa menjadikan kode python sebagai executable python file, atau sederhananya adalah file EXE. Sehingga pengguna yang ingin menggunakan kode python tersebut tak perlu lagi memasang modul tambahan, karena telah terpasang didalamnya. Akan tetapi terdapat berbagai cara juga untuk mendekripsi file executable python, sehingga itu tidak dimasukkan pada daftar diatas.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.