≡ Menu

Cara Membuat SSTP Server di Ubuntu

Cara Membuat SSTP Server di Ubuntu

SSTP adalah singkatan dari “Secure Socket Tunneling Protocol“, yang merupakan jenis VPN untuk mengamankan jaringan dan juga menyembunyikan identitas di internet. Nyaris sama seperti PPTP, hanya saja SSTP berjalan pada port yang berbeda.

SSTP berjalan di port 443 yang memungkinkan pengguna bisa mengakses segala jenis website tanpa khawatir terblokir. Selain itu, keamanannya jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan PPTP. Dan cara penggunaannya juga mudah untuk perangkat Windows.

Sementara itu jika kamu ingin membuat SSTP Server pribadi, saya lebih menyarankan untuk menggunakan VPS Ubuntu/Debian karena mudah untuk mengaturnya. Dan artikel ini akan menjelaskan cara paling mudah untuk instalasi SSTP Server pada Ubuntu.

Tutorial Instalasi SSTP Server di Ubuntu

LANGKAH 1: Menyiapkan

Versi Ubuntu yang Saya gunakan pada tutorial ini adalah 18.04 (Bionic). Sebelum memulai untuk proses instalasi dan mengatur SSTP Server, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah menginstal PPTPD sebelumnya, karena SSTP juga membutuhkan PPTP Server untuk berjalan. Dan apabila sekiranya belum, silakan instal terlebih dahulu dengan perintah berikut:

sudo apt-get update
sudo apt-get install pptpd -y

Jika sudah, lanjut instal Python versi 3.4 keatas, karena nantinya ini dibutuhkan untuk memasang SSTP Server supaya lebih cepat dan praktis. Berikut ini perintah untuk menginstal Python:

sudo apt install -y python3 python3-pip -y

LANGKAH 2: Instalasi SSTP Server

Kini saatnya untuk memasang SSTP Server. Disini menggunakan sstp-server yang dibuat oleh Shell Chen supaya prosesnya cepat dan mudah. Langsung saja berikut ini perintahnya:

sudo pip install sstp-server

LANGKAH 3: Mengatur Konfigurasi dan Autentikasi

Konfigurasi PPTP dan SSTP sebenarnya memiliki persamaan. Dan langsung saja buat file baru khusus untuk konfigurasi SSTP, berikut ini perintahnya:

sudo nano /etc/ppp/options.sstpd

Salin konfigurasinya dibawah ini dan kemudian simpan:

name sstpd
require-mschap-v2
nologfd
nodefaultroute
ms-dns 1.1.1.1
ms-dns 1.0.0.1

Masih belum selesai, kini saatnya untuk mengatur bagian autentikasi.

sudo nano /etc/ppp/chap-secrets

Salin teks dibawah ini untuk menambahkan username dan password. Silakan atur sesuai yang kamu inginkan:

username * password *

Pastikan kamu telah mengubah username dan password diatas, karena nantinya itu digunakan untuk autentikasi SSTP oleh client. Dan jangan hilangkan dua tanda asterix (*) karena itu memiliki peranan yang penting terhadap setelan.

LANGKAH 4: Mendapatkan Sertifikat dari LetsEncrypt (Certbot)

Supaya SSTP Server bisa dijalankan, pastinya akan membutuhkan sertifikat SSL yang valid. Dan untuk mendapatkannya bisa melalui LetsEncrypt. Tapi sebelumnya silakan siapkan domain yang telah ter-pointing ke alamat IP Ubuntu.

Berikut ini perintah untuk memasang LetsEncrypt di Ubuntu:

sudo apt install certbot -y

Dan untuk mendapatkan sertifikat SSL, silakan gunakan perintah dibawah ini, namun jangan lupa untuk mengubah “namadomain.com” dengan domain yang telah kamu pointing ke alamat IP Ubuntu supaya mendapatkan sertifikat yang valid.

sudo certbot certonly --standalone --preferred-challenges http --agree-tos --email [email protected] -d namadomain.com

LANGKAH 5: Menjalankan SSTP Server pada Ubuntu

Setelah melewati langkah yang sedikit panjang, akhirnya kini masuk ke langkah terakhir, dimana server Ubuntu yang kamu siapkan sudah siap untuk menjalankan SSTP Server.

Dan berikut ini perintah untuk memulainya. Sekali lagi, pastikan kamu telah mengubah “namadomain.com” dengan domain yang telah kamu pointing ke alamat IP Ubuntu:

sudo sstpd -p 443 -c /etc/letsencrypt/live/namadomain.com/fullchain.pem -k /etc/letsencrypt/live/namadomain.com/privkey.pem --local 10.0.0.1 --remote 10.0.0.0/24

Jika sudah berhasil berjalan, kini kamu bisa langsung mencoba menghubungkannya melalui fitur VPN yang ada di Windows 10. Jika segalanya diatur dengan benar, pastinya SSTP akan terhubung tanpa ada kendala.

Baca juga: Cara Install Softether VPN Server di VPS Debian dan Ubuntu

Kesimpulan

Pemasangan SSTP Server sebenarnya tidaklah sulit, ini nyaris sama seperti menyetel pada OpenVPN, hanya saja menurut saya lebih sederhana daripada itu. Lebih cocoknya seperti membuat DNS Over HTTPS, dimana domain membutuhkan SSL yang valid supaya dapat terhubung sempurna.

Untuk konfigurasi SSTP sebenarnya sama dengan PPTP, dan kamu bisa menambah konfigurasi lain apabila yang tertera diatas masih dirasa kurang. Sementara itu untuk autentikasi pengguna bisa digunakan baik untuk PPTP ataupun SSTP, jika kamu ingin membuat autentikasi pengguna yang hanya khusus untuk SSTP, maka konfigurasinya adalah sebagai berikut:

username sstpd password *

Jika kamu mengalami kendala atau ingin menanyakan sesuatu mengenai tutorial diatas, jangan ragu untuk berkomentar, dan saya akan membantu untuk mempermudahnya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap