Cara Mencari File di Linux Melalui Terminal

Cara Mencari File di Linux Melalui Terminal

Ingin mencari file di Linux namun terbatas hanya di Terminal saja? Tenang, karena kamu bisa menelusuri file dengan mudah dan 100% akurat. Bahkan bagi beberapa orang, melakukan ini lebih mudah dan juga cepat.

Meski file yang ingin kamu cari tersembunyi, misalnya file tersebut diatur sebagai hidden atau barangkali tersimpan pada folder yang sukar untuk dijangkau, melalui cara ini tak ada hal yang mustahil untuk dicari selama kamu memiliki akses root.

Mencari File Melalui Terminal

Ada dua cara yang akan saya bagikan dalam mencari file menggunakan terminal, keduanya memiliki cara yang mudah dan kelebihan tersendiri. Sangat disarankan juga untuk masuk terminal sebagai (sudo) atau user root supaya bisa mencari file sampai ke akar-akarnya.

Berikut ini kedua cara tersebut, silakan gunakan mana saja sesuai yang diinginkan.

1. Cari File Menggunakan Perintah Locate

Perintah locate di linux memiliki kegunaan untuk mencari file berdasarkan nama. Pada dasarnya cara utama ini yang paling cepat dan effisien dalam proses mencari file melalui terminal, karena kinerjanya akan mencari file melalui database.

Pasang terlebih dahulu locate menggunakan perintah dibawah ini:

sudo apt-get install locate -y

Setelah itu perbarui database terlebih dahulu supaya pencarian file nantinya bisa 100% akurat. Berikut perintahnya:

sudo updatedb

Proses memperbarui database memakan waktu beberapa menit tergantung dari banyaknya file yang tersimpan saat ini. Dan apabila database telah diperbarui, gunakan perintah seperti dibawah ini untuk mencari file:

locate namafile.txt

Sebagai contoh diatas saya ingin mencari file bernama namafile.txt, dan pastinya sekejap hasilnya akan tampil beserta letak direktori dimana file tersebut berada.

Perintah locate memiliki berbagai opsi, kamu bisa menemukan itu dengan mengetikkan perintah locate --help. Sebagai contohnya, saya ingin mencari file dengan maksimal 10 hasil saja, seperti ini perintahnya:

locate namafile.txt -n 10

Masih banyak lagi opsi yang bisa kamu gunakan untuk mencari file menggunakan locate, silakan dikombinasikan sesuai kebutuhan.

2. Cari File Memakai Perintah Find

Memiliki kegunaan yang hampir sama seperti perintah locate, hanya saja perintah find ini langsung mencari dari sisi sistem dan tidak menggunakan database. Jadi prosesnya mungkin akan sedikit lama jika dibandingkan memakai perintah locate.

Berikut ini cara menggunakan find untuk mencari file di seluruh direktori:

sudo find / | grep namafile.txt

Kamu bisa mengubah tanda slash (/) dengan direktori tertentu untuk mencari file, dan cara ini juga membutuhkan perintah grep untuk membatasi file yang dimunculkan supaya lebih akurat.

Jika dibandingkan dengan locate, tentunya find masih kalah cepat, akan tetapi melalui cara ini kamu tidak perlu memperbarui database untuk mencari file. Satu kekurangannya hanyalah waktu yang dibutuhkan untuk menelusuri file 10 kali lebih lama dibanding locate, tapi itu tergantung dari banyaknya file dari direktori yang diatur.


Baca juga: Cara Praktis Menghapus File Sampah di Linux

Kedua cara diatas memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam melakukan pencarian file. Kamu bisa menggunakan cara yang mana saja sesuai kebutuhan. Dan sekiranya kamu memiliki cara lain dalam mencari file di linux melalui terminal dengan mudah dan cepat, sangat dipersilakan untuk membagikan itu di komentar.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.