Cara Install XDM: Downloader Terbaik di Linux

Cara Install XDM: Downloader Terbaik di Linux

Sudah tahu belum mengenai program IDM yang hanya tersedia di komputer Windows? Itu merupakan program downloader paling populer dan banyak sekali digunakan di dunia. Tapi apakah ada program sejenis itu di komputer Linux yang memiliki fungsional yang sama?

Tentu saja ada, bahkan ada beberapa program alias tak hanya satu saja. Namun menurut saya pribadi, program downloader di Linux yang paling cepat dan ringan adalah XDM atau biasa juga disebut sebagai XDMan (Xtreme Download Manager). Seolah terdapat kelebihan tersendiri pada program tersebut dibanding yang lainnya.

XDM memiliki ciri penggunaan yang nyaris sama seperti IDM di Windows, dimana dialog unduhan akan muncul ketika browser mendeteksi adanya unduhan yang akan dimulai. Dan program tersebut juga telah ter-integrasi di beberapa browser populer.

Tutorial Install XDM atau XDMan di Linux

Proses instalasinya sangatlah mudah, hanya dengan beberapa langkah saja XDM sudah terpasang dan bisa langsung digunakan untuk mengunduh file di internet dengan cepat. Berikut ini langkah-langkah instalasi XDM di Linux.

1. Download XDM

Pertama-tama silakan unduh terlebih dahulu program XDM melalui situs aslinya di URL xtremedownloadmanager.com, atau bisa juga langsung mengetikkan perintah dibawah ini melalui Terminal:

wget https://github.com/subhra74/xdm/releases/download/7.2.11/xdm-setup-7.2.11.tar.xz

Ukurannya sekitar 50MB, silakan tunggu sampai proses download selesai, dan kemudian silakan lanjut ke langkah berikutnya.

2. Instalasi XDM Melalui Terminal

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah meng-extract isi dari file XDM yang diunduh tadi. Gunakan perintah dibawah ini untuk melakukannya:

tar xvf xdm-setup-7.2.11.tar.xz

Setelah sudah ter-extract, ketik perintah dibawah ini untuk proses instalasinya:

sudo ./install.sh

Sekarang tunggu sampai prosesnya selesai, rata-rata ini hanya memakan waktu sekitar 1 menit dan setelah itu XDM akan muncul pada daftar aplikasi yang terpasang.

3. Memasang Ekstensi pada Browser

Tahap terakhir adalah memasang ekstensi XDM pada browser yang sedang kamu gunakan. Untuk melakukannya, silakan buka terlebih dahulu program XDM, nantinya akan muncul beberapa nama browser, silakan klik pada browser yang kamu gunakan.

Memasang Esktensi XDM di Browser

Setelah itu browser akan dialihkan ke halaman download ekstensi, silakan pasang ekstensi tersebut dan setelah itu restart browser.

Kemudian kamu bisa langsung mencoba mengunduh suatu file di internet. Pastinya XDM akan langsung merespon ketika browser mendapati adanya unduhan yang akan dimulai.

Baca juga: Cara Melanjutkan Download Apabila Link Kadaluarsa di IDM

Sekilas Kelebihan dari XDM Downloader

Tak cuma cepat dalam masalah unduhan, program XDM gratis dan tersedia untuk Windows dan Linux. Selain itu XDM juga merupakan proyek open source dan programnya dapat kamu compile mandiri sesuai dokumentasi yang tertera di halaman Github XDM.

XDM mendukung untuk dipasang di berbagai macam browser populer, dan tersedia banyak setelan yang bisa diatur. Proses unduhan terbagi menjadi beberapa thread secara otomatis, dan ketika unduhan telah selesai, file tersebut akan disatukan (assembling).

Proses menyatukan file rata-rata hanya memakan waktu sekejap untuk penyimpanan SSD, tapi jika menggunakan HDD biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 menit tergantung dari besarnya file yang diunduh.

File yang diunduh juga ter-organisir di folder tertentu. Jadi tidak dimasukkan pada satu folder saja. Pastinya kamu akan lebih mudah untuk mencari filenya nanti, apalagi ketika mengunduh banyak jenis file secara bersamaan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.