Solusi VLC Player Gagal Diperbarui di PC

Solusi VLC Player Gagal Diperbarui di PC

Banyak sekali pengguna yang menggunakan VLC Player untuk keperluan menonton video dengan nyaman di komputer. Dan setiap beberapa bulan sekali selalu terdapat pembaruan dari program pemutar media tersebut yang memberikan beberapa fitur baru dan juga perbaikan.

VLC Player pernah mengalami masalah internal dimana pengguna akan gagal ketika memperbarui program langsung didalam aplikasi atau program. Secara otomatis akan muncul notif bahwa proses pembaruan gagal, dan meminta pengguna untuk menggunakan cara lain untuk memperbaruinya.

Hal ini memang telah dikonfirmasi oleh VLC sendiri, bahwa mereka pernah memiliki kendala pada proses pembaruan didalam aplikasi. Jadi hanya pada versi tersebut, pengguna harus mengunduh program VLC pada website untuk bisa memperbarui ke versi terbaru.

Mengatasi VLC Player Gagal Diperbarui

Apabila kamu mengalami kendala ini, maka sangat disarankan untuk mengikuti langkah dibawah ini untuk memperbarui VLC Player secara manual dan tentunya mudah untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Silakan menuju halaman Download VLC.
  2. Kemudian klik pada tombol Download VLC.

    Klik Tombol Download VLC

  3. Apabila proses download sudah selesai, silakan klik dua kali pada file tersebut untuk membuka.
  4. Akan muncul dialog, silakan klik Next.

    Memperbarui VLC Secara Manual

  5. Selanjutnya pada opsi yang tampil, pilih Add/Remove/Reinstall Components, dan lanjutkan klik tombol Next.

    Mengatasi VLC Player Gagal Diperbarui

  6. Setelah itu silakan klik tombol Next sampai selesai.

Jika proses memperbarui sudah selesai, silakan coba untuk mengecek pembaruan lagi dari aplikasi VLC Player. Jika tertulis telah menggunakan versi terbaru, berarti kamu telah berhasil memperbaruinya.

Untuk pembaruan selanjutnya pastinya sudah bisa dilakukan secara otomatis melalui aplikasi. Sebab seperti yang saya katakan diatas bahwa kendala gagal memperbarui ini hanya hadir di suatu versi saja. Jadi setelah memperbarui ke versi yang lebih baru, pastinya masalah ini akan hilang dan kedepannya dapat memperbarui secara otomatis.

Baca juga: Menyesuaikan Kecepatan Subtitle pada VLC Player

Kenapa Tidak Bisa Memperbarui Secara Manual?

Ada kalanya kamu mengalami masalah lain dimana ketika memperbarui program VLC Player secara manual tapi gagal dipertengahan. Hal ini biasanya disebabkan karena file instalasi harus dijalankan sebagai administrator.

Jadi silakan klik kanan pada file VLC Player yang telah diunduh tadi, kemudian pilih opsi Run as Administrator. Setelah itu lanjutkan proses pembaruannya. Dan pastinya kini prosesnya akan lancar.

Proses pembaruan pada dasarnya dapat dilakukan tanpa perlu meng-uninstal program. Karena file instalasi akan langsung menimpa file lama dengan yang baru. Dan sehubungan VLC Player rata-rata terpasang pada drive C, maka pembaruan harus berjalan sebagai administrator supaya proses menimpa file berhasil tanpa ada gangguan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.