Cara Membuat Profil Baru di Browser Firefox

Dengan adanya fitur Profil yang ada di browser, pengguna tidak perlu lagi memasang banyak browser dalam satu waktu. Karena satu browser itu bisa dibuat menjadi banyak browser dalam sekejap. Namun fitur Profil ini tampaknya tidak hadir untuk seluruh browser, alias hanya beberapa saja yang memiliki fiturnya.

Mozilla Firefox adalah salah satu browser yang memiliki fitur ini. Akan tetapi fitur ini terbilang tersembunyi karena tidak ditampilkan di Pengaturan. Jadi dari tempat tersembunyi itulah kamu bebas membuat Profil baru atau menggunakan Profil yang telah dibuat.

Tidak perlu memasang pengaya atau program lain, karena fitur Profil di Mozilla Firefox dihadirkan langsung dari sistemnya. Secara keseluruhan fungsionalnya sama saja seperti pembuatan profil baru di Chrome. Penasaran ingin tahu cara menggunakannya? Silakan simak terus artikel ini.

Membuat Profil Baru di Browser Mozilla Firefox

Langsung saja tidak perlu menunggu waktu lama lagi, berikut ini langkah-langkah untuk membuat profil baru di Firefox:

  1. Buka Firefox.
  2. Ketik about:profiles di address bar dan ENTER.

    Membuat Profil Baru pada Firefox

  3. Lalu halaman khusus akan tampil, silakan klik tombol Buat Profil Baru.

    Klik Tombol Buat Profil Baru

  4. Nantinya dialog akan tampil dan silakan ikuti prosedurnya.

    Prosedur Pembuatan Profil Firefox

  5. Ketika Profil telah dibuat, silakan klik tombol Luncurkan profil di peramban baru.

    Meluncurkan Profil yang Baru Dibuat

  6. Seketika browser dengan Profil tersebut akan dimuat.

Biasanya ketika kamu baru saja membuat Profil yang baru, sistem akan langsung mengatur itu sebagai Profil Baku, dimana ketika membuka Firefox, maka Profil itu lah yang akan dimuat. Tetapi kamu bisa mengatur itu di halaman about:profiles dengan memilih Profil mana yang ingin dijadikan sebagai Profil Baku.

Jika kamu bingung Profil mana yang biasanya dipakai untuk browsing, silakan luncurkan setiap profil yang ada. Nantinya kamu akan menemukannya dan bisa mengaturnya kembali sebagai Profil Baku.

Baca juga: 2 Cara Menggunakan Proxy di Browser Chrome dan Firefox

Apakah Membuat Profil di Browser Sama Seperti Memakai Incognito Mode?

Jawabannya adalah tidak. Pembuatan profil baru ini sama halnya seperti melakukan kloning browser. Dimana pada profil yang baru, seluruh isi browser termasuk data kredensial login, password, ekstensi, dan sebagainya bisa diatur sendiri.

Jadi data yang biasa kamu pakai di profil biasanya (default) tidak akan di-ikutkan pada profil yang baru dibuat.

Apakah Profil di Firefox Dapat Dihapus?

Tentu saja bisa. Di halaman about:profiles tersedia opsi untuk menghapus Profil yang pernah dibuat. Bahkan disana juga diberikan pilihan untuk sekedar menghapus nama profilnya atau seluruh data yang ada difolder profil tersebut.

Kesimpulan

Membuat Profil baru di Firefox sama halnya seperti melakukan kloning terhadap browser. Sangat cocok sekali dipakai untuk membuka banyak akun di satu browser, sehingga tidak perlu memasang browser lain atau bolak-balik menggunakan incognito mode.

Bagian terbaiknya adalah Firefox memberikan kebebasan dalam pemilihan folder sebagai user-data browser dengan profil yang baru. Dan juga tidak membutuhkan program lain untuk melakukannya.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial pembuatan profil baru di Firefox, sangat dipersilakan untuk menulis komentar di bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.