Cara Menyinkronisasi Browser Firefox untuk Banyak Perangkat

Hampir seluruh browser menyediakan fitur sinkronisasi untuk menghubungkan satu browser ke browser lainnya di perangkat yang berbeda. Memungkinkan informasi bookmark, riwayat browsing, addon, dan lain-lain tetap sama. Salah satunya seperti di Firefox.

Dengan sekali ketukan, segala informasi pada browser dapat di-transfer ke perangkat lain yang memakai Firefox juga. Pastinya ini akan mempermudah kamu dalam berbagai hal. Dan Firefox mengklaim bahwa data pribadi yang tersimpan pada akun telah ter-enkripsi pada server, sehingga ini aman untuk diterapkan.

Contoh kegunaan dari fitur sinkronisasi pada Firefox adalah seperti kamu memilki dua perangkat, yakni laptop dan ponsel. Dan kedua perangkat itu telah terpasang browser Firefox. Nah supaya aktivitas yang dilakukan pada laptop dapat muncul pada ponsel, maka harus dilakukan sinkronisasi.

Cara Sinkronisasi Browser Firefox

Tak terbatas hanya dua perangkat saja, jadi fitur sinkronisasi pada Firefox ini dapat digunakan untuk banyak perangkat sekaligus. Dan tak ada masalah meski harus menyinkronisasi ke seluruh perangkat yang dimiliki saat ini, pastinya itu akan memudahkan kamu kedepannya saat browsing di internet.

Dan berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Menu (strip tiga) di pojok kanan atas.

    Klik Menu di Firefox

  2. Kemudian pada opsi Sinkronkan dan Simpan Data, silakan klik tombol Masuk disampingnya.

    Menyinkronisasi Browser Firefox untuk Banyak Perangkat

  3. Setelah itu isikan alamat email kamu, dan klik tombol Lanjutkan.

    Mengisi Alamat Email

  4. Silakan isi kata sandi beserta informasi yang dibutuhkan lainnya, dan kemudian klik tombol Buat Akun.

    Mendaftar Akun Firefox

  5. Setelah itu cek pada pesan email dan salin kode verifikasinya.

    Klik Link Verifikasi Firefox untuk Proses Sinkronisasi

  6. Masukkan kode verifikasi pada kolom pendaftaran tadi.
  7. Dan selesai, kini proses sinkronisasi akan dilakukan otomatis pada latar belakang.

Baik itu membuat akun Firefox, atau ingin menghubungkannya ke perangkat lain, cara diatas sama saja dalam melakukannya. Jadi ketika akun sudah terhubung, nantinya sistem akan melakukan sinkronisasi otomatis pada latar belakang, dan kamu hanya perlu menunggu kurang lebihnya 1 menit saja sampai itu selesai.

Mengatur Opsi Sinkronisasi di Firefox

Kamu bisa memilih data apa saja yang akan di-sinkronisasi dengan perangkat lainnya. Secara default, semua data diaktifkan untuk sinkronisasi, namun kamu bebas untuk menonaktifkan salah satu atau beberapa apabila merasa tak membutuhkan itu.

Untuk mengaturnya terdapat pada Pengaturan > Sinkronisasi. Jadi misalnya kamu tidak ingin melakukan sinkronisasi terhadap kata sandi ke perangkat lain, maka silakan hilangkan centang pada kata sandi.

Menonaktifkan Sinkronisasi pada Firefox

Jika kamu tidak ingin mengaktifkan sinkronisasi lagi karena alasan tertentu, maka yang harus dilakukan hanyalah mengeluarkan akun Firefox. Dengan mengeluarkannya, proses sinkronisasi akan langsung berhenti bekerja.

Untuk mengeluarkan akun Firefox, silakan klik pada opsi Menu dibagian kanan atas, selanjutnya klik pada Akun Firefox, dan pilih opsi Sign Out.

Baca juga: Cara Membuat Profil Baru di Browser Firefox

Kesimpulan

Penggunaan sinkronisasi bagi beberapa orang memang dibutuhkan, khususnya bagi yang memiliki banyak perangkat dan tidak ingin bingung ketika hendak mengakses bookmark yang tersimpan di browser saat ini.

Berbeda jika tidak ada sinkronisasi, pastinya pengguna harus mengakses perangkat yang menyimpan situs yang diberi bookmark terlebih dahulu untuk mengetahuinya dan kemudian dibuka dari perangkat lain.

Tapi jika memakai sinkronisasi, semua perangkat seolah memiliki satu sesi browser yang sama.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.