Cara Mengubah Font di Browser Mozilla Firefox

Font atau gaya teks menjadi ciri tersendiri dalam menghias sebuah tampilan. Seperti di ponsel, kebanyakan pengguna lebih suka mengunduh font lain karena lebih terlihat keren jika dibanding font asli. Dan tak cuma di ponsel saja, bahkan di komputer pun pengguna juga bisa melakukan hal tersebut.

Di komputer, perubahan font hanya berpengaruh terhadap aplikasi sistem saja, sedangkan untuk aplikasi lain seperti browser, pastinya itu tidak akan berpengaruh. Sebab di browser tersebut telah tersedia setelan font tersendiri.

Pada browser Mozilla Firefox, pengguna diberikan opsi untuk mengubah font atau gaya teks sesuai yang diinginkan. Memungkinkan tampilan browser ini jauh lebih keren apabila memakai font yang disukai.

Mengganti Font atau Gaya Teks di Browser Firefox

Sebelum melakukannya, ketahui sebelumnya bahwa pengubahan font di Firefox hanya berlaku pada tampilan browser saja. Ini tidak akan berpengaruh terhadap tulisan yang ada di website. Sebab kebanyakan website saat ini menggunakan font tersendiri untuk menampilkan kontennya.

  1. Buka browser Firefox.
  2. klik tombol menu Strip Tiga, lalu pilih Pengaturan.

    Klik Tombol Strip Tiga
    Menuju Pengaturan Firefox

  3. Pada tab Umum, gulir kebawah sampai bagian Bahasa dan Tampilan > Huruf & Warna.

    Gulir ke Bagian Huruf dan Warna

  4. Dibawahnya terdapat opsi Fon Baku, silakan ubah sesuai font yang diinginkan.

    Mengubah Font atau Gaya Teks di Firefox

  5. Disampingnya juga terdapat setelan Ukuran, untuk mengatur seberapa besar ukuran font tersebut.

    Mengatur Ukuran Font di Firefox

  6. Jika sudah mengubah fontnya, silakan mulai ulang browser Firefox untuk menerapkannya.

Setelan font di browser Firefox sebenarnya sangatlah banyak. Kamu dapat mengaturnya sebaik mungkin guna untuk mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan browser ini, khususnya untuk membaca sebuah teks.

Jika suatu website tidak menyetel font pada halamannya, maka font dari Firefox yang akan digunakan. Namun seperti yang saya katakan tadi, bahwa kebanyakan website saat ini menggunakan font yang telah diatur oleh website, sehingga font yang ada di browser tidak akan digunakan.

Tapi kamu juga bisa memaksa supaya font yang diatur pada Firefox bisa digunakan langsung untuk semua situs web. Itu bisa diatur dengan cara menekan tombol Lebih Lanjut disamping kanan opsi Ukuran, lalu silakan hilangkan centang pada opsi Izinkan laman untuk memilih jenis fonnya sendiri, dan setelah itu klik tombol Oke untuk menyimpannya.

Baca juga: Cara Menggunakan DNS Over HTTPS di Firefox

Kesimpulan

Berbagai cara bisa kamu lakukan dalam menghias tampilan browser untuk menambah kenyamanan dalam menggunakannya. Tak hanya menyetel gambar background atau tema saja, tapi tulisan pun juga menjadi ciri khas tersendiri.

Firefox menyediakan opsi pergantian font yang terbilang lengkap. Pengguna dapat mengatur itu dengan jenis font yang telah terpasang pada komputer. Dan pengguna diberi kebebasan untuk menyetel gaya tulisan itu, baik dari ukuran, warna, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.