Cara Melewati “Checking your browser before accessing” Saat Mengakses Web

Cara Melewati Checking your browser before accessing Saat Mengakses Web

Ketika mengunjungi suatu website, terkadang terdapat notif yang muncul pada browser seperti “Checking your browser before accessing“. Tapi tahukah kamu mengenai pesan tersebut dan kegunaannya? Bahkan kadang ada pengguna yang terjebak pada notif tersebut sehingga tak bisa mengunjungi website.

Notif tersebut rata-rata tampil pada website yang menggunakan layanan Cloudflare dan mengaktifkan fitur proteksi DDos. Jadi setiap kali ada pengunjung yang masuk, akan dilakukan validasi sekitar 5 detik sebelum bisa melihat isi konten di website.

Kegunaan satu-satunya dari fitur tersebut adalah menghentikan adanya penyerangan yang terus-menerus dalam mengakses situs, salah satunya sejenis DDos layer 7. Dan apabila kamu kebingungan bagaimana cara melewatinya, disini akan saya bagikan beberapa caranya, termasuk bagi kamu yang terjebak pada notif tersebut.

1. Menunggu 5 – 10 Detik

Cara paling mudah dalam melewati pesan “Checking your browser before accessing” adalah menunggu setidaknya 5 sampai 10 detik. Dalam kurun waktu tersebut, sistem akan mengecek dan kemudian me-refresh halaman secara otomatis.

Jika terdeteksi bukan robot, pastinya kamu akan dialihkan pada isi konten dan pesan tersebut tidak akan tampil lagi untuk kedepannya. Namun apabila terdeteksi robot, pastinya halaman yang ditampilkan akan tetap notif tersebut meski di-refresh otomatis berkali-kali. Dan jika kamu mengalami masalah ini, silakan lanjut ke solusi berikutnya.

2. Gunakan Browser Lain

Kendala stuck pada notif tersebut memang sangat menyebalkan. Terkadang meski telah ditunggu sangat lama masih menetap pada notif tersebut. Itu karena sistem mendeteksi kamu sebagai robot, sehingga tidak diizinkan untuk mengakses isi konten didalamnya.

Solusi paling mudah adalah mengakses website tersebut menggunakan browser lain. Jadi misalnya saat ini memakai Chrome, silakan coba akses menggunakan Firefox atau Microsoft Edge. Inilah kegunaan dari memiliki browser ganda untuk bisa terus mengakses website tanpa ada kendala.

3. Perbarui Versi Browser

Versi browser yang lama biasanya tidak mendukung terhadap suatu komponen pada situs web. Sama halnya dengan notif yang ditampilkan Cloudflare ini. Proses validasi membutuhkan versi browser yang baru supaya berjalan normal.

Jadi silakan perbarui versi browser yang dipakai terlebih dahulu dan kemudian jangan lupa untuk menghapus cache, lalu cobalah untuk mengakses kembali situs web yang menampilkan notif tersebut.

4. Restart Router dan Perangkat

Apabila saat ini menggunakan jaringan WiFi, silakan restart atau mulai ulang pada router untuk medapatkan alamat IP yang baru. Karena siapa tahu alamat IP yang kamu pakai sekarang telah masuk daftar blacklist di Cloudflare sehingga dianggap robot oleh sistem.

Namun apabila menggunakan jaringan seluler, silakan mulai ulang perangkatnya atau bisa juga dengan mengaktifkan mode pesawat dan kemudian menonaktifkannya guna untuk mendapatkan alamat IP yang baru. Dan setelah itu silakan coba kunjungi lagi website yang menampilkan notif tersebut.


Baca juga: Cara Membuat Profil Baru di Browser Firefox

Kebanyakan pengguna berhasil pada langkah ke-2, yaitu mengubah jenis browser. Kemungkinan besar browser yang dipakai satunya masih menggunakan versi yang lama. Jadi apabila sekiranya ingin mengakses pada browser yang biasa digunakan, maka harus memperbarui versinya terlebih dahulu.

Pada perangkat jadul, misalnya ponsel Java atau Symbian, silakan gunakan browser Opera Mini untuk mengakses website tersebut. Sebab proses pendeteksi Cloudflare berjalan menggunakan Javascript. Dan apabila javascript tidak ada atau tidak dihidupkan pada browser, maka pengguna tidak akan bisa masuk ke website tersebut.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.