Cara Menggunakan Addon Multi Account Container di Firefox

Cara Menggunakan Addon Multi Account Container di Firefox

Setiap browser rata-rata memiliki fitur incognito browsing yang berfungsi untuk membuka dua akun secara bersamaan pada suatu website. Akan tetapi hal tersebut terbatas hanya pada dua akun saja, alias tidak bisa lebih. Sedangkan jika memakai bantuan pengaya, kamu bebas membuka banyak akun tanpa ada batasan.

Pengaya atau ekstensi dapat membantu kamu dalam membuka banyak akun sekaligus di browser yang sama. Dulu pernah saya bagikan mengenai ekstensi bernama Sessionbox yang mana memiliki kegunaan semacam ini. Tetapi pada dasarnya di browser Firefox sudah disediakan lho pengaya semacam itu, dan justru fiturnya lebih bagus.

Di Firefox, pengaya diberi nama sebagai Addon. Walau berbeda nama, tetapi fungsionalnya sama saja seperti ekstensi di browser lainnya. Dan addon yang mendukung untuk membuka banyak akun sekaligus namanya adalah Multi Account Container.

Apa Itu Addon Multi Account Container?

Multi Account Container adalah salah satu jenis addon yang disediakan langsung oleh Mozilla Firefox. Kegunaannya adalah menciptakan semacam workspace khusus namun hanya pada sebuah tab. Jika sebelumnya kamu pernah menggunakan Sessionbox, itu nyaris sama seperti itu.

Jadi awalnya terdapat 4 kontainer, yang pertama digunakan untuk pribadi, yang kedua digunakan untuk bekerja, dan yang ketiga atau keempat digunakan untuk hal-hal lainnya. Kontainer itu dapat kamu tambah sebanyak-banyaknya tergantung dari keinginan kamu dalam memisahkan akun.

Jadi kapanpun kamu ingin berganti akun di suatu website, maka yang perlu dilakukan hanyalah mengubah kontainer saja, tanpa harus logout dan login lagi. Cukup semudah itu.

Menggunakan Addon Multi Account Container pada Firefox

Penggunaanya sangat mudah dan simpel, bahkan pada saat awal kali memakainya, kamu akan diberi semacam petunjuk. Dan disini akan saya jelaskan dengan singkat terhadap tata cara dalam menggunakannya.

Pertama-tama, silakan pasang terlebih dahulu Addon Multi Account Container. Dan jika sudah, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Klik ikon Multi-Account Container pada sisi kanan atas.

    Klik Ikon Multi Account Container

  2. Pada bagian Containers, klik pada Pribadi.

    Klik Kontainer Pribadi

  3. Sekarang akan muncul tab baru, silakan masuk ke suatu website (misalnya Facebook), dan login menggunakan akun pribadi.
  4. Selesai, sekarang akun Facebook tersebut telah tersimpan pada kontainer bernama Pribadi.
  5. Jika sekiranya ingin menambahkan akun lain, misalkan untuk pekerjaan, silakan ulangi lagi langkah awal dan pada bagian Containers klik pada Kantor.
  6. Setelah itu silakan login menggunakan akun yang ingin dipakai untuk pekerjaan, dan selesai.

Selebihnya kamu dapat menambah akun sebanyak yang kamu mau tergantung dari keperluan. Dan beberapa hal terhadap kontainer yang disediakan disana pun dapat diubah, seperti diganti namanya, ikonnya, warnanya, menambah proxy, VPN, atau bahkan menghapusnya.

Tutorial diatas menjelaskan cara singkat dalam menggunakan addon Multi Account Container. Jadi kesimpulan sederhananya begini, jika akun Facebook kamu tersimpan pada kontainer Pribadi, maka ketika membuka Facebook menggunakan kontainer lainnya, tentunya tidak akan masuk otomatis dan meminta untuk login ulang.

Hal tersebut disebabkan karena cookie dari akun Facebook kamu telah disimpan khusus pada kontainer Pribadi saja. Sehingga kapanpun kamu ingin mengakses akun Facebook itu, maka buka terlebih dahulu kontainer Pribadi supaya dapat langsung mengaksesnya tanpa perlu login ulang.

Ini hanya contoh dalam penggunaan akun Facebook saja, sedangkan satu kontainer itu dapat digunakan untuk banyak akun, alias tidak hanya satu saja.

Membuat dan Menghapus Kontainer

Kamu bebas membuat kontainer yang baru sesuai keperluan, karena terkadang satu orang memiliki banyak akun sosial media, entah itu digunakan untuk promosi atau hal lainnya. Karena yang terpenting bagi mereka adalah cara cepat dalam mengakses seluruh akun tersebut tanpa harus bolak-balik masuk satu-per-satu.

Untuk membuat kontainer baru, silakan klik opsi Manage Containers dan setelah itu dilanjutkan memilih opsi New Container. Nantinya kamu akan diminta untuk mengisi nama kontainer beserta ikon dan warna.

Membuat Kontainer Baru

Sedangkan untuk menghapus kontainer tertentu, masih pada bagian Manage Containers, dan setelah itu klik pada salah satu kontainer yang ingin dihapus. Kemudian gulir kebawah dan pilih opsi Delete This Container. Setelah itu akan muncul dialog konfirmasi, silakan klik OK.

Menghapus Kontainer

Baca juga: Cara Mengubah Font di Browser Mozilla Firefox

Kesimpulan

Addon Multi Account Container yang tersedia untuk browser Firefox dapat digunakan untuk membuka banyak akun sekaligus dan meng-organisirnya sesuai keperluan. Ini nyaris sama seperti menambah profil baru di browser, hanya saja berfungsi pada tab.

Jadi memisahkan akun tertentu dapat dengan mudah menggunakan addon ini, sehingga kamu tidak perlu menginstal banyak aplikasi browser hanya untuk membuka banyak akun sekaligus. Cukup satu addon saja, dan puluhan akun dapat tersimpan dengan rapi.

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait addon ini, baik dari cara penggunaan atau hal lainnya, silakan lontarkan pertanyaan itu pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.