Cara Membatasi Kecepatan WiFi di DD-WRT

Membatasi koneksi internet untuk setiap perangkat bertujuan untuk mendapatkan kecepatan internet yang seimbang, sehingga satu WiFi di rumah dapat digunakan tanpa lemot meski digunakan beberapa perangkat sekaligus.

Jika router WiFi kamu menggunakan firmware DD-WRT, maka pembatasan kecepatan ini dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan dengan membatasi kecepatan internet, melakukan aktivitas video call ataupun gaming takkan mengalami lag lagi.

Pada halaman admin DD-WRT, melakukan hal ini mungkin terasa membingungkan dengan banyaknya opsi yang disediakan, akan tetapi sebenarnya itu sangat mudah untuk dilakukan.

Membatasi Kecepatan WiFi pada DD-WRT

Berikut ini langkah-langkah untuk membatasi kecepatan WiFi di DD-WRT. Sebagai saran, lakukan tutorial ini sembari mem-praktekannya langsung.

  1. Masuk ke halaman admin DD-WRT.
  2. Klik pada menu NAT / QoS.

    Klik menu NAT QoS di DD-WRT

  3. Kemudian klik pada sub-menu QoS.

    Klik pada Menu QoS

  4. Pada opsi Start QoS, silakan atur sebagai Enable.

    Membatasi Koneksi WiFi pada DD-WRT

  5. Pada opsi Port atur sebagai LAN & WLAN.
  6. Opsi Packet Scheduler atur sebagai HTB. Dan opsi Queueing Discipline atur sebagai SFQ.
  7. Untuk opsi Downlink dan Uplink atur dengan kecepatan maksimal yang diinginkan berdasarkan kbps.

    Downlink = Download
    Uplink = Upload

  8. Selanjutnya gulir kebawah dan klik tombol Apply Settings.

    Menerapkan Pembatasan Koneksi di DD-WRT

  9. Selesai, kecepatan internet berhasil dibatasi.

Ketika selesai melakukan langkah diatas, kamu bisa mengecek kecepatan internet menggunakan situs web Speedtest. Jika berhasil, pasti hasilnya sama dengan kecepatan yang telah kamu atur tadi.

Jika koneksi WiFi dirumah dipakai untuk banyak perangkat (misalnya 10 perangkat), sangat disarankan untuk mengaturnya sebagai 1024 atau setara dengan 1Mbps supaya koneksi terbagi rata.

Silakan kalkulasi sendiri untuk perhitungan kecepatan yang akan diatur sesuai paket internet yang dimiliki. Karena secara default fitur bandwidth atau pembatasan koneksi ini dinonaktifkan pada DD-WRT, sehingga setiap perangkat dapat menggunakan koneksi secara maksimal.

Apakah Pembatasan Koneksi Internet Cocok untuk Aktivitas Gaming?

Dari percobaan yang saya lakukan, melakukan pembatasan koneksi internet dengan cara diatas lumayan efektif untuk keperluan gaming. Dengan kecepatan 2Mbps sudah terbilang lancar dan PING selalu rendah.

Percobaan yang saya lakukan adalah menggunakan tiga perangkat ponsel, dua dari itu dipakai untuk aktivitas game, sedangkan perangkat satunya dipakai untuk melakukan streaming di Youtube. Alhasil kecepatan terbagi dengan rata dan kedua ponsel tidak terganggu akibat aktivitas streaming tersebut.

Tetapi saya lebih menyarankan untuk menambah prioritas Mac Address terhadap perangkat yang digunakan untuk melakukan aktivitas gaming, supaya koneksi yang didapatkan selalu ada dan tidak sampai berkurang akibat perangkat yang lainnya.

Sedangkan untuk video call, akan lebih baik untuk mengatur batas kecepatannya minimal sebagai 1.5Mbps supaya gambar yang dihasilkan tetap baik. Lebih dari itu akan jauh lebih bagus lagi, tapi tetap perhitungkan sesuai maksimal kecepatan dari paket internet yang dimiliki.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kecepatan Internet di Modem USB

Kesimpulan

Membatasi koneksi internet dapat dilakukan dengan mudah pada DD-WRT, bahkan meski opsi yang disediakan banyak, tapi tidak semua itu digunakan, alias hanya memakai beberapa saja untuk mulai membatasinya.

Dan bagian terbaiknya adalah kamu tidak perlu me-reboot router setelah pergantian batasan kecepatan internet. Jadi setelah menekan tombol Apply Settings, kamu bisa langsung mengetahui hasilnya melalui website Speedtest.

Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai tutorial diatas, sangat dipersilakan untuk menambahkan komentar pada bawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.