≡ Menu

Cara Memaksimalkan Kecepatan Internet di Modem USB

Cara Memaksimalkan Kecepatan Internet di Modem USB

Modem USB rata-rata memiliki ukuran yang kecil sehingga dapat dibawa kemana saja untuk mengakses internet. Cocok digunakan untuk laptop dan bahkan sebagian modem USB juga bisa lho digunakan pada ponsel menggunakan bantuan kabel OTG.

Kecepatan pada modem juga berbeda-beda tergantung dari jenis yang dipakai. Namun untuk saat ini kebanyakan dari itu telah mendukung maksimal kecepatan diatas 100Mbps. Dan jenis modem USB kini juga berbeda-beda dan memiliki fitur yang beragam.

Sebagai contohnya seperti jenis Modem MiFi, dimana dalam satu modem bisa digunakan banyak perangkat sekaligus. Dan pada artikel ini, BlogSecond akan membagikan beberapa tips untuk memaksimalkan kecepatan internet di segala jenis modem USB.

1. Pastikan Modem Mendapatkan Signal yang Baik

Kartu seluler yang dipakai pada modem pastilah sangat berpengaruh terhadap koneksi internet nantinya. Dan kamu juga harus mengerti bahwa koneksi internet yang baik didapatkan dari signal yang tinggi dan stabil.

Untuk itu, gunakan kartu seluler yang sekiranya memiliki tingkat signal yang tinggi dilokasi kamu saat ini untuk mendapatkan kecepatan internet sesuai harapan.

2. Gunakan Fitur Lock Jaringan

Kebanyakan modem USB saat ini memiliki fitur untuk mengunci jaringan supaya tak berpindah-pindah seiring waktu. Kamu dapat mengatur itu tergantung dari jenis signal yang didapatkan. Apabila sekiranya signal 4G dilokasi kamu stabil, silakan lock pada jaringan tersebut.

Sedangkan jika jaringan 4G hanya mendapatkan signal yang minim, ada baiknya untuk mengaturnya ke 3G. Karena terkadang jaringan 4G dengan signal yang minim tidak memiliki kecepatan internet yang baik, justru lebih bagus memakai 3G namun signalnya penuh dan stabil.

3. Atur Setelan APN Secara Manual

Seluruh modem USB pada dasarnya bisa digunakan secara instan setelah mengisinya dengan kartu seluler. Tapi sebenarnya pengguna dapat memaksimalkan kualitas internetnya dengan mengatur APN secara mandiri pada setelan modem.

Kamu bisa mendapatkan setelan APN dengan bertanya pada operator kartu seluler masing-masing atau bisa langsung mencarinya di internet. Dan biasanya dengan mengatur APN secara manual, memungkinkan modem USB kamu akan mendapatkan alamat IP yang berbeda dari biasanya.

Baca juga: Cara Mengatasi Modem Tidak Terdeteksi pada Windows

4. Taruh Modem pada Tempat yang Sejuk

Mungkin ini terdengar aneh, kan? Sebab modem USB biasanya langsung ditancapkan pada laptop, sehingga seiring jalannya waktu suhunya akan panas. Nah dari suhu yang terlalu panas itu dapat berimbas pada kecepatan internet yang kurang maksimal.

Jadi apabila kamu menggunakan modem itu dirumah, saya sarankan untuk menggunakan USB Extender. Jadi modem USBnya dapat digantung pada suatu tempat yang sejuk, kemudian koneksi ke laptop bisa menggunakan USB Extender.

Suhu modem yang hangat itu adalah normal, namun jika terlalu panas pastinya akan membuat koneksi internet tidak maksimal. Justru apabila suhu yang terlalu panas terus dihiraukan, itu akan beresiko terhadap kehidupan modem tersebut.


Kini kamu telah mempelajari bagaimana cara untuk memaksimalkan kecepatan internt menggunakan modem. Khususnya ketika dipakai untuk jangka lama di setiap harinya. Walau saat ini banyak orang yang berlangganan WiFi, tapi penggunaan modem ini juga masih banyak, bahkan saya sendiri.

Jika kamu memiliki tambahan ataupun pertanyaan terkait tips memaksimalkan kecepatan internet modem USB, sangat dipersilakan untuk menambahkan itu pada bagian komentar dibawah artikel ini.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

About the author: Apapun yang Saya ketahui dan Saya bagikan. Semuanya berawal dari masa yang disebut pembelajaran.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment

Copy link
Powered by Social Snap