Cara Mengatasi WiFi Mendapatkan Alamat IP Terus

Cara Mengatasi WiFi Mendapatkan Alamat IP Terus

Apakah kamu mengalami masalah dimana tak bisa menyambung ke suatu jaringan wifi dan menetap pada status mendapatkan alamat IP? Bahkan meski ditunggu beberapa menit masih tak bisa menyambung dan pada akhirnya berakhir gagal terhubung.

Pada dasarnya apabila statusnya mendapatkan alamat IP, maka itu berarti tak ada yang salah dari sisi password. Karena pada saat itu router yang mengelola dan memberikan IP kepada perangkat (client) yang hendak menyambung.

Jika kamu sedang mengalami masalah ini, sebaiknya cobalah untuk tetap tenang. Karena masalah kecil ini bisa diatasi dengan mudah. Yang pasti hanya perlu sedikit setelan saja yang harus diubah pada sisi ponsel ataupun router.

Penyebab WiFi Mendapatkan Alamat IP Terus

Normalnya hal ini disebabkan karena router gagal memberikan alamat IP kepada perangkat yang ingin terhubung dikarenakan seluruh IP telah digunakan oleh perangkat yang lainnya. Sementara itu hal lainnya juga bisa disebabkan karena adanya pembatasan perangkat yang terhubung dalam waktu bersamaan.

Bahkan pembatasan Mac Address pun juga bisa berdampak pada hal ini, sebagai contohnya adalah router diatur hanya bisa digunakan pada perangkat tersebut. Pastinya perangkat yang tidak masuk pada daftar takkan bisa menyambung, itu termasuk tak bisa mendapatkan alamat IP meski telah menuliskan password dengan benar.

Mengatasi WiFi Selalu Mendapatkan Alamat IP dan Tak Terhubung

Ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan, dan kebanyakan ini menyangkut ke sisi router. Jadi sebelum memulainya, pastikan saat ini kamu memiliki akses ke router tersebut. Silakan ikuti beberapa solusinya mulai dari yang pertama.

1. Gunakan Opsi Lupakan WiFi pada Ponsel

Cara paling mudah adalah menggunakan fitur lupakan wifi. Dengan begitu setelan wifi sebelumnya akan dihapus dan kamu dapat mengaturnya ulang, termasuk untuk setelan passwordnya. Opsi tersebut dapat kamu temui pada pengaturan wifi dan setelah itu ketuk pada nama wifi dan pilih opsi lupakan wifi.

Setelah itu silakan masukkan kembali passwordnya dan coba untuk menyambungkannya lagi. Apabila berhasil, berarti sebelumnya terdapat kesalahan pada setelan wifi yang diatur, namun apabila masih menetap pada mendapatkan alamat IP, silakan lanjut ke cara berikutnya.

2. Restart Router WiFi

Cara mudah selanjutnya adalah merestart router. Karena siapa tahu kendala ini disebabkan karena malfungsi yang ada di router, sehingga semua perangkat tak bisa terhubung dan selalu menetap pada status mendapatkan alamat IP.

Untuk me-restart router, itu bisa dilakukan melalui halaman admin atau langsung pada perangkat routernya. Tapi saya lebih menyarankan untuk melakukannya melalui halaman admin apabila itu memungkinkan untuk dilakukan.

3. Cek Pembatasan Mac Address dan Perangkat yang Terhubung

Silakan buka halaman admin router dan cek apakah saat ini sedang mengaktifkan fitur pembatasan Mac Address atau bisa juga disebut sebagai Mac Filtering. Sebab hal tersebut yang menimbulkan perangkat tak dapat terhubung karena dibatasi pada saat menyambung.

Sekali lagi, setiap router memiliki cara yang berbeda-beda dalam melakukannya, namun sepastinya fitur Mac Filtering ini selalu ada pada setiap router, jadi silakan telusuri pada halaman admin untuk mengetahuinya.

Selain itu, cek pula apakah router tersebut membatasi berapa banyak perangkat yang terhubung. Jika di MiFI, rata-rata terdapat pembatasan sebanyak 5 perangkat, jadi atur itu ke angka yang lebih besar, misalnya 10.

4. Atur Setelan DHCP Sebagai Otomatis pada Router

Normalnya setiap router telah menggunakan setelan DHCP otomatis, dimana setiap perangkat yang hendak menyambung akan diberikan alamat IP yang masih tersedia. Dan kemudian perangkat menerima alamat IP tersebut dan setelah itu statusnya menjadi terhubung.

Namun jika setelan DHCP tidak diatur otomatis, alias Static, maka setiap perangkat yang hendak menyambung harus mengatur secara manual alamat IP perangkatnya, dan juga alamat gateway dengan benar.

Solusinya adalah menjadikan setelan DHCP ini sebagai otomatis, dan hal tersebut hanya bisa dilakukan melalui halaman admin router.

5. Menghubungi Layanan Internet (ISP)

Apabila kondisinya kamu sedang berlangganan jaringan wifi dan masih tak bisa menemukan solusi hingga langkah ini, maka saya sangat menyarankan untuk menghubungi pihak ISP yang digunakan. Pastinya mereka akan mengirimkan teknisi ke rumah untuk menyetel ulang pada router dan mengecek kestabilannya.

Kebanyakan layanan internet saat ini dapat dihubungi langsung melalui sosial media, baik di Facebook atau Twitter. Terkadang mereka juga memberikan panduan khusus untuk router tertentu untuk mengatasi permasalahan yang sedang dialami.

Baca juga: Begini Cara Mengubah Alamat IP Publik WiFi Indihome

Kesimpulan

Masalah ponsel yang tak bisa menerima alamat IP dari router memang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, tapi kebanyakan pengguna dapat mengatasinya hanya dengan me-restart router saja dan kemudian perangkat dapat dengan normal untuk menyambungkannya lagi.

Beberapa solusi diatas pasti akan membuat ponsel kamu dapat terhubung lagi ke jaringan wifi. Jika pun kamu kesulitan pada suatu langkah diatas, silakan untuk berkomentar dengan menyebutkan jenis router yang digunakan supaya segera mendapatkan bantuan.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.