Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store

Cara Mengatasi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store

Seiring berjalannya waktu, versi Android terus meningkat untuk menawarkan fitur-fitur barunya. Begitupula dengan sebuah aplikasi, terkadang itu membutuhkan versi Android tertentu supaya bisa dijalankan tanpa adanya masalah.

Aplikasi yang ditampilkan pada Play Store pada dasarnya merupakan aplikasi yang hanya kompatibel dengan perangkat Android yang kamu gunakan. Namun ada kalanya ketika kamu memasang suatu aplikasi, muncul notif “Aplikasi ini tidak kompatibel dengan perangkat Anda” dengan teks berwarna merah.

Normalnya, notif tersebut hanya akan hadir ketika perangkat kamu tidak memenuhi versi minimal Android yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut. Tapi terkadang ini adalah semacam bug, dimana yang mengalami masalah adalah aplikasi Play Store.

Solusi Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store

Pertama-tama ketahui terlebih dahulu apakah perangkat Android kamu memenuhi syarat untuk menginstal aplikasi yang memunculkan notif merah tersebut. Silakan cek pada bagian informasi aplikasi, dan lihat berapa minimal versi Android yang dibutuhkan aplikasi tersebut.

Cek Minimal Versi Android yang Dibutuhkan Aplikasi

Nah apabila versi Android kamu memenuhi syarat terhadap aplikasi tersebut, maka kendalanya memungkinkan dari aplikasi Play Store. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasinya.

1. Gunakan Akun Google Lain

Cobalah memakai akun Google lain yang sekiranya tidak pernah terhubung pada ponsel. Mendaftar akun baru juga lebih disarankan. Karena terkadang suatu akun yang dipakai di beberapa perangkat dapat mengakibatkan hal ini terjadi.

2. Hapus Data dan Cache pada Play Store

Selanjutnya silakan hapus data dan juga cache pada aplikasi Play Store. Hal ini supaya halaman aplikasi dapat diperbarui oleh sistem, karena beberapa halaman kadang menempel pada cache, sehingga tidak akan diperbarui sampai cache tersebut hilang atau expired.

3. Hapus Pembaruan Play Store

Jika kedua solusi diatas masih tak membuahkan hasil, maka langkah terakhir yang dapat kamu coba adalah menghapus pembaruan terhadap aplikasi Play Store. Ini akan mengembalikan Play Store menjadi ke versi pabrik, namun itu tidak masalah karena fungsionalnya akan masih bekerja dengan baik.

Selain itu kedepannya kamu akan terus mendapatkan pembaruan otomatis terhadap aplikasi Play Store, dan itu juga tidak ada masalah. Karena siapa tahu pembaruan terakhir kali yang kamu dapatkan mengalami konflik atau kendala internal, sehingga harus menghapusnya terlebih dahulu supaya mendapatkan versi yang mutakhir.


Baca juga: Cara Membeli Aplikasi di Play Store dengan Pulsa

Rata-rata masalah aplikasi tidak kompatibel disebabkan karena versi Android tidak memenuhi syarat minimal yang dibutuhkan oleh aplikasi. Sementara itu sisanya adalah masalah internal dari aplikasi Play Store.

Jadi dengan melakukan langkah diatas, pastinya aplikasi tersebut akan bisa dipasang dan tidak muncul notif lagi selama versi Android di ponsel memenuhi syarat aplikasinya.

Alternatifnya adalah mengunduh aplikasinya dari Google. Tapi pastikan kamu mengunduhnya melalui situs yang terpercaya, contohnya seperti dari ApkMirror. Situs tersebut sangat saya rekomendasikan untuk mengunduh aplikasi diluar Play Store karena terbukti keasliannya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.