Solusi Tidak Bisa Masuk Halaman Admin di WiFi Indihome

Solusi Tidak Bisa Masuk Halaman Admin di WiFi Indihome

Halaman admin yang terdapat pada WiFi memiliki kegunaan untuk mengelola jaringan, perangkat yang terhubung, dan hal lainnya pada router WiFi. Melalui halaman tersebut, pengguna juga bisa mengubah nama WiFi dan juga kata sandi.

Apabila halaman admin tersebut tak bisa diakses, pastinya pengguna akan kesulitan apabila ingin mengelola router. Tentunya terdapat penyebab tersendiri mengapa halaman admin tak bisa diakses, salah satu yang paling biasa adalah terjadi malfungsi sementara terhadap sistem router WiFi.

Solusi Mengatasi Halaman Admin WiFi Indihome Tak Bisa Dibuka

Apabila kamu mengalami kendala ini, sebaiknya untuk tetap tenang. Karena disini akan saya bagikan cara termudah dalam mengatasinya dan 100% ampuh. Langsung saja, silakan simak caranya mulai dari yang pertama.

1. Restart WiFi

Cara yang paling mudah dan effisien untuk dilakukan adalah me-restart WiFi. Silakan langsung me-restartnya melalui router. Biasanya sistem mengalami galat sementara sehingga halaman admin tak merespon ketika diakses.

Jika sekiranya kamu telah merestart dan tetap tak dapat membuka halaman admin, silakan untuk melanjutkan ke solusi berikutnya.

2. Gunakan Kabel LAN

Cara yang menurut saya paling ampuh selanjutnya adalah menggunakan kabel LAN. Karena koneksi yang didapatkan dari router WiFi tidak akan terganggu oleh pengguna di IP lokal. Sebagai contohnya adanya penyerangan jaringan menggunakan program sejenis NetCut, sehingga berpengaruh tak dapat membuka halaman admin.

Jadi yang perlu kamu siapkan adalah kabel LAN, dan laptop. Kemudian sambungkan kabel LAN ke router WiFi dan laptop. Dan setelah terhubung, silakan coba akses kembali halaman adminnya.

3. Reset Router WiFi

Jika pun menggunakan kabel LAN masih tak dapat mengakses halaman admin, maka saya sangat menyarankan untuk mereset routernya. Sebab hal ini merupakan kesalahan sistem yang hanya bisa diatasi dengan meresetnya saja.

Namun saya juga menyarankan untuk melaporkannya terlebih dahulu ke Indihome supaya dibantu proses mereset oleh teknisinya. Karena pada saat mereset routernya, seluruh setelan akan hilang, dan itu termasuk setelan nomor internet dan lain-lain yang terdapat pada router.

Atau bisa juga menghubungi layanan support Indihome apabila ingin mereset router secara mandiri, pastinya mereka akan membantu langkah-langkah untuk melakukannya beserta cara untuk mengatur kembali seluruh setelannya.


Baca juga: Cara Membatasi Maksimal Pengguna WiFi Indihome

Masalah halaman admin yang tak bisa dibuka pada WiFi Indihome rata-rata terjadi akibat galat sistem sementara, yang mana dapat diatasi dengan merestart routernya saja. Akan tetapi jika galat pada sistem tergolong parah, maka cara terbaik yang harus dilakukan adalah mereset penuh routernya.

Selain itu pastikan juga bahwa alamat IP untuk membuka halaman admin sudah ditulis dengan benar. Rata-rata halaman admin WiFi Indihome adalah 192.168.1.1, tapi itu bisa berbeda tergantung setelan routernya.

Dan pengguna bisa mengetahui alamat IP tersebut melalui setelan WiFi di perangkat, biasanya muncul Alamat IP Gateway, maka alamat itulah yang dapat digunakan untuk menuju halaman admin WiFi.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.