Cara Mengetahui Kecepatan WiFi Indihome

Kecepatan WiFi terhadap layanan Indihome akan berbeda-beda tiap pelanggan tergantung dari paket yang diambil. Dan beberapa orang tertarik untuk mengetahui kecepatan internetnya untuk memastikan bahwa itu sesuai dengan paket yang dipilih.

Melakukan pengecekkan ini sangatlah penting untuk mendapatkan layanan yang adil, sehingga kita sebagai pelanggan juga tidak merasa dirugikan apabila sekiranya kecepatan internet tidak sesuai perkiraan alias lebih rendah dari rata-rata.

Tutorial Cek Kecepatan WiFi Indihome

Saya akan membagikan dua langkah paling mudah untuk melakukannya. Jadi keduanya harus kamu ikuti untuk memastikan kecepatnnya memang sesuai terhadap paket Indihome yang kamu pilih. Baiklah, silakan langsung saja ikuti langkahnya mulai dari yang pertama.

Melihat Detail Paket Indihome di Aplikasi

Pertama-tama, kamu bisa melihat informasi langganan paket Indihome secara lengkap pada aplikasi bernama MyIndihome yang bisa dipasang melalui Play Store atau Apps Store. Silakan masuk menggunakan akun Indihome kamu dan setelah itu akan muncul detail paket pada halaman utama.

Cek Kecepatan WiFi Indihome Melalui Aplikasi

Disana akan tertera informasi Kecepatan, sebagai contohnya 10Mbps. Jadi silakan catat itu untuk kebutuhan di langkah selanjutnya.

Mengecek Kecepatan Internet Indihome

Setelah mengetahui detail paket Indihome beserta informasi kecepatannya, tahap selanjutnya adalah memastikan apakah kecepatannya memang rata-rata segitu atau justru lebih rendah. Jadi saya sarankan untuk mematikan segala perangkat yang terhubung ke WiFi saat ini dan cukup sambungkan pada perangkat yang dipakai untuk mengetes saja.

Setelah itu buka website Speedtest dan klik tombol Mulai. Setelah itu tunggu sampai prosesnya selesai.

Mengecek Kecepatan WiFi Indihome Lewat Website Speedtest

Kecepatan yang dihasilkan oleh Speedtest ini akurat, dan kamu juga bisa memilih datacenter terdekat lainnya untuk mengetesnya kembali. Dan sebagai contoh gambaran diatas, kecepatan internet rata-rata adalah 10Mbps, yang mana itu sesuai.

Namun apabila kecepatan rata-rata yang dihasilkan Speedtest jauh lebih rendah, sebagai contohnya paket yang kamu ambil adalah 40Mbps, tapi disana cuma muncul 20Mbps, maka saya sarankan untuk menghubungi pihak Indihome supaya ditindaklanjuti.

Sebagai contoh lain, apabila kecepatan internet 20Mbps, tapi di Speedtest muncul 18Mbps atau 19Mbps, hal tersebut biasanya normal terjadi. Selama selisihnya tidak lebih dari 5Mbps, maka hal tersebut wajar dan beberapa saat akan normal kembali.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kecepatan Internet di Modem USB


Kini kamu telah mengetahui bagaimana cara untuk mengecek kecepatan WiFi Indihome secara akurat. Pada kondisi tertentu, biasanya pelanggan juga akan mendapatkan bonus upgrade kecepatan sebagai bentuk loyalitas pelanggan Indihome. Dan untuk mengeceknya juga bisa memakai cara persis seperti diatas.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.